Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Motif Batik dan Teknik Jahit

No description
by

Sabrina Adiaty

on 7 November 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Motif Batik dan Teknik Jahit

Motif Batik di Indonesia
1. Motif Batik Parang
Motif batik ini sudah dikenal sejak Mataram Kartasura. Motif batik parang memiliki nilai filofosi yang tinggi berupa petuah agar tidak pernah menyerah sebagaimana ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik Parangpun menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga. Batik parang dimasa lalu merupakan hadiah dari bangsawan kepada anak-anaknya.
2. Motif Batik Geometri.
Motif Batik Geometris adalah motif-motif batik yang ornamen-ornamennya merupakan susunan geometris. Ciri ragam hias motif batik geometris ini adalah motif tersebut mudah dibagi-bagi menjadi bagian-bagian yang disebut satu “raport”.
4. Motif Batik Tumbuh-tumbuhan Menjalar
Motif ini memiliki makna bahwa kesinambungan antara manusia dan alam yang indah dan harmonis.
5. Motif Batik Tumbuh-tumbuhan air
Motif ini menggambarkan peran tumbuhan air dalam kehidupan manusia.
6. Motif Batik Bunga
Motif bunga dan daun secara sederhana berartikan suatu keindahan, kecantikan, dan kebahagiaan. Motif yang sederhana seperti dedaunan. Motif ini dapat berarti sebagai wahyu Tuhan untuk menggapai suatu cita-cita. Seperti kenaikan pangkat, penghargaan, kehidupan yang baik, dan rizki yang berlimpah.
7. Motif Batik Satwa dalam kehidupannya
Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Figur-figur binatang yang ada pada batik memiliki makna yang dalam dan berbeda-beda, misalnya figur burung yang menggambarkan suatu kebebasan, figur gajah yang memiliki arti kekuatan yang besar, dan lain sebagainya. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Ragam hias motif fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya.
3. Motif Batik Banji
Motif ini memiliki makna keteraturan dalam kehidupan atau kunci perhiasan yang terkunci rapat.
Teknik Menjahit
1. Teknik Tusuk Jelujur
Tusuk Jelujur adalah cara menjahit paling mudah, namun banyak digunakan. Tusuk jelujur banyak dipakai untuk membuat serutan atau menyatukan dua lembar kain untuk mempermudah sewaktu dijahit dan agar tidak bergerak saat proses penjahitan sedang berlangsung. Tusuk Jelujur mudah dilepaskan jika diperlukan.
2. Teknik Tusuk Rantai
3. Teknik Tusuk Tangkai
Teknik yang satu ini memiliki 12 variasi yaitu : tusuk rantai dasar, tusuk rantai kepang, tusuk rantai kabel, tusuk rantai kusut, tusuk rantai terbuka, tusuk rantai kelopak bunga, tusuk rantai hiasan mawar, tusuk rantai barisan mawar, tusuk rantai singalese, tusuk rantai berbelit, tusuk rantai telinga gandum, tusuk rantai zig-zag.
Tusuk Tangkai atau tusuk batang ini biasanya digunakan sebagai jahitan hiasan. Tusuk ini akan menghasilkan tusuk tangkai yang dilakukan tusukan maju dan tusukan mundur. Untuk membuat tusuk jahitan yang lebih besar bisa dilakukan dengan merapatkan jarak pada tusukan dan mengaitkan lebih banyak kain
4. Tusuk Balik
Tusuk balik sangat mudah dilakukan, pertama masukan jarum dari bagian bawah lalu tusukan ke arah kanan benang, lalu tembuskan jarum dari arah bawah ke bagian kiri benang. Lakukan seperti itu terus menerus.
5. Tusuk Balut
Tusuk balut bisa digunakan untuk menyelesaikan tiras kampuh sebagai pengganti tusuk feston. Tusuk ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua tepi yang dilipat dengan tusuk-tusuk yang jaraknya rapat.
6. Tusuk Flanel
Tusuk flanel bisa digunakan untuk melekatkan kain yang satu dengan bagian lainnya.
7. Tusuk Feston
Tusuk feston biasa digunakan untuk menyelesaikan tiras-tiras agar serat tidak keluar dari tipe guntingan. Tusuk ini dikerjakan dari arah kiri ke kanan. Benang baru selalu keluar pada sengkelit yang terakhir
8. Tusuk Tikam Jejak
Tusuk ini dipakai sebagai pengganti tusuk-tusuk mesin untuk menghubungkan dua helai kain.
@SabrinaAdiaty
sabrina.adiaty@yahoo.com
Full transcript