Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PKN - Revitalisasi Pancasila

Revitalisasi Pancasila
by

dimas diez

on 4 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PKN - Revitalisasi Pancasila

Revitalisasi Pancasila REVITALISASI Pancasila dapat diartikan sebagai usaha mengembalikan Pancasila kepada subjeknya yaitu sebagai pedoman bagi para penyelenggara pemerintahan. Untuk merevitalisasi Pancasila, perlu diajarkan dalam kaitannya dengan pembuatan atau evaluasi atas kebijakan publik selain dibicarakan sebagai dasar negara. Pancasila dapat dihidupkan kembali sebagai nilai-nilai dasar yang memberi orientasi dalam pembuatan kebijakan publik Bagaimanakah
merevitalisasi
pancasila sebagai
dasar negara ? Apa
pentingnya
revitalisasi
pancasila ? Pancasila adalah solusi publik sebagai terwujudnya Negara Kesatuan Indonesia, yang telah teruji semenjak masa kemerdekaan sampai dengan masa reformasi. Meskipun kita juga tidak bisa memungkiri bahwa dalam perjalanannya ada berbagai macam cobaan dan tantangan yang senantiasa datang dan mengiringi dalam setiap gerak dan langkah dinamika bangsa ini. Pancasila adalah publik yang tidak ada bandingannya untuk bangsa Indonesia karena Pancasila adalah alat permersatu bagi seluruh komponen yang berbeda-beda, sehingga setiap upaya untuk menggantinya selalu akan berhadapan dengan seluruh kekuatan Indonesia secara menyeluruh. Merevitalisasi Pancasila adalah sebuah keniscayaan mutlak ketika kondisi bangsa semakin jauh dari keadilan publik, kemakmuran, kemajuan dan lain sebagainya.
Dinamika Aktualisasi Pancasila Pancasila sebagai dasar Negara berkembang melalui suatu proses yang cukup panjang. Pada awalnya bersumber dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu dalam adat istiadat, serta dalam agama-agama dalam pandangan hidup bangsa.
Semenjak terjadinya G30SPKI tumbangnya pemerintahan Orde Lama (ORLA) dan di gantikanya pemerintahan Orde Baru (ORBA) yg di presideni oleh Jendral Soeharto. Selama 32 tahun Presiden soeharto memimpin akhirnya tumbang pada tahun 1998. karena dianggap menyimpang dari garis pancasila dan UUD 1945. Setelah tumbangnya orba munculah gerakan reformasi sampai saat ini.
Bagaimanakah nilai – nilai pancasila dapat di aktualisasikan dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara ? Sila –sila pancasila merupakan suatu kesatuan yang bulat, contoh-contohnya terdapat pada pancasila 1. Ketuhanan
Kita sebagai manusia ciptaanya dan menjadi masyrakat Indonesia khususnya wajib bertaqwa kepada tuhan YME serta menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya, yang mungkin setiap agama pasti punya peraturan sendiri-sendiri.
2. Kemanusiaan Adalah Kesesuaian Dengan Hakikat Manusia
Karena kita sebagai manusia yang mempunyai susunan, sifat, kedudukan kodrat yang sama kita harus dapat mencintai sesama, mengembangkan sikap tenggang rasa, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
3. Persatuan Adalah Kesesuaian Dengan Hakikat Satu 4. Kerakyatan Adalah Kesesuaian Dengan Hakikat Rakyat 5. Keadilan Adalah Kesesuaian Dengan Hakikat Adil Didalam pergaulan satu sama lain kita harus dapat menunjukan rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang berbhineka tunggal ika, meskipun berbeda-beda kita harus saling menghormati, menjaga karena satu jua. Selain itu kita harus menyadari bahwa kita bertanah air satu yaitu tanah air Indonesia, sehingga harus cinta tanah air dan bangsa. Kita harus saling bekerja sama, bergotong royong untuk mewujudkan cita-cita kita dan bangsa. Dan kita harus menjawab tantangan bersama, memecahkan persoalan secara bersama. Dan musyawarah bersama hal ini semua harus dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan sehingga tercapai sifat kekeluargaan. Kita harus bersifat adil terhadap diri kita, orang lain, alam, Negara dan Tuhan. Jangan sampai melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum dan harus berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
Full transcript