Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

TELAAH KRITIS ARTIKEL JURNAL

No description
by

Yudithia Dian Putra

on 21 November 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of TELAAH KRITIS ARTIKEL JURNAL

TELAAH KRITIS ARTIKEL JURNAL
Competitiveness In Higher Education: A Need For Marketing Orientation And Service Quality
Helena Štimac & Mirna Leko Šimic
Identitas
1. Judul Artikel : Competitiveness In Higher Education: A Need For Marketing Orientation And Service Quality
2. Nama Penulis : Štimac, Helena; Šimić, Mirna Leko
3. Tahun terbit : 2012, Vol. 5 Issue 2, p23
4. Nama Jurnal : Economics & Sociology Journal
5. ISSN/eISSN: 2071789X / 1268704687
6. Format dan Bahasa: Majalah/Jurnal dan e-journal/Inggris
7. Periode terbitan berkala : Quarterly (Empat Bulan)
8. Penerbit : Centre of Education Research (NGO) Alamat : P.O. Box 1314, Ternopil, Ukraine, Europe
FOKUS
1. Latar belakang Penelitian
2. Elemen yang mempengaruhi tingkat kepercayaan penelitian, yang terdiri dari 1) Gaya Penulisan; 2) Penulis; 3) Judul; dan 4) Abstrak.
3. Elemen yang mempengaruhi kekuatan penelitian, yang tediri dari 1) Masalah dan tujuan; 2) Kajian teori yang digunakan; 3) Metodologi Penelitian; dan 4) Data analisis/pembahasan temuan hasil penelitian;
Pertimbangan
Tema yang dipilih masih relevan dalam bidang manajemen pendidikan.
Penelitian dalam artikel dan tahun terbit jurnal relatif baru (2012) , diharapkan dapat diperoleh kesimpulan dan rekomendasi yang masih relevan untuk diterapkan saat ini.
Artikel termuat dalam salah satu jurnal internasional yang terindex Scopus yang direkomendasikan oleh DIKTI.
Teori dan Model dalam Bidang Studi
Yudithia Dian Putra
140132907046

“ Competitiveness In Higher Education: A Need For Marketing Orientation And Service Quality “
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harapan siswa pada saat pendaftaran di institusi pendidikan tinggi dan persepsi mereka tentang aspek yang berbeda dari kualitas layanan pendidikan yang diterima.

Dari 3 institusi pendidikan yaitu Tiga sekolah bisnis (Osijek, Kroasia - EFO, Ljubljana, Slovenia - FELU dan Szeged, Hongaria - GTK)

Serta mengukur kinerja organisasi dalam kualitas pelayanan
Teori yang digunakan
Definisi Pendidikan Tinggi,

Kualitas Layanan dalam organisasi Pendidikan,

dan Teori Pemasaran
Metode Penelitian
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif ;
Metode angket terstruktur yang dibuat sesuai dengan model SERVQUAL;
Dalam analisis data statistik deskriptif, analisis komparatif, korelasi, analisis multivariat dan analisis ANOVA
TELAAH KRITIS
Berdasarkan kutipan dari bagian pendahuluan di atas diketahui bahwa peneliti melihat perkembangan dunia global yang kompetitif, globalisasi ekonomi dan budaya telah menciptakan tantangan baru bagi sistem pendidikan tinggi karena memerlukan keterbukaan dan pertukaran pengetahuan global karena fakta bahwa pasar tenaga kerja semakin menjadi liberal. Saat ini di beberapa negara berkembang sangat menekankan pada perkembangan pendidikan, salah satunya adalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi perlu mengadopsi strategi pemasaran dan mulai memperhatikan tentang kualitas layanan agar bisa bersaing di pasar global.
Hasil Penelitian
Rendahnnya evaluasi kualitas layanan di perguruan tinggi
Penyerapan pasar tenaga kerja terdidik/lulusan masih sangat rendah
Peningkatan kualitas perencanaan dalam organisasi.
Pemasaran Kelembagaan
Kesimpulan
Ketiga lembaga diteliti memiliki potensi yang signifikan untuk peningkatan posisi daya saing mereka di pasar pendidikan tinggi. Mereka bertiga memiliki gambar yang sangat baik dan reputasi dalam lingkungan lokal masing-masing dan telah mengidentifikasi kekuatan organisasiseperti kualitas staf pengajar, sumber daya belajar, kerjasama dengan lembaga-lembaga sejenis, namun ancaman paling berbahaya bagi posisi pasar mereka adalah kompetisi, khususnya dari lembaga swasta pendidikan tinggi yang tampaknya lebih fleksibel dan berorientasi pasar.
Elemen yang mempengaruhi tingkat kepercayaan suatu penelitian
1. Gaya Penulisan : Sistematika penulisan telah tersusun dengan baik dan jelas mulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (konteks, tujuan penelitian, analisis, hasil, kesimpulan, dan kata kunci), pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan.

2. Penulis : Penulis dalam penelitian ini Helena Štimac dan Mirna Leko Šimić adalah Dosen Fakultas Ekonomi yang berasal Instusi yang sama yaitu EFO, Osijek, Kroasia (University Of Osijek Faculty Of Economics) yang merupakan salah satu kampus bisnis terbaik di Kroasia (http://www.eduniversal-ranking.com).
3. Judul : Judul penelitian cukup jelas, akurat, tidak ambigu, dan menggambarkan apa yang akan diteliti. Namun kekurangannya : belum memenuhi prinsip 5 W-1 H (When, Why, Who, Where, What, and How). Dan pada judul tidak dicantumkan tahun penelitian diadakan ataupun batasan tempat/obyek penelitian

4. Abstrak :
Kelebihan : menggambarkan secara jelas mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang didapatkan.
Kekurangan :
Jumlah kata dalam abstrak kurang dari 250 kata dan jurnal ini tidak memberikankan rekomendasi apa yg diberikan untuk penelitian selanjutnya, hal ini sangat penting untuk sebagai dasar rujukan penelitian selanjutnya. Selain itu pada abstrak belum memenuhi kaidah IMARC (Introduction, Metode, Analize, Result, Conclussion). karena metode dan analisa dalam abstrak tidak dicantumkan.
Elemen yang mempengaruhi kekuatan suatu penelitian
1. Masalah dan Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian sudah dijelaskan secara rinci dalam jurnal. Laporan penelitian telah mengikuti langkah-langkah yang seharusnya yaitu : dimulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan, dan kata kunci), pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan citation.

2. Kajian Teori
Penyusunan literatur atau kajian teori kurang terorganisir dengan logis. Penulisan jurnal belum menggunakan analitis kritis berdasarkan literatur yang ada dengan membandingkan temuan-temuan pada penelitian sebelumnya dengan hasil yang didapatkan oleh penulis. Literatur yang digunakan hanya sekitar 50 % literatur terbaru yang berasal dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya
Untuk teori yang dijadikan kata kunci penelitian yaitu, kualitas layanan dan manajemen pemasaran terbatas pada salah satu tokoh/pendapat.
Penelaah menawarkan alternatif dalam penggunaan literatur kualitas layanan Penerapan sistem layanan jasa secara bermutu dapat menggunakan teori Sevice Quality Satisfaction berpangkal dari teori manajemen mutu terpadu (Total Quality Management).
Analisis Kualitas Pelayanan atau Service Quality (akronimnya SERVQUAL) adalah suatu metode desktiptif guna menggambarkan tingkat kepuasan pelanggan. Metode ini dikembangkan tahun 1985 oleh A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, dan Leonard L yang lebih sesuai terhadap penelitian ini, dengan 5 dimensi utama yaitu , RATER ( Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness.
Teori pemasaran dapat ditawarkan menggunakan teori Bauran pemasaran ialah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasarannya (Kotler 1984). 4 P, a) Product (produk); b) Price (harga) c) Place (tempat) ;d) Promotion (promosi).
Penggunaan teori diatas bisa digunakan dalam bidang industri ataupun pendidikan (jasa)
Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif menurut penelaah telah sesuai dengan tujuan penelitian, terutama penelitian ini adalah penelitian analisa komparatif multi situs dengan sampel tiga (3) institusi pendidikan di 3 negara di Eropa Timur yaitu Osijek, Kroasia - EFO, Ljubljana, Slovenia - FELU dan Szeged, Hongaria - GTK).
Instrumen yang digunanakan adalah kuesioner, berdasarkan tujuan dari penelitian dan informasi apa yang ingin dikumpulkan menurut penelaah instrumen yang digunakan sudah sesuai.
Pengujian reliability dan validitas instrumen sudah dijelaskan dalam penelitian ini yaitu angket/kuisioner
Namun karena tujuan khusus lain penelitian ini merupakan penelitian multi-budaya adalah untuk menentukan apakah ada perbedaan spesifik di berbagai negara. Penelaah menawarkan penggunaan 5 (lima) pendekatan kualitatif creswell yang terdiri dari Biografi, Etnografi, Fenomenologi, Studi Kasus dan Grounded Theory. Dapat mengungkap masalah lebih dalam dibandingkan dengan mengunakan pendekatan kuantitatif, khususnya pada penelitian ini.
Data analisis dan hasil penelitian
Hasil Penelitian dalam penelitian ini sudah dapat disimpulkan bahwa tujuan dari penelitian sudah tercapai.
Kekurangan penelitian ini adalah bahwa penelitian hanya dilakukan pada tiga institusi dari 3 negara yang berbeda. Sehingga kurang dapat mengungkap faktor-faktor lain yang mungkin bisa menjadi salah satu variable yang relevan dalam penelitian ini.
Selain itu perlu ditambahkannya framework penelitian dalam artikel ini, agar langkah-langkah penelitian dapat tergambarkan dengan baik.
KESIMPULAN
Kelebihan dalam penelitian ini secara umum antara lain adalah isi kesimpulan peneliti merupakan jawaban dari tujuan penelitian dan menggunakan metodologi yang tepat,selain itu kesimpulan yang ditawarkan cukup ringkas dan jelas.
Kekurangannya adalah peneliti kurang memberikan rekomendasi kepada instansi terkait yang berhubungan dengan penelitiannya dan tidak mencantumkan saran yang merupakan harapan peneliti. Menurut penelaah rekomendasi sebaiknya diberikan kepada peneliti selanjutnya mengenai variabel-variabel apa yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Pemilihan ketiga sampel atau perguruan tinggi dalam penelitian ini juga tidak diberikan penjelasan yang logis dan ilmiah, terlebih obyek penelitiannya adalah perguruan tinggi, dimungkinkan untuk memberi penjelasan atas alasan dipilihnya lembaga/institusi dalam penelitian ini karena terdiri dari 3 negara yang berbeda tentunya akan ada diferensiasi, baik secara kultur ataupun secara etik
Masukan untuk peneliti untuk dimensi service quality sebenarnya ada beberapa kajian yang dapat dijadikan pertimbangan antara lain Dimensi dari kualitas pelayanan yang telah dijabarkan oleh para ahli terdahulu,
Kemudian dikelompokkan dan disimpulkan ulang oleh Parasuraman, Zeithaml dan Berry (2009) menjadi lima dimensi yang digunakan sebagai tolak ukur dalam menentukan kualitas pelayanan dalam organisasi, yaitu sebagai berikut: Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness
Daftar Pustaka

Irawan, Handi.2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler,Philip.,1997. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy.,2010. Total Quality Manajement Organization. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syamsi, 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Siswa Bimbingan Belajar Al Qolam. Jurnal Manajemen dan Ekonomi, Volume V, p. 23-30.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. (Alih Bahasa: Alexander Sindoro). Jakarta: Prenhallindo.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., dan Berry, L.L. 1991. Refinement and Re-assessment of The Servqual Scale. Journal of Retailing, 67, Winter, 420-450. Dari CD-ROM.
Meskipun ditemukan berbagai kekurangan dan kelebihan dalam penelitian tersebut, namun penelitian tersebut telah memberikan kontribusi positif pada kemajuan dan pengembangan di bidang manajemen khususnya dalam pendidikan.
Full transcript