Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Presentasi Budnus

Kebudayaan Jawa,Sunda dan Madura
by

Tewe Turwanto

on 28 March 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Presentasi Budnus

Presentasi Budaya Nusantara jawa,sunda dan madura kelompok 5 3D KBN anggit tika afif rhozali alis idekusuma suprianto M. Yani Nursyamsyu M.Telly Anggra S Jawa Kebudayaan Jawa adalah milik orang Jawa yang mendiami wilayah paling luas di Pulau Jawa karena meliputi Propinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Derah Istimewa Yogyakarta. Daerah Jawa Timur berbatasan dengan Selat Madura, sedang di sebelah barat Propinsi Jawa Tengah berbatasan dengan Propinsi Jawa Barat yng dikenal sebagai Tanah Pasundan. Selain di ketiga Provinsi tersebut, suku Jawa banyak bermukim di Lampung, Banten, Jakrta, dan Sumatra Utara. Di Jawa Barat mereka banyak ditemukan di Kabupaten Indramayu dan Cirebon. Suku Jawa juga memiliki sub-suku seperti Osing dan Tengger.
SISTEM SOSIAL Dalam bermasyarakat, orang Jawa terkenal sebagai suku bangsa yang sopan dan halus, tertutup dan tidak mau terus terang. Sifat ini konon berdasarkan sifat orang Jawa yang ingin memeliharakan keharmonian atau keserasian dan menghindari pertikaian. Oleh itu, mereka cenderung diam sahaja dan tidak membantah apabila tertimbulnya percanggahan pendapat.

Dalam msyarakat Jawa mengenal pembagian stratifikasi sosialnya, yaitu:
Priyayi
Ningrat
Wong cilik
Wong baku
Kuli gandok
Joko, sinoman, atau bujangan KEBUDAYAAN FISIK Rumah adat Susunan ruangan pada Joglo umumnya dibagi menjadi tiga bagian. Setiap ruangan memiliki perbedaan nilai, ruang bagian depan bersifat umum (publik) dan bagian belakang bersifat khusus (pribadi/privat). Jadi dalam pemetaan ruang rumah Joglo ada tiga peta ruang utama yaitu :
Pendopo
Pringgitan, dan
Dalem
BUSANA ADAT
KEBUDAYAAN FISIK Busana adat Jawa penuh dengan piwulang sinandhi. Tersembunyi ajaran untuk melakukan segala sesuatu secara harmoni
Pakaian adat yang dikenakan pada
bagian kepala adalah, seperti iket, udheng
bagian tubuh ada rasukan (baju): jarik sabuk, epek, timang
bagian belakang tubuh yakni keris dan dikenakan dibagian bawah atau bagian kaki yaitu canela
KEBUDAYAAN FISIK PERNIKAHAN
BIBIT – BEBET - BOBOT
Nontoni
Nakokake/Nembung/Nglamar
Peningsetan
Pasang Tarub
Midodareni
Akad Nikah
Panggih
Balangan suruh
Ngidak endhok
Wiji dadi
Timbangan
Kacar-kucur
Dulangan
Sungkeman
Kirab
Jenang Sumsuman
Boyongan/Ngunduh Manten
Kesenian KEBUDAYAAN FISIK PERTUNJUKAN
Wayang
Gamelan
Tari tradisional :
Tari gambyong
Tari Merak
Tari Bondan
Tari Angsa KESENIAN
TEMBANG JAWA
Dhandanggula
Lir-ilir
Mskumambang
Campursari: Prau Layar, Walang Keket, Lingsir Wengi
Gmbang Suling
Cublek-Cublek Suweng
Suwe ora jamu
KEBUDAYAAN FISIK KULINER
1. Urip Iku Urup
FILOSOFI JAWA 2. Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara
3.Sura Dira Jaya Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti
4. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha 5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
6. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman
7. Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman
8. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka
9. Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo
SUNDA LETAK GEOGRAFIS Bagian terbesar tanah Sunda berupa dataran tinggi dan pegunungan, keculi bagian utara berupa datarn rendah. Banyak sungai mengalir dari pegunungan menuju laut sebelah utr atau Laut Jawa, bermuar ke laut sebelah barat atau Selat Sunda maupun mengalir ke lut sebelah selatam atau Laut Hindia SISTEM BUDAYA
Mereka taat menjalankan agamanya, yaitu agama Islam, nmun sering juga melakukan upacara yang tak terdapat dalam Islam. Falsafah hidupnya tergambar dlam kata-kata “Gemah Ripah Repeh Rapih”
SISTEM SOSIAL
Bagi orang Sunda, keluarga Batih dalah yang terpenting. Adapula kelompok yang disebut sebagai bondoroyot, yakni sekelompok kerabat di sekitaran keluarga batih tersebut.
KEBUDAYAAN FISIK BAHASA
Bahasa yang digunakan oleh suku ini adalah bahasa Sunda. Bahasa Sunda adalah bahasa yang diciptakan dan digunakan sebagai alat komunikasi oleh Suku Sunda, dan sebagai alat pengembang serta pendukung kebudayaan Sunda itu sendiri. Selain itu bahasa Sunda merupakan bagian dari budaya yang memberi karakter yang khas sebagai identitas Suku Sunda yang merupakan salah satu Suku dari beberapa Suku yang ada di Indonesia KEBUDAYAAN FISIK ORGANISASI SOSIAL
Sistem keluarga dalam suku Sunda bersifat parental

Dalam suku Sunda dikenal adanya pancakaki yaitu sebagai istilah-istilah untuk menunjukkan hubungan kekerabatan.Dicontohkannya,
pertama, saudara yang berhubungan langsung, ke bawah, dan vertikal.Yaitu anak, incu (cucu), buyut (piut), bao, canggahwareng atau janggawareng, udeg-udeg, kaitsiwur atau gantungsiwur.
Kedua, saudara yang berhubungan tidak langsung dan horizontal seperti anak paman, bibi, atau uwak, anak saudara kakek atau nenek, anak saudara piut.
Ketiga, saudara yang berhubungan tidak langsung dan langsung serta vertikal seperti keponakan anak kakak, keponakan anak adik, dan seterusnya.

Dalam bahasa Sunda dikenal pula kosa kata sajarah dan sarsilah (salsilah, silsilah) yang maknanya kurang lebih sama dengan kosa kata sejarah dan silsilah dalam bahasa Indonesia. Makna sajarah adalah susun galur/garis keturunan.
KEBUDAYAAN FISIK Rumah Adat Rumah adat Sunda memiliki nama yang berbeda-beda bergantung pada bentuk atap dan pintu rumahnya. Secara tradisional ada atap yang bernama suhunan Jolopong, Tagong Anjing, Badak Heuay, Perahu Kemureb, Jubleg Nangkub, dan Buka Pongpok. Dari kesemuanya itu, Jolopong adalah bentuk yang paling sederhana dan banyak dijumpai di daerah-daerah cagar budaya atau di desa-desa
PERNIKAHAN
KEBUDAYAAN FISIK Rangkaian Acara Adat Perkawinan
Nendeun Omong.
Lamaran.
Tunangan.
Ngeuyeuk seureuh Upacara Prosesi Pernikahan
Penjemputan calon Akad nikah,
Sungkeman,
Wejangan,
Saweran,
Meuleum harupat,
Nincak endog,
Buka pintu.
KEBUDAYAAN FISIK SENI PERTUNJUKAN
Wayang golek
Kirab Hileran
Ketuk Tilu
Seni Bangreng
Kuda Renggong
KEBUDAYAAN FISIK SENI SUARA
Dalam memainkan Degung biasanya ada seorang penyanyi yang membawakan lagu-lagu Sunda dengan nada dan alunan yang khas.Penyanyi ini biasanya seorang wanita yang dinamakan Sinden.Tidak sembarangan orang dapat menyanyikan lagu yang dibawakan Sinden karena nada dan ritme-nya cukup sulit untuk ditiru dan dipelajari.Dibawah ini salah salah satu musik/lagu daerah Sunda :
Bubuy Bulan
Es Lilin
Manuk Dadali
Tokecang
Warung Pojok
MADURA GEOGRAFIS Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.250 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali).
SISTEM BUDAYA suka merantau karena keadaan wilayahnya yang tidak baik untuk bertani (daerah tandus).
Keunikan sifat orang madura:
Bicara blak-blakan (Straight forward talking )
Hemat, disiplin dan rajin bekerja
Harga diri.
Berwatak Keras namun polos
Mudah tersinggung. Sifat ini melahirkan tradisi Carok pada masyarakat Madura.
SISTEM SOSIAL Anak perempuan yang telah menikah tetap tinggal di pekarangan orangtuanya. Anak laki-laki yang sudah menikah pindah ke pekarangan istri atau mertuanya. Tanean Lanjang ini mencerminkan kombinasi uksorilokalitas dan matrilokalitas.
Rumah pertama yang merupakan rumah asal menjadi tempat terpenting dari pekarangan. Rumah ini dihuni oelh para orangtua. Di rumah berikutnya tinggal anak perempuan yang telah menikah dengan suaminya menurut urutan umur.
Walaupun tanean lanjang dihuni oleh satu atau lebih keluarga luas, keluarga-keluarga inti tetap merupakan kesatuan terpenting. Tiap keluarga mengurus rumah tangganya sendiri dn mengusai sebidang lahan tertentu. Tpai, di antara keluarga terdapat kerjasama yang erat Sistem Sosial Tiga Pilar Nilai Kesopanan Masyarakat Madura
Masyarakat madura menganut tiga nilai utama yang menjadi acuan dalam berpikir dan bertindak yaitu :
KESOPANAN
KEHORMATAN
AGAMA
Sistem Ekonomi KEBUDAYAAN FISIK Pulau Madura kurang subur untuk dijadikan lahan pertanian. Banyak sekali masyarakat Madura yang merantau ke daerah lain untuk memperoleh penghidupan yang lebih baik.

Perternakan sapi dan menjadi nelayan merupakan bagian penting dalam perekonomian masyarakat Madura. Selain itu Madura merupakan produsen tembakau dan cengkih untuk industri rokok kretek domestik dan sejak Zaman Belanda Madura menjadi penghasil dan pengekspor utama garam. Khusus daerah Sumenep, terdapat kawasan sektor migas yang menjanjikan.
Religi KEBUDAYAAN FISIK 1.Animisme
Adanya ritual Pethik Laut dan Rokat Tasse.

2. Islam
Sejak Runtuhnya kerajaan Hindu, masyarakat Madura pada umumnya menganut agama Islam yang taat. Hampir disetiap desa memiliki sekurang-kurangnya satu masjid. Pejabat keagamaan tingkat desa disebut modin.

3. Hindu dan Agama lainnya Seni Suara KEBUDAYAAN FISIK Tembang Merapat
Tembang yang dipakai sebagai media untuk memuji Allah SWT sebelum pelaksanaan shalat wajib

Saronen
Berasal dari desa Sendang, Kab. Sumenep. Sorengan merupakan perpaduan beberapa alat musik sebagai musik pengiring kesenian Madura
Seni Tari KEBUDAYAAN FISIK 1. Tang Muang Sangkal
Salah satu seni tari wajib yang digunakan untuk menyambut tamu- tamu yang datang ke kabupaten Sumenep.

2. Tari Duplang
Merupakan seni tari yang menggambarkan sebuah prosesi kehidupan seorang wanita desa.Tarian ini diciptakan oleh seorang penari keraton Nyi Raisa


Pertunjukan KEBUDAYAAN FISIK Karapan Sapi
Awalnya sapi-sapi Madura digunakan sebagai satu-satunya alat tranportasi tercepat di Madura yang kemudian menjadi hiburan bagi masyarakat elite dan kerajaan. Namun, saat ini karapan sapi menjadi pemasok utama APBD dari sektor pariwisata.

Topeng dalang
Bagian dari item acara dalam karapan sapi. Pengambaran karakter dalang selain tampak dalam bentuk muka juga ada dalam pemilihan warna. Ada empat warna karakter topeng dalang yaitu hitam, putih, merah dan kuning.Masing masing warna memcitrakan watak dan sifat yang berbeda.
KEBUDAYAAN FISIK Upacara Adat Sandhur Pantel
Upacara ritual bagi masyarakat Madura yang berprofesi sebagai petani dan nelayan sebagai sarana komunikasi manusia dengan Tuhan pencipta alam semesta Budaya Carok Madura
Carok yang dalam awalnya digunakan sebagai simbol kesatria dalam memperjuangkan harga diri atas penjajahan yang dilakukan oleh Belanda oleh masyarakat Madura kemudian menjadi tradisi untuk menghabisi nyawa musuh / orang yang tidak disenangi dengan alasan harga diri. Peribahasa Maduranya angok pote tollang, atembang pote mata yang bila dibahasaIndonesiakan lebih baik putih tulang dari pada putih mata.
KULINER
Sate Madura
Sate ini biasanya terbuat dari ayam yang diberi saus kacang. Sate ini sudah dikenal se-Indonesia raya
Soto Madura
Soto yang berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge ini dihidangkan dengan sambal dan irisan jeruk nipis dengan bumbu khas Madura
Rumah Adat TERIMA KASIH
Full transcript