Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Tugas Perbedaan Sistem Pemerintahan Inonesia dengan negara lain

No description
by

Fahmi Fakhruddin

on 15 August 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Tugas Perbedaan Sistem Pemerintahan Inonesia dengan negara lain

Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia dengan Negara lain
SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA

Indonesia pernah menerapkan sistem pemerintahan  presidensial dan parlementer. Kedua sistem pemerintahan ini memiliki perbedaan dan kelebihan serta kelemahan masing-masing.

Sistem Pemerintahan dari Awal Kemerdekaan
Ciri-ciri dari sistem pemerintahan parlementer
Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer :

1.Kedudukan badan eksekutif/kabinet sangat tergantung pada mayoritas dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu kabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen.

2.Kelangsungan kedudukan badan eksekutif atau kabinet tidak bias ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu-waktu kabinet dapat bubar.

3.Kabinet dapat mengendalikan parlemen. Hal itu terjadi apabila para anggota kabinet adalah anggota parlemen dan berasal dari partai meyoritas. Karena pengaruh mereka yang besar diparlemen dan partai, anggota kabinet dapat mengusai parlemen.


4.Parlemen menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif. Pengalaman mereka menjadi anggota parlemen dimanfaatkan dan manjadi bekal penting untuk menjadi menteri atau jabatan eksekutif lainnya

Sistem pemerintahan Amerika Serikat didasarkan atas konstitusi (UUD) tahun 1787. Namun konstitusi tersebut telah mengalami beberapa kali amandemen. Amerika Serikat memiliki tradisi demokrasi yang kuat dan berakar dalam kehidupan masyarakat sehingga dianggap sebagai benteng demokrasi dan kebebasan. Sistem Pemerintahan Amerika Aerikat yang telah berjalan sampai sekarang diusahakan tetap menjadi sistem pemerintahan demokrasi.
Sistem pemerintahan yang dianut ialah demokrasi dengan sistem presidensial. Sistem presidensial inilah yang selanjutnya dijadikan contoh bagi sistem pemerintahan negara-negara lain, mekipun telah mengalami pembaharuan sesuai dengan latar belakang negara yang bersangkutan .
Pokok-pokok Sistem Pemerintahan Amerika Serikat

Sistem Pemerintahan Amerika Serikat
Adanya pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif, legislatif dan yudikatif. Antara ketiga badan tersebut terjadi cheks and balances sehingga tak ada yang terlalu menojol dan diusahakan seimbang
Kekuasaan eksekutif dipegang oleh presiden. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dan wakil presiden dipilih dalam satu paket(ticket) oleh rakyat secara langsung. Dengan demikian, presiden tak bertanggung jawab kepada kongres (parlemenya amerika Serikat) tetapi pada rakyat. Presiden membentuk kabinet dan mengepali badan eksekutif yang mencakup departemen ataupun lebaga non departemen
Kekuasaan legislatif berada pada parlemen yang disebut kongres. Kongres terdiri atas 2bagian (bikameral), yaitu senat dan badan perwakilan (The house of Representative). Anggota senat adalah perwakilan dari tiap negara bagian yang dipilih melalui pemilu oleh rakyat dinegara bagian yang bersangkutan. Tiap negara bagian punya 2 orng wakil. Jadi terdapat 100 senator yang terhimpun dalam The Senate of United State. Masa jabatan senat adalah enam tahun. Akan tetapi dua pertiga anggotanya di perbaharui tiap 2 tahun. Badan perwakilan merupakan perwakilan dari rakyat Amerika Serikat yang dipilih langsung untuk masa jabatan 2 tahun.

Kekuasaan yudikatif berada pada Mahkamah Agung (Supreme court) yang bebas dari dua badan lainya. Mahkamah agung menjamin tegaknya kebebasan dan kemerdekaan individu serta tegaknya hukum
Amerika Serikat adalah negara republik dengan bentuk federasi (federal) yang terjadi atas 50 negara bagian. Pusat pemerintahn berada di Washington dan pemerintahan negara bagian(state). Adanya pembagian kekuasaan untuk pemerintahan federal yang memiliki kekuasaan yang di delegasikan konstitusi. Pemerintah negara bagian memiliki semua kekuasaan yang tidak didelegasikan kepada pemerintahan federal


Britania Raya memiliki sistem pemerintahan parlementer yang berlandaskan pada sistem Westminster yang telah ditiru di seluruh dunia sebagai warisan dari Imperium Britania. Parlemen Britania Raya yang bersidang di Istana Westminster terdiri dari dua kamar (dewan), yaitu Dewan Rakyat (House of Commons) yang beranggotakan anggota terpilih, dan Dewan Pertuanan (House of Lords) yang beranggotakan anggota terlantik. Setiap Rancangan Undang-Undang (RUU) yang disahkan membutuhkan Persetujuan Kerajaan (Royal Assent) supaya bisa menjadi undang-undang baru.

SISTEM PEMERINTAHAN INGGRIS

PERBANDINGAN SISTEM PEMERINTAHAN

Indonesia adalah negara republik presidensial multipartai yang demokratis.
Sistem pemerintahan didasarkan pada TriasPolitika, yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif.
Kekuasaan legislatif dipegang oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.
MPR adalah lembaga bikameral yang terdiri atas Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah.
Eksekutif berpusat pada Presiden, Wakil Presiden, dan Kabinet.
Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidensial sehingga para menteri bertanggungjawab kepada Presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen.

Inggris
Inggris adalah negara kesatuan dibawah monarki konstitusional dengan sistem desentralisasi.
Inggris adalah salah satu dari empat negara yang memiliki konsitusiti dakterkode (uncodifiedconstitusion).
Sistem pemerintahan Inggris adalah parlementer, berpusat di Istana Westminster.
Memiliki dua Majelis (Houses), yaitu Houses of Commons dan Houses of Lords.
House of Commons adalah badan perwakilan rakyat yang anggota-anggotanya dipilih oleh rakyat di antara calon-calon dari partai politik.
House of Lords adalah perwakilan yang berisi para bangsawan berdasarkan keturunan.
Posisi PerdanaMenteri Inggris dipegang oleh seseorang yang dipercayai mayoritas House of Commons. Biasanya seorang pemimpin dari partai politik terbesar di majelis tersebut.

Amerika Serikat

Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Presiden.

Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden dan wapres dipilih melalui pemilu, sehingga tidak bertanggung jawab pada Kongres.

Kekuasaan yudikatif berada pada Mahkamah Agung (Supreme Court) yang bebas dan merdeka.



Pembangunan sistem pemerintahan di Indonesia juga tidak lepas dari hasil mengadakan perbandingan sistem pemerintahan antarnegara. Sebagai negara dengan sistem presidensial, Indonesia banyak mengadopsi praktik-praktik pemerintahan di Amerika Serikat. Misalnya, pemilihan presiden langsung dan mekanisme cheks and balance. Dengan demikian, sistem pemerintahan suatu negara dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan atau model yang dapat diadopsi menjadi bagian dari sistem pemerintahan negara lain
KESIMPULAN

Sistem Pemerintahan Indonesia pada waktu awal kemerdekaan menganut sisten pemerintahan presidensil.
Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 maka Presiden memiliki kekuasaan tertinggi dan dibantu oleh menteri-menteri sebagai pembantu presiden yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Pada tanggal 12 September 1945 dibentuklah Kabinet Presidensial( Kabinet RI I) dengan 12 departemen dan 4 menteri negara. Selain itu wilayah Indonesia yang begitu luas dibagi menjadi 8 provinsi dan 2 daerah istimewa yang masing-masing wilayah dipimpin oleh gubernur.

KELOMPOK 5
- Bondan Wicaksono
- Lathifah Taza A.
- Lucky Dwi Cahya
- M.Jamaluddin As'ad
- M.Rinaldy

TERIMA KASIH
Full transcript