Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

presentasi

No description
by

dina afrina

on 9 May 2017

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of presentasi

design by Dóri Sirály for Prezi
TEMA : Negara dan Warga negara dalam
Sistem Kenegaraan
Batasan pembahasan :
1. Apa itu negara
2. Apa itu warga negara
3. Bagaimana peran Warga Negara dan
Negara dalam sistem kenegaraan

Negara merupakan suatu tempat yang memiliki warga negara, wilayah, dan sistem pemerintahan yang mengatur negara sehingga negara tersebut menjadi negara yang teratur dan berdaulat. Negara juga dapat menagatur beberapa bidang baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya sehingga sekelompok masyarakat yang mempunyai tujuan yang sama untuk bersatu hidup dalam daerah yang mempunyai pemerintah yang berdaulat, yang sah dan berdiri tetap.

KELOMPOK 5

Ada 5 unsur yang harus dipenuhi untuk terbentuknya sebuah negara, yaitu :
a. Penghuni (penduduk/rakyat).
b. Wilayah.
c. Kekuasaan tertinggi (pemerintah yang berdaulat)
d. Kesanggupan untuk berhubungan dengan negara lain
e. Pengakuan dari negara lain.
Keempat unsur pertama disebut unsur konstitutif atau unsur pembentuk yang harus terpenuhi agar terbentuk negara, sedangkan unsur yang kelima disebut unsur deklaratif yakni unsur yang sifat nyamenyatakan, bukan unsur mutlak.:

1. Menjaga keamanan dan ketertiban.
2. Menguasahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya.
3. Melaksanakan pertahanan untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar dengan perlengkapan alat-alat pertahanan modern.
4. Menegakan keadilan yang dilaksanakan oleh badan-badan peradilan
Fungsi Negara
Tujuan dibentuknya suatu negara yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang tinggal di dalam suatu negara.
 
Dalam UUD 1945 Indonesia memiliki Tujuan Negara sebagai berikut :
1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah
Indonesia
2. Memajukan kesejahteraan umum
3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang ,berdasarkan
kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social

TUJUAN NEGARA
merupakan salah satu aspek terpenting dan suatu keharusan dalam sebuah negara. Karena wilayah merupakan tempat berpijak suatu bangsa atau rakyat untuk menetap dimana wilayah yang dimaksud seperti lautan, daratan, ekstrateritorial, udara dan batas-bataswilayah negara. Wilayah tersebut haruslah permanen karena mustahil terbentuk negara jikalau rakyatnya berpindah-pindah atau tidak memiliki
Wilayah.
Apa itu Negara
Unsur Negara
1.Rakyat
dibutuhkan rakyat untuk membentuk suatu negara karena rakyat merupakan pendukung utama untuk keberadaan sebuah negara. Kemudian Rakyat dibutuhkan dalam melakukan aktivitas merencanakan dan mengendalikan serta mengadakan sebuah negara. Dalam hal ini, rakyat adalah semua orang yang berada dalam suatu wilayah negara serta tunduk dengan kekuasaan negara tersebut.
2. Wilayah
memiliki pemerintahan yang berdaulat dimana kedaulatan merupaka nunsur-unsur negara yang penting dalam sebuah negara agar negara dapat memiliki kekuasaan dalam mengatur rakyatnya sendiri, dan dapat mempertahankan negara dari serangan dari luar mau pun dari dalam

3. Negara
pengakuan ini merupakan bukti sah hadirnya atau terbentuknya negara dan berhak untuk terhindar dari ancaman dan campur tangan negara lain. Kemudian untuk menghadirkan pengakuan dari negara lain maka perlu adanya menjalin hubungan dalam ekonomi, politik, budaya, sosial dan pertahanan serta keamanan. Adapun macam-macam bentuk pengakuan yaitu sebagai berikut:

1. Pengakuan secara de facto, yang mempunyai arti pengakuan dari negara lain yang berdasarkan pada fakta berdirinya suatu negara telah memenuhi persyaratan.
2. Pengakuan secara de yure, yang memiliki artik sebagai pengakuan secara yuridis formal berdasarkan hukum internasional.
Pengkuan dari negara-negara lain
Warga Negara
Warga negara adalah mereka yang berdasarkan UUD yang berlaku dan diakui sembagai warga negara atau melalui proses naturalisasi (pewarga negaraan).
Ada 2 kelompok warga negara yang memperoleh status kewarganegaraannya melalui stel pasif atau dikenal juga dengan warga negara by operation law (berdasarkan hukum yang berlaku) / melalui stel aktif atau by registration (memudahkan diri untuk menjadi warga negara).
Warga Negara juga bisa di artikan sebagai penduduk sebuah Negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya. Warga Negara juga mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga Negara dari Negara itu. Dalam UUD No 12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan republik Indonesia pasal 1 angak (1) pengertian warga negara adalah wargasuatu Negara yang di tetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Full transcript