Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Media Sosial (Definisi, Peran, dan Fungsi)

No description
by

Disna Harvens

on 17 March 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Media Sosial (Definisi, Peran, dan Fungsi)

Media Sosial Definisi, Peran, dan Fungsi Disna Harvens @harvens Media Sosial: Sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun berdasarkan fondasi ideologis dan teknologi dari web 2.0, yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran konten yang diciptakan oleh penggunanya Kaplan Andreas M. & Haenlein Michael. 2001: 59 Sejarah Media Sosial 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data – data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja.

1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial dibandinkan Classmates.com. 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang hanya bisa mengupdate status sebanyak 140 karakter.

2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring sosial yang diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia.

2011 Lahirnya Google+.

2012 Lahirnya Pinterest, website sosial media yang mempunyai konsep unik dengan sharing media foto atau gambar berupa Pinboard. 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri.

2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming.

2003 Berdirinya LinkedIn dan MySpace. LinkedIn tak hanya berguna untuk bersosial, tapi juga berguna untuk mencari pekerjaan.

2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak. Informasi. sharing informasi secara cepat dan gratis bisa dilakukan melalui berbagai platform blog.

Ekonomi. Masih dengan platform blog gratis, kita sekarang bisa memanfaatkan untuk memajang galeri produk atau skill secara online. Security. Memungkinkan adanya pemetaan atau laporan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keamanan.

Profesi-profesi Baru. kemunculan buzzer-buzzer.
Politik. Pilar kelima dalam demokrasi.

Citizen Empowerment. Citizen journalism melalui internet memungkinkan kita mengetahui suatu kejadian secara cepat. Sosial. Internet memiliki potensi untuk lebih meningkatkan kesadaran sosial.

Consumer Empowerment. Bila tidak puas dan merasa dikecewakan, seseorang kini bisa memblow up dan menyebarkan secara viral kekecewaannya. Karakteristik
Media Sosial Partisipasi
Mendorong kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, hingga mengaburkan batas antara media dan audience. Keterbukaan
Kebanyakan media sosial terbuka bagi umpan balik dan partisipasi melalui sarana-saran voting, komentar, dan berbagi informasi. Jarang sekali dijumpai batasan untuk mengakses dan memanfaatkan isi pesan. Perbincangan
Memungkinkan terjadinya perbincangan antara pengguna secara “dua arah”. Komunitas
Media sosial memungkinkan terbentuknya komunitas-komunitas secara cepat dan berkomunikasi secara ekeftif tentang beragam isu/kepentingan. Keterhubungan
Mayoritas media sosial tumbuh subur lantaran kemampuan melayani keterhubungan antara pengguna, melalui fasilita tautan (links) ke website, sumber-sumber informasi, dan pengguna lainnya. Memperluas interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web.

Berhasil mentransformasi praktik komunikasi searah menjadi praktik komunikasi dialogis antar banyak audience.

Mendukung demokratisasi pengetahuan dan informasi, mentransformasi manusia dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri. Apa itu Media Sosial ? Apa peran Media Sosial ? Apa saja fungsi media sosial ?
Full transcript