Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Perkembangan IPTEK Setelah Perang Dunia

No description
by

nurin rk

on 20 November 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Perkembangan IPTEK Setelah Perang Dunia

Perkembangan IPTEK Setelah Perang Dunia
Latar Belakang
PERANG DINGIN
Perang Dingin (Cold War) ditandai dengan pembagian blok yang kentara antara Blok Timur pimpinan Uni Soviet yang berhaluan
komunis
dengan blok Barat pimpinan Amerika Serikat yang menganut
kapitalisme
. Hubungan internasional pada kurun waktu sejak berakhirnya Perang Dunia II tak lepas dari kerangka Perang Dingin.
Antara Perang Dingin dan TI
ANTARA PERANG DINGIN dan TI
Pada masa perang dingin ada beberapa hal yang mempunyai kaitan erat dengan perkembangan teknologi dan informasi,dan beberapa hal tersebut memunculkan rivalitas antara dua pihak utama yang berseteru dalam perang dingin .Tapi rivalitas itu tidak selalu membawa kerugian .Berikut adalah beberapa bentuk rivalitas dalam perang dingin :


Kegiatan Spionase
Kegiatan Spionase (mata-mata) tercermin dari tindakan yang dilakukan oleh agen spionase kedua belah pihak yaitu antara KGB dan CIA. KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti) merupakan dinas intelegen sipil atau dinas rahasia Uni Soviet sedangkan CIA (Central Intelligence Agency) yang merupakan dinas rahasia Amerika Serikat yang bertugas untuk mencari keterangan tentang negara-negara asing tertentu.
Kesimpulan
Kemajuan IPTEK setelah Perang Dunia II sangat dipengaruhi oleh perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. kedua belah pihak saling berlomba-lomba terutama dalam bidang militer. walaupun banyak negara yang mengikuti gerakan Non-Blok, termasuk Indonesia. dampak positif yaitu kemajuan teknologi akhirnya mendunia.
Karena untuk meningkatkan gengsi negara mereka maka mereka sama-sama berlomba untuk meluncurkan roket ke luar angkasa. Hasilnya, kita semua menjadi tahu bahwa sebenarnya kita ada pada tata surya apa
Luar Angkasa
Teknologi modern mempunyai tujuan-tujuan nasional pada wilayah ideologi, militer, ataupun ekonomi dan bentuk kesadaran nasional untuk menggali sumber-sumber alam yang ada. Ini juga bertujuan untuk mewujudkan produksi barang dengan skala yang besar.
Perlombaan Teknologi
Contoh: tank
CIA - Amerika
KGB - Rusia
Teknologi nuklir mengalami perkembangan yang sangat cepat. Dampak yang terjadi antara uranium dan plutonium dalam suatu reaktor ternyata menimbulkan energi yang sangat luar biasa. Setelah perang berakhir teknologi nuklir dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk memenuhikebutuhan masyarakat, misalnya untuk menggerakan turbin bagi PLTN,menggerakan mesin kapal terutama kapal selam, serta bahan bakar untukpesawat ruang angkasa penjelajah alam semesta.
Nuklir
PLTN
Tahapan ini dia diawali oleh kosmonot Rusia Yuri Gagarin,pada tanggal 12 april 1961 dalam pesawat vostok I. Penerbangan ini memperhatikan penguasaan masalah yang dapat membawa pesawat dan awaknya ke atmosfer bumi, yaitu awak pesawat yang berjalan di luar angkasa.
Program pesawat angkasa berawak
ARPANET dibawah departemen pertahanan DARPA (defence advence research protect agency) mempromosikan ilmu komputer dan pemrosessan informasi dalam pemusatan informasi.
Internet
Rekayasa Genetika
Ilmu kedokteran yang digunakan untuk perang juga mengalami perkembangan sangat cepat. Penemuan obat dan prosedur medis modern telah diterapkandalam perang dunia II, karena banyaknya korban yang berjatuhan di kedua belah pihak yang bertikai. Ilmu tentang kejiwaan manusia digunakan untuk membuat seorang prajurit tidak mengenal takut dan lelah demi bangsa dan negara. Teknik rekayasa genetika digunakan untuk membuat seorang prajurit lebih hebat dan kuat di medan perang.
Kelompok 7 : XII IA 1
Nurin R Kinanthi
Tiara Maharani Bulqis Y
Tanti Rachmawati
Full transcript