Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Untitled Prezi

No description
by

ahmad hasibuan

on 14 February 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Untitled Prezi

SDM
Karyawan yang bekerja pada CV Hadir Jaya terdiri dari karyawan tetap yang berjumlah tiga orang dan karyawan harian lepas yang sekarang ini berjumlah 11 orang.
Karyawan yang bekerja pada CV Hadir Jaya umumnya adalah warga sekitar lokasi perusahaan.
Karyawan tetap direkrut sesuai dengan kemampuannya untuk menjalankan tugas masing-masing, sedangkan perekrutan karyawan harian lepas tidak memerlukan syarat yang sulit. Saran
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada usaha pengolahan kayu yaitu kayu lapis CV Hadir Jaya, maka saran yang dapat peneliti berikan, yaitu:
Sebaiknya perusahaan melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas produk untuk lebih meningkatkan loyalitas konsumen.
Sebaiknya perusahaan dapat memperluas pasar agar dapat meningkatkan profit perusahaan.
Sebaiknya perusahaan dapat membuat struktur organisasi perusahaan yang lebih jelas. Dilihat dari kontribusi yang besar dari produk yang diproduksi saat ini perusahaan harus dapat mempertahankannya selain memproduksi produk baru.
Selain itu juga perusahaan harus dapt memperluas pasar yang ada karena dilihat dari potensi pasar yang ada saat ini sangat memungkinkan untuk dapat memperluas pasar baik itu untuk produk saat ini dan produk baru yang akan diproduksi.
Jumlah safety stock di gudang dapat terus dipertahankan dengan memberikan kebijakan apabila ternyata terjadi kekurangan bahan baku dapat diambil dari safety stock tersebut.
Frekuensi pembelian bahan baku selama ini dapat dipertahankan dengan cara menyesuaikan perencanaan produksi. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi biaya penyimpanan dengan tetap mempertahankan biaya pemesanan bahan baku. Implikasi Manajerial Analisis Finansial Lingkungan Industri
Persaingan antar perusahaan sejenis
Masuknya pesaing baru
Produk substitusi
Kekuatan tawar menawar pemasok
Kekuatan tawar menawar pembeli Riset dan Pengembangan
CV Hadir Jaya saat ini masih merupakan usaha dengan skala kecil menengah sehingga tidak melakukan riset dan pengembangan secara khusus. Produksi dan operasi
Proses produksi untuk mengolah vinir menjadi plywood ada beberapa tahap yaitu
proses persiapan bahan baku
peleburan perekat,
pengempaan panas,
finishing,
grading. Analisis Lingkungan Perusahaan
- analisis lingkungan internal
- analisis lingkungan eksternal
AHP
Analisis Finansial perusahaan Hasil dan Pembahasan Analisis lingkungan perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan perusahaan baik secara internal maupun secara eksternal. Hasil dari analisis lingkungan perusahaan ini nantinya adalah faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh dalam perumusan penentuan pengembangan produk. Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan Rata-rata Profit per bulan Maarif, SM dan H Tanjung. 2003a. Manajemen Operasi. PT Grasindo, Jakarta. Maarif, SM dan H Tanjung. 2003b. Teknik-teknik Kuantitatif untuk Manajemen. PT Grasindo, Jakarta.
Ross, S.A., Randolph W.W., and Jeffrey J. (2009). Pengantar keuangan perusahaan 1 edisi 8 (Penerjemah Yulianto, A.A., Yuniasih, R., Christine. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Ross, S.A., Randolph W.W., and Jeffrey J. (2010). Corporate finance 9th edition, Mc Graw-Hill.
Roveanin, A. (2005). Option approach to capital investment evaluation dalam Karanivic, Baresa, dan Bogdan. (2010, May 24). Technique for managing projects risk in capital budgeting process. UTMS Journal of Economics, Vol1 No2, p. 56
Saaty, T.L. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin (Proses Hierarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi Kompleks). Terjemahan. PT Pustaka Binaman Pressindo.
Stanton, William J. Fundamentals of Marketing, Ninth edition; Mc.Graw Hill Inc. San Fransisco. 1991.
Ulrich, Karl. T. Steven. D. Eppinger, 2000, perancangan dan pengembangan produk, terjemahan, edisi pertama, Salemba Teknika, Jakarta. Daftar Pustaka Burhan. 1994. Perencanaan Strategik. PT Remaja Rosdakarya. Jakarta
Brealey, R.A, Myers, S.C. dan Marcus, A.J. (2008). Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan jilid 1 (Yelvi Andri Zaimur, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Erlangga
Damodaran, A.(2001). Corporate finance: theory and practices 2nd edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
David, F.R. 2003. Stategic Management: Concepts & Cases. Ninth Edition. Pearson Education International, New Jersey.
Glen L. Urban & John R. Hauser, 1998, Design and Marketing of New Product Prentice-Hall Inc.
Hamel, G. dan C.K. Prahalad. 1994. Competing For The Future: Breaktrough Strategies or Seizing Control of Your Industry and Creating The Markets of Tommorow. Harvard Business School Press, Boston.
Hax, A and N. Majluf. 1991. The Strategy Concept and Process: A pragmatic approach. Prentice Hall, New Jersey.
Hubeis M, dan M Najib. 2009. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. PT Elek Media Komputindo, Jakarta.
Keown, A. J., John D.M., J.William P., David F. S. (2011). Manajemen keuangan prinsip dan penerapan (Marcus Prihminto Widodo, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Indeks.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Alih bahasa: Teguh.Jakarta: PT renhallindo
Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT Grasindo, Jakarta.
Marimin. 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. IPB Press, Bogor. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), para pakar mengatakan bahwa faktor yang sangat menentukan dalam hal pengembangan produk kayu lapis pada CV. Hadir Jaya adalah ketersediaan dana yang dimiliki oleh CV. Hadir Jaya. Sedangkan aktor yang sangat berpengaruh adalah pemilik perusahaan CV Hadir Jaya.
Prioritas produk yang dapat dikembangkan yaitu produk kayu lapis yang diperuntukkan sebagai bahan baku kursi yang tidak perlu lagi dilapisi dengan bahan lain yang (bisa langsung digunakan) oleh perusahaan pembuat kursi kantor.
Berdasarkan analisis finansial antara melakukan penambahan produk hasil analisis menggunakan AHP atau tetap berjalan seperti adanya sekarang maka perusahaan dapat melakukan pengembangan karena Hasil analisis aspek finansial berdasarkan kriteria kelayakan investasi pada setiap skala usaha dengan menggunakan 2 skenario menunjukan bahwa, skenario 1, skenario 2 layak untuk dijalankan. Skenario 2 dengan NPV Rp. 769.719.579 dan IRR 48.21 % yaitu melakukan penambahan produk hasil dari análisis menggunakan AHP dinilai lebih layak dibanding skenario 1 yang tidak melakukan penambahan produk walaupun keduanya tetap sama-sama layak. Kesimpulan dan Saran Rekomendasi prioritas produk Keuangan dan akuntansi Pemasaran : Produk, Harga, Distribusi, Promosi Analisis Internal Perusahaan analisis sensitivitas merupakan proses penentuan distribusi kemungkinan pengembalian untuk suatu proyek tertentu yang dipengaruhi oleh perubahan dalam salah satu variabel masukan tertentu. Analisis Sensitivitas




Internal Rate Return (IRR)
Rumus yang digunakan dalam menghitung IRR adalah sebagai berikut :
IRR =


Keterangan :
NPV1 = NPV yang bernilai positif
NPV2 = NPV yang bernilai negatif
i1 = Tingkat bunga yang menghasilkan NPV positif
i2 = Tingkat bunga yang menghasilkan NPV negatif Menurut Kotler (2002: 382) tahap-tahap pengembangan produk terbagi menjadi delapan tahap yaitu :
Pemunculan Gagasan
Penyaringan Gagasan
Pengembangan dan Penyajian Konsep
Pengembangan Strategi Pemasaran
Analisis Bisnis
Pengembangan Produk
Pengujian Pasar
Tahap Komersialisasi Tinjauan Pustaka (lanjutan) Manfaat Penelitian Tujuan Penelitian Rata-rata produksi Produk : Plywood dengan ukuran berbeda yaitu R1D, D4, R1a, D6
Keunggulan produk :
Mengutamakan kualitas produk (disesuaikan dengan keinginan konsumen)
Mengangkat konten lokal (berbasiskan bahan baku sisa limbah industri) Produk Plywood












Payback Period (PBP)
Secara sistematis Payback Period dapat dirumuskan sebagai berikut :

PBP =

Keterangan :
V = Nilai biaya investasi
I = Benefit bersih per periode Lokasi dan Waktu Kajian
Penelitian dilakukan pada dilaksanakan di CV. Hadir Jaya Plywood, Karawang Jawa Barat
Dimulai bulan Oktober sampai Desember 2012.
Data dikumpulkan dari contoh yang ditentukan secara sengaja (purposive sampling), yaitu sebanyak tiga orang pakar (pemilik, manajer produksi, manajer keuangan). Metode Penelitian Kajian Penelitian Terdahulu Kesuksesan pengembangan produk dapat dilihat dari dimensi dimensi berikut, yaitu:
Kualitas produk,
Biaya produk,
Waktu pengembangan,
Biaya pengembangan
Kemampuan pengembangan Tinjauan Pustaka (lanjutan) Kesuksesan dalam pengembangan produk tergantung pada kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan secara cepat membuat produk tersebut dengan harga murah (Ulrich dan Eppinger, 2000) Menurut Ulrich dan Eppinger (2000), produk merupakan sesuatu yang dijual oleh perusahaan kepada perusahaan kepada pelanggan. Tinjauan Pustaka Di bawah Bimbingan:
Dr. Ir. Machfud, MSc
Dr. Ir. Harianto, MS A.S Hasibuan ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK KAYU LAPIS
CV. Hadir Jaya Plywood TERIMA KASIH Lingkungan Umum
Sosioekonomi : faktor ekonomi, iklim, sosial, yang akan membantu atau menghambat perusahaan untuk mencapai tujuannya.





Teknologi
Pemerintah Analisis Lingkungan Eksternal Perusahaan Kapasitas produksi yang belum terpakai maksimal,
keuntungan perusahaan yang semakin menipis, dan
diferensiasi produk yang terbatas Latar Belakang
Net Present Value (NPV)
Rumus yang digunakan dalam perhitungan NPV adalah sebagai berikut:

NPV =

Keterangan:
Bt = Penerimaan (Benefit) pada tahun ke-t
Ct = Biaya (Cost) pada tahun ke-t
i = Discount rate (%)
n = umur proyek
Dalam metode NPV terdapat tiga kriteria kelayakan investasi, yaitu:
Jika NPV > 0, maka usulan proyek diterima
Jika NPV < 0, maka usulan proyek ditolak
Jika NPV = 0, nilai perusahaan tetap walaupun proyek diterima ataupun ditolak.  Analisis Finansial Produk yang dianalisa adalah produk kayu lapis. Analisis yang dilakukan tidak sampai pada pembuatan prototype. Ruang Lingkup Alternatif produk-produk apakah yang sebaiknya dapat dikembangkan oleh CV Hadir Jaya?
Produk apakah yang memiliki prospek yang paling tepat sebagai produk terpilih jika dilihat dari sisi finansial? Rumusan Masalah Teknik Pengambilan Contoh Narasumber :
Pemilik
Manajer Produksi
Manajer Keuangan Teknik Pengumpulan Data & Informasi Metode Wawancara
Studi Pustaka Rekomendasi Implementasi dari Pengembangan Produk Analisis Kelayakan Investasi
-NPV (Net Present Value)
- IRR (Internal Rate Of Return)
-PBP (Pay Back Period) Analisis Sensitivitas
Faktor-Faktor Yang Mungkin Berubah
Faktor Yang Potensial Berubah Analisis Lingkungan Eksternal Perusahaan Analisis Lingkungan Internal Perusahaan Pemilihan Alternatif Produk (Teknik AHP) Sistem dan Mekanisme Usaha yang Belum Optimum di CV Hadir Jaya Alternatif Produk dan Faktor-Faktor Pemilihan Produk Kerangka Penelitian Ya Tidak Revisi Pendapat Menghitung Vektor Prioritas Sistem Pengolahan Vertikal Menyusun Matriks Gabungan CR Konsisten
(Memenuhi) ? Pengisian Matriks Pendapat Individu Penyusunan Hirarki Identifikasi Sistem Tahapan Analisis Hierarkhi Process (AHP)
Full transcript