Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pengembangan Karier

No description
by

dede rusmana

on 21 April 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pengembangan Karier

Pengembangan Karier
Ranah Pengembangan Guru
Menurut Danim (2012: 46), tugas utama guru sebagai pendidik profesional adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Tugas utama itu akan efektif jika guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu dan norma etik tertentu.
Di dalam UU Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru dibedakan antara pembinaan dan pengembangan kompetensi guru yang belum dan yang sudah berkualifikasi S-1 atau D-IV. Pengembangan dan peningkatan kualitas akademik bagi guru yang belum memenuhi kualifikasi S-1 atau D-IV dilakukan melalui pendidikan tinggi program S-1 atau program D-IV pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan tenaga kependidikan dan/atau program pendidikan nonkependidikan.
Jenis pembinaan dan pengembangan kompetensi guru dan jenis Pembinaan dan pengembangan profesi guru
Ranah Pengembangan Karier
Karir mengacu pada aktivitas dan posisi yang ada dalam kecakapan khusus, jabatan, dan pekerjaan/ tugas dan juga aktivitas yang diasosiasikan dengan masa kehidupan kerja seorang individu. Sedangkan pengembangan karir mengacu pada proses pengembangan keyakinan dan nilai, keterampilan dan bakat, minat, karakteristik kepribadian, dan pengetahuan tentang dunia kerja sepanjang hayat (Sigit, A., 2003: 34).
Pembinaan dan pengembangan karir guru terdiri dari tiga ranah, yaitu penugasan, promosi, dan kenaikan pangkat
1. Penugasan
2. Promosi
3. Kenaikan Pangkat
1. Penugasan
Guru terdiri atas tiga jenis, yaitu guru kelas, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan dan konseling. Dalam rangka melaksanakan tugasnya, guru melakukan kegiatan pokok yang mencakup: merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, dan melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru.

2. Promosi
Kegiatan pengembangan dan pembinaan karir yang kedua adalah promosi. Promosi dimaksud dapat berupa penugasan sebagai guru pembina, guru inti, instruktur, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan sebagainya. Kegiatan promosi ini harus didasari atas pertimbangan prestasi dan dedikasi tertentu yang dimiliki oleh guru.

3. kenaikan Pangkat
Unsur utama kegiatan yang dapat dinilai sebagai angka kredit dalam kenaikan pangkat guru terdiri atas: (a) pendidikan, (b) pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah, dan (c) pengembangan keprofesian berkelanjutan ( PKB)
2) Publikasi ilmiah
a. Presentasi pada forum ilmiah
b. Publikasi ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan ilmu bidang pendidikan formal.

3) Karya inovatif
Karya inovatif adalah karya bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan seni.
2. Unsur Penunjang
Unsur penunjang tugas guru adlaah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas utamanya sebagai pendidik.
a. Memperoleh gelar/ ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya.
b. Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas
c. Memperoleh penghargaan/ tanda jasa

Tabel Jumlah minimum angka kredit pada kegiatan PKB untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat pada setiap pangkat/jabatan guru. (Daryanto, 2013: 221-222)
Full transcript