Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PERIODE PEMERINTAHAN SBY

No description
by

cahyarum ludiana

on 26 November 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PERIODE PEMERINTAHAN SBY

PERIODE
PEMERINTAHAN SBY PROFIL .. Jend. TNI (Purn.) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Terkenal dengan nama 'SBY'
Lahir di Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949.
Beliau dilantik sebagai presiden keenam Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2004 bersama wapresnya Jusuf Kalla yang kemudian kembali
terpilih di Pemilu 2009 bersama
wapresnya Boediono. SKEMA .. PROSES PEMILIHAN SBY Pemilu tahun 2004

Pemilu tahun 2009 kebijakan SBY ? + dan - SBY ? 2 5 proses pemilihan ? mengapa dipercaya dalam 2 periode ? kabinet masa SBY akhir periode SBY-JK ? "Kabinet Indonesia Bersatu II"
masa bhakti 2009-2014 kabinet masa SBY Agenda Utama 2004-2009 kebijakan SBY ? 1. Penangkapan teroris, kedamaian aceh dan kestabilan politik.
2. Berkat SBY, Indonesia lebih aktif dalam G20 dan forum APEC sehingga lebih dihargai bangsa asing setelah sekian lama diembargo.
3. Presiden pertama yg menangkap koruptor kelas kakap.
4. Kestabilan ekonomi, setidaknya untuk masa sekrg
5. Sangat pintar dalam mengatasi opsisinya, sehingga di kenal sbg Soft Power oleh bangsa luar
6. SBY memiliki mimpi besar yang menjadi tujuan bangsa.
7. Membentuk KPK sebagai badan pemberantas korupsi
8. Melaksanakan perintah UU agar anggaran pendidikan minimal 20% dari APBN
9. Rakyat pedesaan mendapat banyak bantuan dari program BLT, KUR, subsidi pupuk, dan juga pengembangan UMKM. Prestasi SBY .. kekurangan pemerintahan SBY Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, terjadi banyak kemajuan di berbagai bidang.
Nah mengapa ? dikarenakan kemajuan teknologi dan kebebasan berpendapat. Namun ...
Jika dibandingkan dengan pemerintahan pada masa Orde Baru, memang dalam beberapa bidang terlihat kemunduran.
yaitu pengambilan kebijakan SBY terkesan lambat ! namun mufakat bulat tersebut untuk kepentingan bersama.

apa intinya ? pemerintahan SBY telah cukup berkembang dibandingkan masa-masa sebelumnya dalam hal demokrasi. kesimpulan .. pemilu 2004 ..
Merupakan pemilu presiden pertama kali yang diselenggarakan di Indonesia. Pemilu dilaksanakan dua putaran dan dimenangkan oleh SBY-JK dengan perolehan 60% mengungguli Megawati Soekarno Putri SBY kembali terpilih dengan presentase 60,8% mengalahkan Megawati-Prabowo dan Jusuf Kalla-Wiranto dengan sekali putaran. pemilu 2009 .. 1.Terlalu menjaga imej, tidak tegas apabila ada keputusan yg bisa menjatuhkan imejnya
2.Terlalu mencari aman, mau bersekutu dan bergabung dgn partai apa saja selama partai tsb mau mendukungnya meskipunitu koruptor, penghianat , dll
3.Kebebasan umat beragama terusik
4. Sedikit bicara, sedikit bekerja.
5. KPK tidak efektif.
6. belum berhasil melanjutkan pembangunan yang sudah direncanakan sejak awal pemerintahan "Kabinet Indonesia Bersatu"
masa bhakti 2004-2009 1. Masalah pembangunan ekonomi yang ala kadarnya sangat tidak tampak strategi yang bisa membuat perekonomian Indonesia kembali bergairah. 2.Penanganan bencana alam yang datang bertubi-tubi berjalan lambat dan sangat tidak profesional. 3.Masalah kepemimpinan SBY dan JK yang sangat memperihatinkan. 4.Masalah politik dan keamanan bisa jadi cukup stabil dan tampak konsolidasi demokrasi dan keberhasilan pilkada Aceh menjadi catatan prestasi. 5.Masalah korupsi sulit dibersihkan. Dari dasar hukumnya sampai proses peradilan, terjadi perdebatan yang semakin mempersulit pembersihan Republik Indonesia dari koruptor-koruptor. 6.Masalah Politik Luar Negeri sungguh konyol dan sangat minus. SBY terpilih dua kali? Terpilihnya kembali SBY sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode 2009-2014 memberikan kepastian keberlanjutan kebijakan-kebijakan untuk lima tahun ke depan yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari visi dan misi SBY perode 2009-2014. Dengan demikian arah politik untuk tahun 2009-2014 tidak akan banyak berubah haluan dari tahun 2004-2009. Hal ini merupakan faktor terpilihnya SBY sebagai Presiden RI untuk kedua kalinya. Peace,membuat Indonesia lebih aman damai. Separatisme bersenjata dihentikan, kejahatan dan terorisme diperangi, harmoni dan integrasi sosial diperkokoh, dan toleransi kehidupan beragama diperkuat.
Justice,untuk mewujudkan Indonesia yang lebih adil meliputi persamaan kesempatan, menghilangkan diskriminasi, menegakkan hukum, memberatas KKN dan penyimpangan, serta meningkatkan penghormatan kepada HAM.
Democracy, untuk membuat Indonesia lebih demokratis. Memperkuat konstitusional, mengembangkan kelembagaan dan budaya politik, mendorong partisipasi politik, serta meningkatkan peran masyarakat.
Prosperity,untuk menggapai Indonesia yang lebih sejahtera. mendorong pertumbuhan ekonomi, membangun infrastruktur, menggalang investasi, serta meningkatkan eskpor. meningkatkan pendidikan, meningkatkan kesehatan, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
Program 100 hari. bertujuan memperbaiki sistem ekonomi yang sangat memberatkan rakyat Indonesia, memperbaiki kinerja pemerintahan dari unsur KKN, serta mewujudkan keadilan dan demokratisasi melalui kepolisian dan kejaksaan agung.
Latar Belakang Terpilihnya SBY sebagai Presiden RI pada tahun 2004 Megawati dianggap gagal melaksanakan agenda reformasi dan tidak mampu mengatasi krisis bangsa. Kbijakan pemerintah Megawati sepanjang tahun 2002 cenderung mengabaikan aspirasi rakyat dan hanya berorientasi pada kepentingan kalangan tertentu serta tidak mampu melepaskan Indonesia dari tekanan pihak-pihak asing, kegagalan diplomasi Indonesia sehingga kepulauan Sipadan-Ligitan lepas dari Indonesia, kasus penjualan saham Indosat, kegagalan partai politik yang terlibat dalam pemerintahan gotong royong dalam mengartikulasi kepentingan rakyat, tak ada upaya pemberantasan KKN, praktik korupsi makin terang-terangan dan meluas, kebijakan pemerintah yang memberi pengampunan terhadap sejumlah koruptor jelas mengingkari nilai keadilan
Kegagalan Pemerintahan Megawati dalam menjalankan Reformasi Birokrasi ini mengakibatkan kepercayaan rakyat terhadap Presiden Megawati menjadi menurun akibatnya dalam pemilihan Presiden secara langsung Rakyat menaruh harap perubahan pada pasangan SBY – JK. Agenda Utama 2009-2014 Pertama: pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.
Kedua: perbaikan tata kelola pemerintahan.
Ketiga: penegakan demokrasi.
Keempat:, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.
Kelima, pembangunan yang inklusif dan berkeadilan.
11 Prioritas Nasional Reformasi birokrasi dan good governance
Pendidikan
Kesehatan
Penanggulangan Kemiskinan
Ketahanan Pangan
Infrastruktur
Energi
Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana
Pembangunan Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Pasca Konflik
Kebudayaan, Kreativitas dan Inovasi Teknologi
Iklim Investasi dan Bisnis Partai politik bebas didirikan asalkan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku
SBY menggunakan politik pencitraan dengan menjaga image

Pengusutan kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara, anggota DPR, dan berbagai kasus lain.
Perang terhadap narkoba juga gencar dilakukan oleh aparat penegak hukum.

Program pertama pemerintahan SBY-JK dikenal dengan program 100 hari.
Secara umum SBY-JK melakukan pemeriksaan kepada pejabat yang diduga korupsi.
BLT (Bantuan Langsung Tunai) salah satu bentuk bantuan ekonomi Dalam hal pelestarian budaya, di masa pemerintahan SBY terlihat jelas kemundurannya. Terutama dengan banyaknya warisan budaya asli Indonesia yang diklaim oleh pemerintah negara lain.
SBY berhasil mematenkan Batik Indonesia
Terdapat keberhasilan dengan pengakuan dari UNESCO bahwa batik Indonesia adalah warisan budaya Indonesia.

Dana BOS (Biaya Operasional Sekolah)
Meningkatkan anggaran pendidikan menjadi 20% dari keseluruhan APBN untuk memastikan pemantapan pendidikan gratis.
Perbaikan secara fundamental kualitas kurikulum
Memperbaiki remunerasi guru dan melanjutkan upaya perbaikan penghasilan kepada guru, dosen, dan para peneliti.
Memperluas penerapan dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung kinerja penyelenggaraan pembangunan di bidang pendidikan.
Sektor pendidikan juga digagas dengan baik oleh SBY. Berbagai kunjungan ke daerah dilakukan untuk menengok fasilitas pendidikan agar tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran.
Full transcript