Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PERBANDINGAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA DENGAN AMERIKA SERIKAT

No description
by

Ananda Setyani

on 17 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PERBANDINGAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA DENGAN AMERIKA SERIKAT

PERBANDINGAN PELAKSANAAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA DENGAN AMERIKA SERIKAT
PENDAHULUAN
PERBANDINGAN LEMBAGA EKSEKUTIF
(INDONESIA)
Kekuasaan eksekutif ada pada Presiden, baik sebagai kepala negara maupun sebagai kepala pemerintahan
Presiden sewaktu-waktu dapat diberhentikan oleh MPR atas usul DPR. Jadi, DPR tetap memiliki kekuasaan mengawasi presiden meskipun secara tidak langsung.
Presiden dalam mengangkat pejabat negara perlu pertimbangan dan/atau persetujuan DPR. Contohnya dalam pengangkatan Duta untuk negara asing, Gubernur Bank Indonesia, Panglima TNI dan kepala kepolisian.
Presiden dalam mengeluarkan kebijakan tertentu perlu pertimbangan dan/atau persetujuan DPR. Contohnya pembuatan perjanjian internasional, pemberian gelar, tanda jasa, tanda kehormatan, pemberian amnesti dan abolisi.
Sistem pemerintahan NKRI berdasarkan UUD 45 adalah sistem presidensial kabinet.

Dengan sistem pemerintahan ini, baik para penyelenggara negara maupun rakyat tentu telah merasa sesuai.
BERIKUT INI KITA AKAN MELIHAT BAGAIMANA SISTEM PERBANDINGAN PEMERINTAHAN DI INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT
PERBANDINGAN BENTUK PEMERINTAHAN
INDONESIA

BENTUK PEMERINTAHAN ADALAH REPUBLIK, DENGAN SISTEM PEMERINTAHAN ADALAH PRESIDENSIAL
AMERIKA SERIKAT
BENTUK PEMERINTAHAN ADALAH FEDERASI, SISTEM PEMERINTAHAN ADALAH PRESIDENSIIL
PERBANDINGAN LEMBAGA EKSEKUTIF (AMERIKA SERIKAT)
Kekuasaan eksekutif dipegang oleh presiden (disebut sebagai Chief Executive) dengan masa jabatan 4 tahun dan dapat diperpanjang menjadi 8 tahun
Presiden berkedudukan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dan wakil presiden dipilih dalam satu paket (ticket) oleh rakyat secara langsung.
Presiden tak bertanggung jawab kepada kongres (parlemennya Amerika Serikat) tetapi pada rakyat. Ia juga tidak dapat membubarkan kongres begitu pula kongres tidak bisa memberhentikan presiden
Presiden membentuk kabinet dan mengepalai badan eksekutif yang mencakup departemen ataupun lembaga non departemen
Presiden memiliki wewenang untuk mem-veto suatu RUU yang telah diterima oleh kongres. Namun jika rancangan tsb diterima dengan mayoritas 2/3 dalam setiap majelis, maka veto presiden dianggap batal
PERBANDINGAN LEMBAGA LEGISLATIF
(INDONESIA)
Kekuasaan legislatif ada pada DPR yang memiliki tugas membuat UU dan mengawasi jalannya pemerintahan
Parlemen terdiri atas 2 bagian (bikameral) yaitu DPR dan DPD
Amandemen UUD 1945 menyuratkan kekuasaan membentuk Undang-undang Dasar ada di tangan DPR (bukan MPR lagi). Sebab itu, Indonesia kini menganut separation of power (pemisahan kekuasaan).
Mengubah dan menetapkan Undang-undang Dasar
Melantik Presiden dan Wakil Presiden
Memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden dalam masa jabatan menurut Undang-undang Dasar.

PERBANDINGAN LEMBAGA LEGISLATIF
(AMERIKA SERIKAT)
Kekuasaan legislatif berada pada parlemen yang disebut kongres. Kongres terdiri atas 2 bagian (bikameral), yaitu Senat dan Badan Perwakilan (The House of Representative). Anggota Senat adalah perwakilan dari tiap negara bagian yang dipilih melalui pemilu oleh rakyat di negara bagian yang bersangkutan. Tiap negara bagian punya 2 orang wakil. Jadi terdapat 100 senator yang terhimpun dalam The Senate of United State. Masa jabatan Senat adalah enam tahun. Akan tetapi dua pertiga anggotanya diperbaharui tiap 2 tahun.
Konstitusi memberikan banyak kekuasaan bagi Kongres. Termasuk kekuasaan untuk memungut dan mengumpulkan pajak; untuk menggulirkan uang dan nilainya; memberikan hukuman bagi pemalsuan; membuat pengadilan federal yang menjadi bagian dari Mahkamah Agung, mendefinisikan dan menghukum pembajakan dan kejahatan besar, menyatakan perang, dll.
PERBANDINGAN LEMBAGA YUDIKATIF
(INDONESIA)
Kekuasaan Yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya, yaitu pengadilan tinggi dan pengadilan negeri serta sebuah Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial
Mahkamah Agung – sesuai Pasal 24A UUD 1945 – memiliki kewenangan mengadili kasus hukum pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang, dan mempunyai wewenang lain yang diberikan oleh undang-undang.
Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir (sifatnya final) atas pengujian undang-undang terhadap UUD 1945, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum. Mahkamah Konstitusi juga wajib memberikan putusan atas pendapat DPR bahwa Presiden/Wapres diduga telah melakukan pelanggaran hukum berupa penkhianatan terhadap negara, korupsi, tindak penyuapan, tindak pidana berat atau perbuatan tercela.
Komisi Yudisial memiliki wewenang mengusulkan pengangkatan Hakim Agung kepada DPR dan menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat serta menjaga perilaku hakim
PERBANDINGAN LEMBAGA YUDIKATIF
(AMERIKA SERIKAT)

Mahkamah Agung adalah pengadilan tertinggi di dalam sistem peradilan federal. Ia berurusan dengan perkara-perkara yang berhubungan dengan Pemerintah Federal, sengketa antar-negara bagian, dan tafsiran Konstitusi Amerika Serikat, dan dapat mendeklarasikan bahwa legislasi atau tindakan eksekutif yang dibuat pada pemerintah pada tingkatan manapun sebagai tidak konstitusional,
Terpisah dari sistem peradilan federal, tetapi tidak sepenuhnya mandiri, Pengadilan Distrik adalah sistem peradilan individual tiap-tiap negara bagian, masing-masing berkenaan dengan undang-undangnya sendiri (setingkat dengan Peraturan Daerah Provinsi di Indonesia) dan memiliki peraturan dan prosedur peradilan sendiri-sendiri.
Pengadilan Tertinggi Negara Bagian adalah otoritas terakhir yang dapat menafsirkan konstitusi dan undang-undang negara bagian di suatu negara bagian.
NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
1. ALLATIFU WIRASELARAS
2. ANANDA NABILA S
3. ANNISA ANGGIARDINI
4. MARSYA KHAIRUNNISA
5. HANA MUFIDA NAUFAL
6. M PRADIPTO
TUGAS PKN INI DIMUAT OLEH PESERTA DIDIK KELAS XII
SMAN 66 JAKARTA
ADA YANG INGIN BERTANYA ATAU MENANGGAPI?
Full transcript