Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

kpip

No description
by

rizka amorini

on 4 May 2011

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of kpip

Magnetron merupakan bagian inti dari microwave oven. Komponen ini akan mengubah energi listrik menjadi radiasi gelombang mikro. Pada bagian dalam magnetron, electron dipancarkan dari sebuah terminal central yang disebut katode. Kutub positif yang disebut anode mengelilingi katode menarik elektron-elektron. Selama perjalanan pada garis lurus, magnet permanen memaksa elektron untuk bergerak dalam jalur melingkar. Seiring elektron-elektron melewati resonansi di dalam ruangan oven, elektron-elektron tersebut menghasilkan gelombang medan magnet yang terus-menerus. Waveguide adalah sebuah komponen yang didesain untuk mengarahkan gelombang. Untuk tiap jenis gelombang waveguide yang digunakan tidak sama. Waveguide untuk gelombang mikro dapat dibangun dari bahan konduktor.
Sejarah Microwave Percy Spencer is the
microwave's inventor Cara Kerja Microwave Komponen yang menyerupai baling-baling ini digunakan untuk menyebarkan gelombang mikro
di dalam microwave oven. Biasanya dikombinasikan dengan sebuah komponen seperti piringan
yang dapat diputar pada bagian bawah. Kombinasi ini memungkinkan kecepatan tingkat kematangan yang merata saat memasak 1. Fuse (sekring)
•Berfungsi untuk memutuskan aliran listrik bila terjadi arus kejut atau rangkaian terhubung singkat

2. TCO (Thermal Cut Off)
•TCO atau Thermo Switch adalah saklar sensor panas yang bekerja on atau off berdasarkan temperature pada badan logamnya. Ada 2 macam TCO pada microwave oven yaitu TCO Magnetron dan TCO Cavity.

Jika temperature magnetron diatas 160° C atau temperature cavity (ruang masak) diatas 100° C pada saat microwave memasak, saklar TCO yang menempel pada permukaan magnetron dan dinding bawah cavity akan off sehinggaa sumber daya ke magnetron terputus dan magnetron tidak bekerja. Saklar thermo akan kembali on bila temperature magnetron dan cavity menjadi dingin kembali yaitu pada temperature dibawah 60° C. Hal ini untuk mencegah kerusakan magnetron dan timbulnya api pada cavity.


3. LVT (Low Voltage Transformer)
•LVT adalah trafo tegangan rendah yang memberikan tegangan catu yang diperlukan oleh rangkaian control.


4. Lampu
•Lampu ini berfungsi untuk menerangi cavity bila pintu dibuka atau selama memasak.

5. Fan Motor
•Fan motor berfungsi mendinginkan panas yang terjadi pada komponen tegangan tinggi seperti magnetron, HVT dan sebagainya, juga menghilangkan baud an uap air didalam cavity oven.


6. Turn Table Motor
•Motor ini berfungsi untuk memutar wadah memasak (coocking tray) agar panas yang dihasilkan pada makanan merata.
Effect 1. Kerusakan otak yang menetap karena impuls listrik di otak mengalami ‘hubungan pendek’ ( kortsluiting ) melalui de – polarisasi dan de – magnetisasi jaringan otak.

2.Tubuh manusia tidak mampu memetabolisir ( memecah dan mengeluarkan ) produk sampingan yang tidak dikenal dalam makanan yang diproses dengan microwave.

3.Produksi hormon laki – laki dan perempuan diubah menjadi terhalang.

4. Semua mineral, vitamin dan zat gizi menjadi menurun atau berubah sifatnya sehingga tubuh tidak dapat menyerap maupun memecahnya.

5.Mineral yang terkandung dalam sayuran diubah menjadi radikal bebas yang menimbulkan kanker. cara aman menggunakan
microwave 1.Gunakan wadah yang aman
Pastikan wadah yang Anda gunakan untuk memuat makanan yang akan Anda masukan ke microwave adalah wadah yang aman. Artinya wadah tersebut memang dibuat khusus untuk microwave, yang pasti tahan panas. Jangan pernah memakai wadah yang terbuat dari logam, ( mangkok atau piring dari logam) karena akan berakibat fatal, yakni bisa memunculkan percikan api. Pastikan pula Anda tidak menggunakanwadah yang terbuat dari plastik yang tidak tahan panas karena hasilnya pasti meleleh.

2.Pastikan penutup makanan memiliki lubang
Jika Anda menutup makanan saat memasak menggunakan microwave, pastikan Anda membubuhkan lubang di penutupnya sebagai ventilasi. Jika tidak, Anda dapat mencelakai diri sendiri yakni akan ada letupan panas, terutama ketika hendak membuka tutup setela masakan matang.


3.Aduk makanan saat dimasak
Aduklah makanan yang Anda makan selama di masak dengan microwave. Waktu yang tepat adalah saat setengah dari waktu memasak yang disarankan (tergantung jenis makanan dan resep yang digunakan). Hal ini akan menghilangkan kemungkinan munculnya area beku dimana makanan tidak termasak sempurna. Area beku tersebut merupakan tempat yang tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan Anda sakit.

4.Biarkan makanan sejenak
Setelah microwave selesai dimasak, hal yang penting yang bisa Anda lakukan adalah membiarkannya sejenak untuk beberapa menit (sesuai resep dan instruksi memasak),setelah proses memasak terhenti dan berbunyi 'bep' . Sebab suhu panas masih menempel dan mengelilingi makanan meskipun kerja microwave selesai. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa tangan Anda melepuh dibuatnya.

5.Hati-hati ketika memindahkan makanan dari microwave.
Kadangkala, ketika makanan selesai dimasan, wadah yang dipakai buat memasak terasa dingin. Namun jangan salah, makanan yang berada di dalamnya masihlah panas. Gunakanlah sarung tangan oven untuk memindahkan makanan dari microwave, dan hati-hatilah untuk tidak langsung memakannya, karena masih panas!
keuntungan menggunakan
microwave 1. Tidak menimbulkan asap atau bau karena makanan tidak dibakar atau menjadi gosong / hangus.
2. Tidak menimbulkan panas diruangan sekitarnya.
3. Karena yang dipanaskan hanya molekul yang terkandung di dalam makanan, nutrisi makanan hampir tidak terbuang, juga warna dan rasa aslinya tetap dipertahankan.
4. Sangat sehat dan bersih karena bakteri akan langsung mati dalam 3 menit setelah makanan dimasukkan kedalam Microwave Oven. 6.Efek produk sampingan yang diciptakan oleh makanan yang diproses dengan microwave bersifat menetap atau permanent dalam tubuh manusia.

7.Pertumbuhan kanker dan tumor lambung serta usus. Hal ini menjelaskan salah satu sebab peningkatan tajam kanker usus besar di Amerika serikat.

8.Terjadi peningkatan sel – sel kanker dalam darah manusia.

9.Daya tahan kekebalan tubuh menjadi berkurang akibat perubahan kelenjar getah bening dan serum darah.

10.Hilangnya daya ingat, konsentrasi, stabilitas emosi dan penurunan kecerdasan. 7. Safety Switch
•Saklar pengaman (safety switch) digunakan untuk mencegah emisi gelombang mikro pada saat pintu dibuka. Saklar pengaman ini ada 3 jenis yaitu primary switch, secondary switch (atau door sensing switch) dan monitor switch.

8. HVT (High Voltage Transformer)
•HVT adalah trafo tegangan tinggi yang memberikan tegangan untuk menghidupkan magnetron. HVT mengubah tegangan 220-230 VAC menjadi tegangan AC 2000 Volt dan tegangan AC 3,2 Volt untuk heatermagnetron.

9. H.V Capacitor dan H.V Diode
•Kapasitor dan diode tegangan tinggi berfungsi sebagai rangkaian pendobel tegangan yaitu mengubah tegangan AC 2000 Volt menjadi DC 4000 Volt.

•Magnetron adalah osilator frekuensi tinggi 2450 Mhz yang memancarkan gelombang mikro kedalam cavity. Magnetron merupakan tabung vakum bipolar yang terdiri dari anoda, katoda dan antenna pemancar.

11. Relay
•Relay adalah saklar on / off yang digerakkan secara listrik. Pada microwave oven biasanya terdapat 2 relay utama yaitu main relay dan power relay.

a. Main relay berfungsi untuk menyambungkan sumber daya ke lampu, fan motor, dan turn table motor.

b. Power relay berfungsi untuk menyambungkan sumber daya ke HVT

12. Sistem lain (terdapat pada model dengan keistimewaan lengkap)
•Thermistor
Berupa probe (batang) yang diselipkan kedalam makanan untuk mendeteksi temperature makanan.

•Gas Sensor (auto time cooking sensor)
Mendeteksi asap yang ditimbulkan oleh makanan dengan tujuan untuk menentukan waktu memasak yang diperlukan secara otomatis.

•Weight Sensor
Terletak dibawah wadah memasak yaitu guide roller untuk mendeteksi berat makanan diatas wadak memasak sehingga dapat menentukan waktu memasak yang diperlukan secara otomatis.

MI CRO WAVE 6.Jangan meninggalkan microwave saat memasak pop corn
Pop corn adalah makanan yang paling mudah dimasak dengan microwave. Namun memasak makanan ini juga membutuhkan waktu yang cepat. Jadi jangan coba-coba meninggalkan microwave saat memasak pop corn kalau tidak ingin makanan yang berasal dari jagung ini gosong.

7.Jangan operasikan microwave saat kosong
Jangan pernah memencet tombol start saat microwave dalam keadaan kosong. Gelombang micronya akan melambung dan menabrak dinding interior microwave. Kondisi ini dapat menyebabkan kebakaran.

8.Bersihkan microwave secara teratur
Membersihkan microwave Anda secara teratur akan mencegah tumbuhnya bakteri didalamnya. Selain itu dapat pula menghilangkan kemungkinan terjadinya percikan api. Pastikan Anda men-switch off tombol operasi ketika sedang membersihkannya.

9.Jangan pakai lagi microwave Anda jika pintunya rusak!
Jika pintu microwave Anda rusak atau tidak dapat ditutup sempurna, lebih baik jangan gunakan lagi. Sebab microwave seharusnya tertutup rapat dan terkunci saat proses memasak. Satu-satunya solusi: lekas beli microwave baru!

10. Jangan coba memperbaiki sendiri
Jika microwave Anda rusak, jangan coba-coba memperbaiki sendiri. Cek garansi yang Anda peroleh ketika membelinya. Pastikan microwave Anda diperiksa oleh profesional.

Demikian 10 point menggunakan microwave secara aman. Dengan begitu selain aman, produk microwave yang Anda miliki juga awet.
Full transcript