Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pemutih

No description
by

Faris Tandjung

on 5 November 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pemutih

Pencegahan efek samping
PEMUTIH
Pengertian
THANKS FOR YOUR ATTENTION
PENGARUH PENGGUNAAN PEMUTIH
Pemutih (Bleaching agent) adalah bahan-bahan kimia yang dapat digunakan untuk mengatasi kotoran yang membandel pada pakaian. Bahan aktif yang terkandung pada pakaian, antara lain natrium hipoklorit atau natrium perklorat. Namun, pemakaian pemutih yang terlalu sering dan berlebihan dapat menyebabkan pakaian cepat rusak. Ini disebabakan bahan aktif tersebut dapat merusak partikel-partikel dan serat-serat kain menjadi keras dan rapuh. Supaya pakaian tidak cepat rusak, sebaiknya pemakaian pemutih hanya bila diperlukan saja. Pemutih sebaiknya hanya digunakan jika penggunaan deterjen biasa tidak mampu mengangkat kotoran secara bersih. Perlu diketahui, pemutih pakaian dapat mengakibatkan memudarnya warna pada pakaian berwarna. Selain itu, pemakaian pemutih yang berlebihan juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Cara mengatasi limbah pemakaian pemutih hampir sama dengan penanggulangan limbah sabun dan deterjen.
Pencegahan yang dilakukan untuk menghindari efek samping dari penggunaan pemutih, antara lain
1. Hindari penggunaan jenis pemutih yang mengandung merkuri
2. Hanya menggunakan produk pemutih jika kotoran atau noda sulit dihilangkan oleh sabun/deterjen
Secara Bahasa:
1. orang yg memutihkan;
2. bahan atau obat yg dapat menjadikan kain (cucian) tampak cemerlang atau putih bersih;
3. yg dipakai untuk memutihkan atau menjadikan berwarna putih
Secara Istilah:
Pemutih adalah senyawa kimia yang biasa dipergunakan dan dimanfaatkan selain sebagai bahan pemutih pada bahan tertentu juga sebagai penghilang noda maupun desinfektan
By: Faris. Ebil dan Alyanida 9 Ibnu Rusyd
EFEK SAMPING PENGGUNAAN PEMUTIH
Penggunaan pemutih yang berlebihan selain dapat menyebabkan kerusakan juga berdampak negatif pada lingkungan. Jika air bekas cucian yang mengandung pemutih dibuang ke tanah maupun ke sungai-sungai dapat menyebabkan pencemaran air. Selain itu, dalam pemutih terkandung zat-zat aktif dan bahan-bahan yang bersifat korosif yang dapat membunuh bakteri menguntungkan dalam tanah. Akibatnya, kesuburan tanah dapat terganggu. Lebih luas lagi, pembuangan limbah yang mengandung pemutih akan menimbulkan pencemaran lingkungan baru. Khusus pemutih wajah yang ditawarkan melalui iklan-iklan, kita harus hati-hati dalam memilih maupun menggunakannya. Hal ini karena beberapa produk pemutih wajah dan tubuh terbukti mengandung logam berat merkuri (raksa). Pemutih yang mengandung merkuri jika digunakan secara terus-menerus dapat bersifat sebagai racun di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kanker (karsinogen)
By: Faris, Ebil dan Alyanida 9 Ibnu Rusyd
TUGAS BIOLOGI
JENIS PEMUTIH
1. Padat: Sebagai kalsium hipoklorit dengan rumus Ca(OCI)2. Ex: Kaporit Padat
2. Cair: Pemutih cair biasa disebut natrium hipoklorit (NaOCI). Pemutih cair umumnya juga mengandung alkyl sulphate, parfum (jika diperlukan) dan air.
BERDASARKAN WUJUDNYA:
BERDASARKAN KEGUNAANNYA:
1. Bahan Pemutih Pakain: Bahan pemutih pakaian adalah senyawa klorin, senyawa ini dapat mengoksidasi zat warna yang melekat pada pakaian sehingga pakain menjadi putih. Merk pemutih yang menggunakan bahan tersebut adalah Surfaktan, Anionic, Builder, Bayclin, So Klin, Surf dan lain-lain
2. Bahan Pemutih Kulit (Wajah): Bahan pemutih untuk wajah manusia biasanya digunakan para wanita agar wajahnya kelihatan lebih putih. Bahan pemutih untuk wajah sangat berbeda dengan bahan pemutih alumunium stearat merupakan salah satu contoh bahan pemutih kulit. Untuk pencegahan, gunakan pemutih wajah yang tidak mengandung merkuri.
3. Bahan Pemutih Gigi: Salah satu bahan kimia yang dipakai untuk memutihkan gigi adalah Hidrogen Peroksida = 10% dan Karbamid Peroksida 2%.
4. Bahan Pemutih makanan: Bahan Pemutih untuk makanan biasanya digunakan untuk memutihkan terigu, tepung sagu, tepung jagung, dan beras agar makanan yang dihasilkan kelihatan bersih dan tidak kusam warnanya. Beberapa contoh bahan pemutih makanan, yaitu Benzoil, Peroksida, Kalium Bromat, Kalsium Iodat, dan Asam Askorbat
Bahan Pemutih Wajah
9 Ibnu Rusyd
SMPIF Al Fikri
1. Berbagai merk produk pemutih wajah sekarang ini menjadi incaran. Krim pemutih bukan saja dicari oleh individu yang berpigmen sawo matang, tapi juga berpigmen cokelat.
2. Merk dari mulai seharga puluhan ribu hingga ratusan ribu, dari mulai yang terdaftar di badan POM, hingga merk yang belum teruji aman secara klinis.
3. Semuanya diburu demi tujuan mendapatkan wajah yang putih.
4. Hal ini karena dalam budaya tertentu, warna kulit terang dianggap memiliki keuntungan sosial
Tujuan Pemakaian
Berikut penjelasan detail tentang Bahan Pemutih Wajah
1. Bahan pemutih wajah yang dibuat dari campuran bahan-bahan kimia
2. Berpotensi memberikan efek negatif bagi penggunanya
3. Efeknya bukan membuat wajah menjadi putih, tapi malah sebaliknya bisa membuat wajah lebih rusak dari sebelumnya (rebound effects).
4. Selain itu dapat membahayakan organ tubuh (misalnya ginjal), serta bayi (bila sedang hamil atau menyusui).
5. Bukan wajah putih yang didapat tapi sebaliknya malah memperburuk kondisi konsumen itu sendiri.
Jenis
BAHAN PEMUTIH WAJAH BUATAN
1. Bahan pemutih wajah yang dibuat dari campuran/ramuan bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran.
2. Bahan-bahan pemutih alami tersebut di atas memberikan keuntungan lebih.
3. Salah satunya adalah tingkat resikonya yang rendah; karena bahan tersebut langsung berasal dari alam. Kemungkinan terjadinya efek samping yang negatif lebih kecil daripada yang menggunakan bahan kimia.
4. Selain itu, bahan-bahan alami ini pun akan membantu menghemat pengeluaran untuk kosmetik; karena harganya yang tidak semahal produk krim pemutih di pasaran, seklaigus mudah didapatkan.
Jenis
BAHAN PEMUTIH WAJAH ALAMI
1. Bengkoang: Buah berwarna putih bersih ini telah dikenal sebagai bahan pemutih yang manjur. Zat fenolik yang ada di dalamnya berkhasiat untuk menghambat terbentuknya melanin; sehingga pegmentasi yang disebabkan hormone atau sinar matahari (penyebab kulit menjadi gelap) pun bisa dicegah atau dikurangi.
2. Papaya: Selain dikenal sebagai buah penuh vitamin yang baik untuk kesehatan, papaya juga dapat digunakan sebagai pemutih wajah; dengan cara menghancurkan pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Beberapa mencampurnya dengan minyak almond.
3. Lemon: Kandungan vitamin C yang ada dalam lemon berfungsi untuk mencerahkan kulit, membuat kulit terlihat lebih bersih, memudarkan flek hitam, dan membuat kulit bebas dari kusam.
Buah-buahan Pemutih Wajah
Berikut ini beberapa ciri khas dari krim pemutih yang menggunakan bahan berbahaya seperti merkuri atau hydroquinon adalah:
1. Hasil yang didapatkan adalah wajah putih seperti porselein atau pucat
2. Dapat memutihkan kulit dalam waktu singkat
3. Krim berwarna agak mengkilat dan kadang baunya menyengat atau diberi parfum
4. Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari seperti terasa panas dan kadang timbul rasa sangat gatal saat awal-awal digunakan atau timbul iritasi
5. Jika dioleskan ke kulit yang sensitif, misalnya bagian lengan atau belakang leher maka akan terasa panas dan gatal
6. Jika pemakaian dihentikan akan timbul bintik atau flek hitam di kulit.
Bahan Pemutih yang Berbahaya
Full transcript