Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pendokumentasian Jaringan

No description
by

danar asasin

on 10 August 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pendokumentasian Jaringan

Pendokumentasian Jaringan
design by Dóri Sirály for Prezi
Tabel konfigurasi jaringan adalah sebuah tabel yang berisi data-data mengenai hardware dan software pada sebuah jaringan secara up-to-date. Tabel ini berisi informasi-informasi penting yang dapat membantu seorang network administrator untuk mencari kesalahan dalam sebuah jaringan (Graziani.R &Vachon.B, 2008, 528).

Tabel konfigurasi jaringan memuat konfigurasi router yang terdapat pada sebuah jaringan, berisikan beberapa informasi yang dibutuhkan seperti nama interfacenya, mac address, IP address beserta routingnya. Tabel konfigurasi jaringan juga memuat informasi mengenai switch yang terdapat pada sebuah jaringan, informasi tersebut meliputi nama hostname, port, speed, duplex, Spanning tree protocol, port fast, trunk status, ether channel yang menunjukkan interface tersebut bekerja pada pada layer berapa, kemudian ada vlan (virtual network) dan juga key yang menunjukkan keterangan penting untuk interface tersebut.

Kelompok 1
Tabel Konfigurasi Jaringan
Definisi software visualization adalah suatu disiplin ilmu yang menggunakan berbagai bentuk citra untuk memberikan wawasan dan pemahaman serta untuk mengurangi kompleksitas sistem perangkat lunak yang ada. Pemahaman yang selanjutnya mengenai software visualization adalah proses penggambaran sebuah entitas dalam sistem domain kedalam penggambaran secara grafis untuk membantu pemahaman dan pengembangan.
Visualisasi
~ Ahmad Wildan
~ Catur Evi Yanti
~ Heru Prasetyo
~ Mahardhika Widi
~ Muajizah
~ M. Zakiyyul
~ Ria Rofi'ah
~ Sekar Ayu A.
~ Yudie Wahyu
XII TKJ 1
Dokumentasi jaringan adalah blueprint yang berisi semua informasi mengenai jaringan
yang dirangkum menjadi sebuah dokumen. Dokumen tersebut berisi detail dari informasi mengenai
hardware, software licence, konfigurasi sebuah desktop, prosedur backup, dan lain-lain.

Dokumentasi jaringan menjadi hal yang wajib untuk dibuat dalam
sebuah instansi yang menggunakan jaringan untuk operasionalnya. Dokumentasi jaringan berisikan semua informasi
mengenai configurasi yang terdapat pada jaringan instansi tersebut, dokumentasi dapat membantu seorang administrator jaringan untuk
perawatan maupun meningkatkan performa jaringan dengan
merubah beberapa bagian topologi.

Menurut David Goldschmidt (2005) pengertian dokumentasi jaringan adalah blueprint yang berisi semua informasi mengenai jaringan yang dirangkum menjadi sebuah dokumen.
Dokumen tersebut berisi detail dari informasi mengenai hardware, software licence, konfigurasi sebuah desktop, prosedur backup, dan
lain-lain. tetapi tidak ada ketentuan secara pasti mengenai apa saja
yang harus dicantumkan pada sebuah dokumentasi jaringan.

Dokumentasi jaringan memiliki 10 langkah yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah dokumentasi jaringan yang baik (Posey.B, 2008, 1), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :>

1. Membuat network documentation policy.
2. Membuat diagram topologi jaringan.
3. Dokumentasi nama server, aturan dan alamat IP

4. Membuat change log untuk masing-masing server
5. Dokumentasi versi dari software dan juga bukti keaslian software
6. Dokumentasi komponen hardware
7. Dokumentasi active directory

8. Dokumentasi backup procedure
9. Memberi Label
10. Evaluasi Dokumentasi Jaringan

Jaringan harus memiliki Diagram topologi jaringan yang merupakan sebuah representasi grafis dari sebuah jaringan yang menggambarkan bagaimana setiap device di dalam jaringan terhubung satu dengan yang lain dan juga secara logical architecture (Graziani.R & Vachon.B, 2008, 527).

Sebuah diagram topologi jaringan juga memiliki beberapa hal yang harus
tercantum, yaitu:
>Semua symbol jaringan dan bagaimana mereka terhubung.
>Tipe interface, nomor, alamat IP dan subnet mask.
>Protokol WAN.

Sekian Presentasi
Dari Kami
Tabel Konfigurasi Perangkat Jaringan Akhir
Tabel konfigurasi perangkat jaringan ahkir berisikan catatan mengenai dasar dari hardware dan software yang digunakan pada setiap perangkat yang terbubung ke jaringan termasuk server, management console dan desktop workstation (Graziani.R &Vachon.B, 2008, 531).

Tabel konfigurasi perangkat jaringan ahkir berisikan informasi mengenai end-system configuration tiap-tiap PC atau server yang terhubung pada jaringan. informasi tersebut melingkupi device name, jenis dan seri dari OS (Operating System), alamat IP, subnet mask, default gateway, DNS server, WINS server, dan juga semua software yang berjalan pada device tersebut yang memerlukan bandwidth besar.

Jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua buah komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi, maupun berbagi perangkat keras komputer.




TERIMA KASIH

Network Baseline
Network baseline adalah sebuah dokumen yang berisikan catatan mengenai performa jaringan pada kondisi normal. Network baseline ini berguna saat terjadi beberapa kendala pada performa jaringan, maka seorang network administrator dapat menbandingkan permasalahan yang dihadapi dengan network baseline yang telah dicatat sebelumnya sehingga dapat mempermudah penyelesaian masalah.
Umumnya jaringan dikelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu :>
1. Berdasarkan jangkauan geografis
a. LAN (Local Area Network) : Jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil seperti warnet, kantor, sekolah, dan lain-lain.
b. MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi
c. WAN (Wide Area Network) : Jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geogrfis yang luas, misal sebuah negara.

2. Berdasarkan distribusi sumber informasi dan data
a. Jaringan terpusat : Jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server yang mana komputer client mempunyai tugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.
b. Jaringan terdistribusi : Hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.


3. Berdasarkan media transmisi data yang digunakan
a. Jaringan berkabel : Media transmisi yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lain agar dapat bertukar informasi dan data.
b. Jaringan nirkabel : Jaringan ini berbeda dengan jaringan berkabel karena dalam jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi atau data antara komputer satu dengan yang lainnya.
Full transcript