Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

KELOMPOK 3

No description
by

alfiah yusrizal

on 9 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of KELOMPOK 3

Kata Pengantar
Assalamu'alaikum wr.wb puji sukur kita panjatkan kepada allah swt yg telah memberikan rahmat kesehatan untuk kita semua.
Kewirausahawan adalah kemampuan yg sangat dibutuhkan dalam abad 21 mengingat keterbatasan dukungan sumberdaya alam terhadap kesejahteraan penduduk dunia yg makin bertambah dan makin kompetitif.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menyampaikan pendapat tentang listrik sederhana sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan dan bangsa Indonesia
2. Mengidentifikasi jenis, bahan, alat, dan proses pembuatan karya rekayasa pembangkit listrik sederhana yang digunakan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan
3. Merancang pembuatan model alat pembangkit listrik sederhana berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap diri sendiri
4. Membuat, menguji, dan mempresentasikan model alat pembangkit listrik sederhana berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab


A . Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
1. Aneka Jenis Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
Listrik merupakan sebagai salah satu kebutuhan utama masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yaitu melaksanakan aktivitas dalam memenuhi kebutuhan.Listrik ditemukan oleh Michael Faraday.Listrik dibangkitkan oleh gerakan inductor dalam suatu magnet.Indonesia memiliki potensi energi di antanya energi matahari, energi air, energi angin, energi biomassa, dan energi biogas.Potensi energi-energi tersebut belum tergarap secara optimal.

a. Pembakitan Listrik Energi Angin.
Indonesia memiliki potensi tenaga angin yang merupakan salah satu sumber energy terbarukan terutama dikawasan pesisir.angin merupakan pergerakan udara yang diakibatkan oleh perbedaan tekanan udara yang merupakan hasil dari pengaruh ketidakseimbangan pemanasan sinar matahari terhadap tempat-tempat yang berada di permukaan bumi.
Angin bertiup dari daerah yang bertekanan udara tinggi kedaerah tekanan udara lebih rendah.
b. Pembakitan Listrik Energa surya
Pembakitan listrik energy surya sering disebut dengan istilah photovoltaic (PV) merupakan teknik mengubah energy sinar mathari menjadai energy listrik melalui sel surya (solar cel) secara langsung.ada beberapa tipe sel surya,yaitu monocrystaline,pollycristaline,dan amorphous.sel surya terdiri atas foton yang memliki jumlah energy yang berada pada spectrum cahaya.fotobn yang dapat membangkitkan energy listrik adlah yang terserap oleh sel surya.


C.pembangkit listrik energi air
Pembangkit listrik tenaga air sekala kecil yang sering diistilahkan dengan mikrohidro (sampai 1.000 watt) dan mikohidro (kurang dari 5.000 watt) cocok dikembangkan di daerah terpencil yang belom tersentuh energi listrik atau didaerah yang masih membutuhkan/kurang pasokan listrik.pembangkit listrik sampai mencapai 1.000 kilowatt sering diistilahkan dengan minihidro.Didalam generator terdapat magnet yang dikelilingi gulungan kawat. Jika digerakan oleh turbin medan magnet itu akan dapat membangkitkan listrik,yang dapat disalurkan melalui kabel.debit aliran air sepanjang tahun harus tetap dijaga jika dikembangkan pembangkit listrik mikrohidro/pikohidro. Kita harus menahan diri untuk kepentingan-kepentingan yang menunggu kelestarian lingkungan agar tetap terjaga ekosistem.



D.pembangkit listrik energi biogas
Biogas dihasilkan dari proses fermentasi bahan – bahan organic oleh bakteri anaerob, yaitu bakteri yang dapat hidup dalam kondisi kedap udara. Biogas adalah gas yang mudah terbakar.bakteri methanogen bekerja dalam kondisi lingkungan yang kedap udara dan secara natural hidup dalam limbah yang mengandung bahan organik,seperti kotoran manusia,binatang,dan sampah organik rumah tangga.energi biogas sederhana dapat dihasilkan hanya dari bahan organik yang homogen seperti kotoran, air kencing hewan ternak.
proses pencernaan seperti temperatur, keasaman, dan jumlah material yang akan dicerna. Adapun tahapan pencernaan yang dimaksud adalah seperti berikut :
1) Hidrolisis, molekul organik diuraikan menjadi bentuk karbohidrat, asam amino, asam lemak.
2) Proses penguraian untuk menghasilkan ammonia, karbon dioksida, dan hydrogen sulfide (acidogenesis)
3) Proses penguraian acidogenesisguna menghasilkan hidrogen, karbon dioksida, dan astetat (asetatogenesis)
4) Methanogenesis, merupakan tahapan selanjutnya yang dapat menghasilkan gas methane (CH4), dan produk lain berupa karbon dioksida, air, dan sejumlah senyawa gas lainnya.


2. Manfaat Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
Sumber daya alam di Indonesia sangat memungkinkan untuk dikembangkan energi terbarukan. Daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau energi listrik dan kebutuhan energi yang makin tinggi di masa yang akan datang dapat memanfaatkan energi terbarukan.
Manfaat produk rekayasa pembangkit listrik sederhana antara lain seperti berikut :
a. Keberadaan pembangkit energi listrik terbarukan membantu meningkatkan kemandirian dari kebergantungan terhadap energi fosil dan menjadi penyangga pasokan energi nasional di masa yang akan datang.
b. Pembangkit energi listrik baru terbarukan yang ramah lingkungan mempunyai potensi mengurangi emisi CO2.
c. Ketersediaan energi listrik terutama di daerah-daerah terpencil diharapkan secara merata dapat menyejahterakan masyarakat.
d. Menyelamatkan lingkungan dan mengatasi berbagai dampak buruk yang ditimbulkan akibat penggunaaan bahan bakar fosil.
e. Energi listrik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan produktif pada industri rumah di antaranya membuat es balok untuk pengawetan ikan, untuk pendukung aktivitas wisata kuliner, penerangan rumah tinggal, penerangan jalan, kegiatan industry kecil dan menengah.
f. Terciptanya lapangan pekerjaan di berbagai sektor.

B. Produk Pembangkit Listrik Sederhana Energi Angin
Produk karya rekayasa pembangkit listrik sederhana yang menjadi pembahasan kali ini adalah pembangkit listrik sederhana energi angin. Angin yang menggerakkan kincir angin, akan memutarkan dynamo dan menghasilkan listrik.

Badan listrik yang membutuhkan arus listrik DC dapat langsung menggunakan listrik hasil pembangkitan, sedangkan beban listrik yang membutuhkan arus listrik AC (standar PLN), melalu inverter arus listrik DC dialirkan agar diperoleh arus listrik AC yang digunakan untuk beban di antaranya berupa mesin listrik, pompa air, penerangan umum.
1. Desain Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana Energi Angin
Desain merupakan proses membuat dan menciptakan objek baru. Desain produk rekayasa merupakan gambar rancangan awal dalam membuat sebuah produk rekayasa.pembangkit listrik sederhana energy angin sebagai produk yang akan di kembangkan daalam pembahasan produk rekayasa pada materi prakarya dan kewirausahaan,
Pembuatan model pembangkit listrik sederhana dalam hal ini adalah menara pembangkit listrik energy angina dapat di kelompokan ke dalam tiga kelompok berikut.
a.Dudukan menara
b.Menara
c.Kincir angin
Bagian dudukan menara, bagian menara dan bagian kincir di satukan menjadi satu kesatuan membentuk model pembangkit listrik sederhana energy angin. Material yang di gunakan sesuai dengan bahan yang ada di sekitar di antaranya kayu,bamboo,kaleng bekas,aluminium angle.

A. Bagian Dudukan Menara
Bahanya adalah:
-bagian dudukan menara kincir angin
-plat penopang bagian bawah
-dudukan menara
-screw.
Cara mengerjakan….
Dudukan menara di ambil ukuran garis tengah 25 cm.plat di bentuk sedemkian rupa,membentuk siku sebagai media untuk menyatukan antara dudukan menara dan menara dan di pasang dengan menggunakan screw.


KELOMPOK 3
Bab 2.Rekayasa dan Kewirusahaan Pembangkit Listrik sederhana
Ngikik Fams:

-ALFI LAFENIA
-FARAH TRI AMALDA
-GHONIATUL FUTUH
-MIRNA NURMIATI
-SITI ALFIAH
-SUFRYANTI (SUPRAY)

B. Bagian Menara
bahan pendukung pembuatan bagisn menara digunakan aluminium angle yang di potong dengan variasi ukuran.
bahan pendukung pembuatan bagisn menara digunakan aluminium angle yang di potong dengan variasi ukuran,,
C. Bagian Kincir angin
3.Bahan pendukung bagian kincir angin:
-Klem,
-plat dudukan kincir,
-center kicir
-gear pengunci kincir
-blade/kincir
-kabel,dynamo dan screw
Sederhana energy angin
Alat yang di gunakan dalam pembuatan model pembangkit listrik sederhana energy angin seperti:
1.bor tangan, sebagai alat pelubang bahan yang akan di gunakan
2.obeng, (screwdriver) digunakan untuk memasang baut (screw)
3.tespen, sebagai untuk mendeteksi kelistrikan
4.gergaji,sebagai alat perkakas yang di gunakan untuk memotong/membelah
5.sebagai alat pengukur dan alat bantu gambar
6.meteran pita,sebagai perkakas yang di gunakan untukl mengukur satuan panjang baik dalam perencanaan maupun pada proses pembuatan model menara kincir angina
7.pensil, alat untuk memberi tanda pada ukuran yang akan di buat



4. Proses Pembuatan Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana Energi ngin
A. Produk Rekayasa Pembngkit Listrik Rekayasa
Angin yng menggerekkan kincir angin kan memutarkan generator yang menghasilkan energi listrik. Kestabilan daya listrik dapat diperoleh dengn cara menyimpan dayanya dibatrai / akumulator (DC) melalui kontrol panel
B. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman.
kesehatan kerja adalah suatu kondisi kesehatan yang bertujuan agar masyarakat pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginya, baik jasmani, rohani,maupun sosial
keselamatan kerja adalah sebagai keadaan terhindar dari bahaya selama melakukan pekerjaan.
Beberapa halyang perlu diperhatikan dalam kerja yang menggunakaan peralatan listrik, diantara lain sebagai berikut.
1, kebangkan sikap tanggung jawab atas keselamtan diri.
2,biasakan menjaga kebersihn di rea kerja dari kotoran/material
3,pakilh pakaian keselmatan kerja,tidak terllu longgar untuk menghindari terjerat mesin yang berputar
4,gunakan safety shoes
5,gunakan kacamata pada saat memakai peralatan dan perlengkapan yang menghasilkan scrap yang dapat membahayakan mata
6,gunakan pelindung telinga pada tempat yang bising
7,logam cincin ( pengantar listrik yang baik) sebaiknya tidak digunakan pada saat bekerja pada rangkaian yang berarus listrik
8,helem yang kuat dikenakan di tempat yang diaanjurkan
9,rmbutpanjang diikat/dipotong jika bekerja pada mesin

sekian dari kami mohon maaf jika ada kekurangan
wassalamu'alaikum wrb
Comtoh Soal
1.sebutkan aneka jenis produk rekayasa pembangkit lstrik sederhana?????
2.pembangkit listrik energy surya sering di sebut dengan isrilah..???
3.apa keuntungan pembangkit listrik tenaga surya???
4.sebutkan manpaat adanya produk rekayasa pembangkit listrik sederhana???
5.Pembangkit listrik energy angina dapat di kelompokkan ke dalam tiga kelompok sebutkan?
Full transcript