Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Presentasi Struktur Organisasi PDAM Tirtawening Kota Bandung

No description
by

Yogy Trio Mulya

on 4 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Presentasi Struktur Organisasi PDAM Tirtawening Kota Bandung

Struktur Organisasi PDAM kota Bandung PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparataparat eksekutif maupun legislatif daerah
Struktur Organisasi PDAM Tirtawening Bentuk struktur PDAM Tirtawening yang terdapat di atas menurut kami adalah bentuk dari struktur organisasi Lini dan Staf, karena dalam struktur ini Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan.
Keburukan dari struktur organisasi lini dan staff 1. Adanya kemungkinan pimpinan staf melampaui batas kewenangannya.
2. Para pemimpin baik lini maupun staff sering mengabaikan nasehat dan gagasan yang ada.
3. Pemimpin dan karyawan yang kebanyakan tidak saling mengenal.
Keuntungan dari struktur organisasi lini dan staff 1. Adanya pembagian tugas yang jelas antara kelompok lini dan kelompok staff.
2. Adanya pengembangan spesialisasi untuk para anggota.
3. Koordinasi didalam setiap bagian dapat diterapkan dengan mudah.
Struktur bagian-bagian pada organisasi PDAM Pada struktur divisi umum, air limbah, dan air bersih kami mengasumsikan struktur ini adalah struktur fungsional. Struktur Organisasi fungsional ini diciptakan oleh F.W.Taylor. yaitu suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut.
PROFIL PERUSAHAAN PDAM TIRTAWENING MISI Memberikan pelayanan dan kemanfaatan umum kepada seluruh masyarakat melalui pelayanan air minum dan air limbah yang berwawasan lingkungan.
Mewujudkan pengelolaan keuangan perusahaan secara mandiri melalui pendapatan yang diperoleh dari masyarakat dan dikembalikan lagi kepada masyarakat guna meningkatkan pelayanan dan penyediaan air minum maupun sarana air limbah.
Meningkatkan pengolahan kualitas air minum dan air limbah yang sesuai dengan standar kesehatan dan lingkungan, mewujudkan penambahan cakupan pelayanan VISI terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan pelayanan air minum dan air limbah yang berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan. TUGAS POKOK Perumusan kebijakan dan strategi usaha pengelolaan air minum dan sarana air limbah
Melaksanakan pelayanan umum/jasa kepada masyarakat konsumen dalam penyediaan air minum dan sarana air limbah
Perencanaan pembangunan, pemeliharaan dan pengawasan sarana dan prasarana air minum dan air limbah
Pengelolaan keuangan Perusahaan Daerah untuk membiayai kelangsungan hidup Perusahaan Daerah dan Pembangunan Daerah
Pengelolaan pegawai PDAM
Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan dan usaha PDAM kepada Walikota melalui Badan Pengawas.
Keuntungan dari struktur organisasi fungsional Adanya pembagian tugas antara kerja pikiran dan fisik.
Dapat dicapai tingkat spesialisasi yang baik.
Solidaritas antar anggota yang tinggi.
Moral serta disiplin keija yang tinggi.
Koordinasi antara anggota berjalan dengan baik.
Keburukan dari struktur organisasi fungsional Insiatif perseorangan sangat dibatasi.
Sulit untuk melakukan pertukaran tugas, karena terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang tertentu.
Strategi organisasi Menyelenggarakan pelayanan umum/jasa kepada masyarakat/pelanggan dalam bidang pelayanan air bersih dan sarana air kotor.
Menyelenggarakan kemanfaatan umum yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
Meningkatkan pendapatan untuk membiayai kelangsungan hidup perusahaan secara mandiri yang hasilnya dikembalikan kepada masyarakat melalui peningkatan pelayanan kualitas air minum dan sarana air kotor.
Mengkoordinasikan hubungan kerjasama antara instansi pemerintah dan lembaga masyarakat, baik yang berada di dalam maupun di luar kota Bandung.
Melaksanakan partisipasi dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih berhemat dengan air bersih dan ikut dalam menjaga lingkungan/badan-badan air.
Menyelenggarakan prosedur pelayanan administrasi kepelangganan melalui koordinasi program teknis dan administrasi, technical audit, pelayanan terpadu melalui pembentukan titik layanan dan perbaikan pelayanan keluhan pelanggan yang cepat dan tanggap.
Menyelenggarakan terwujudnya Kota Bandung yang sehat, melalui sistem pelayanan air bersih dan kotor yang terpadu, menyeluruh dan sistematis.

Skala Organisasi Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung termasuk ke dalam organisasi yang berskala besar. Karena dilihat dari jumlah tenaga kerjanya yang banyak. Pegawai PDAM Tirtawening Kota Bandung pada bulan Juni 2012 terdiri dari Pegawai PDAM sebanyak 749 orang dan Pegawai Negeri Sipil yang di tempatkan di Perusahaan Daerah Air Minum sebanyak delapan orang, Pabin atau Pengamanan (Polisi) yang bertugas ditempatkan di PDAM Tirtawening Kota Bandung untuk mengamankan Perusahaan Fital sebanyak lima orang, dan honorer sebayak 3 (tiga) orang, maka jumalah total Pegawai PDAM Tirtawening Kota Bandung adalah 762.
Teknologi Organisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah Bojongsoang mulai beroperasi Pada tahun 1992, dengan sistem Kolam Stabilisasi Instalasi ini mempunyai Luas Area 85 Ha , terletak diantara 2 Desa yaitu Desa Bojongsoang dan Desa Bojongsari yang Berlokasi di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. IPAL Bojongsoang berfungsi untuk mengolah Air Limbah Rumah Tangga dari Kota Bandung yang bertujuan untuk Menurunkan tingkat pencemaran sungai-sungai di Kota Bandung.
Dalam Proses pengolahan air limbah rumah tangga terdapat beberapa Produk yang dihasilkan dan harus ditangani :
1. Sampah dikirim ke TPA Sarimukti
2. Pasir digunakan untuk Penataan Area
3. Lumpur digunakan untuk Pupuk Tanaman
4. Efluen untuk Pertanian dan Perikanan Masyarakat sekitar Analisis Lingkungan 1.      Cakupan pelayanan Air Limbah

TAHUN (2007-2008) DAN CAKUPAN PELAYANAN (%)
2007 58%
2008 58%
2009 58%
2010 59%
2011 60,8%
Cakupan Pelayanan Air Limbah yang dikelola oleh PDAM Tirtawening Kota Bandung sudah mencapai 60 %.


2.      Cakupan pelayanan Air Minum

TAHUN (2007-2008) DAN CAKUPAN PELAYANAN (%)
2008 63,97 %
2009 66,42 %
2010 67,26 %
2011 74,20 %


Saat ini PDAM Tirtawening Kota Bandung baru mampu me­­layani + 74,20 % penduduk Kota Bandung yaitu sebanyak 1.789.836 jiwa. Sedangkan target nasional pelayanan air minum untuk kota besar sebesar 80 %, hal ini disebabkan semakin meningkatnya kebutuhan air minum dari tahun ke tahun.
Berdasarkan data diatas, PDAM tirtawening kota Bandung berada dalam lingkungan yang dinamis, dimana kebutuhan masyarakat sebagai konsumen air minum dan pelayanan limbah PDAM tirtawening kota bandung yang selalu meningkat.
Full transcript