Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Hidup untuk Membiara

No description
by

Natasha Olivia

on 11 February 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Hidup untuk Membiara

Hidup untuk Membiara
Pengertian dan Makna Kaul-Kaul
Persatuan yang erat dengan Kristus bagi orang yang memilih hidup membiara dilakukan dengan mengucapkan dan menghayati tiga janji/kaul dalam hidupnya.
Pengertian dan Makna Kaul-Kaul
Kaul Ketaatan

Dengan kaul ketaantan, seseorang memilih hidup seperti Yesus, yaitu taat sampai mati melaksanakan karya keselamatan yang ditugaskan kepada-Nya.
Apa yang dimaksud dengan Hidup untuk Membiara?
Ketika memasuki usia remaja, ia bergabung dalam kelompok pemuda jemaat lokalnya yang bernama Sodality. Melalui keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan, ia menjadi tertarik dalam hal misionari.


Ia kemudian bergabung dengan Institute of The Virgin Mary, sebuah komunitas yang terkenal dengan pelayanannya di India.
Tantangan dalam Hidup Membiara
Inti Hidup Membiara
Kaul ketaatan mungkin adalah tantangan terbesar daripada kedua kaul yang lain. Ketaatan menjadi sebuah tantangan ketika seorang religius memang sulit mensyukurinya. Ia merasa tertekan dengan beban yang mengikat sebab ia tidak bisa bertindak sesukanya.
Lahir dengan nama Agnes Gonxha Bojaxhiu yang kemudian dikenal dengan nama "Bunda Teresa"

Berbagai ragam bentuk pengabdian kepada Tuhan antara lain berusaha hidup sesuai dengan ajaran kitab suci, berusaha selalu hidup baik dengan berbuat banyak kebajikan. Namun sebagian masyarakat mewujudkan pengabdiannya dengan bentuk penyerahan diri ke pada Tuhan seutuhnya, yakni hidup sebagai Biarawan/ Biarawati, Frater dan Bruder.
Inti hidup membiara seturut ajaran Gereja Katolik adalah persatuan dan keakraban dengan Kristus. Oleh karena itu, semboyan hidup membiara adalah mengikuti jejak Tuhan kita Yesus Kristus
Dalam hal ini, pekerjaan, tanggung jawab lain dan karir yang dibangun hanyalah sekedar soal tambahan.
Mengikuti Kristus dalam hidup membiara berarti meneladan bentuk kehidupannya sehingga berusaha sungguh bersatu dan menyerupai Kristus sendiri.
Kaul Kemiskinan

Orang yang memilihp membiara dengan rela harus melepaskan hak untuk memiliki harta benda tersebut. Dasar dari kaul kemiskinan adalah perintah Yesus untuk tidak bergantung pada harta. Kemiskinan yang dimaksud adalah untuk hidup dengan gaya yang sederhana.
Kaul Keperawanan

Intinya adalah tidak berkeluarga, melainkan menyerahkan secara penuh kepada Kristus, yang dinyatakan dengan meninggalkan segala-galanya demi Kristus dan terus berusaha mengarahkan diri kepada Kristus.
Dalam hidup membiara ada banyak anggota yang terpanggil dari berbagai daerah. Adapun perbedaan yang kerap menjadi persoalan ialah watak dan kepribadian seorang religius, latar belakang keluarganya dan status sosial, kebudayaan dan riwayat hidupnya, bahkan intelektualitas.
Lahir di Skopje, Kerajaan Ottoman, Yugoslavia, pada tanggal 26 Agustus 1910.
Tampaknya hal inilah yang kemudian berperan dalam dirinya sehingga pada usia tujuh belas, ia merespons panggilan Tuhan untuk menjadi biarawati misionaris Katolik.
Melihat kondisi sekitarnya dalam keadaan miskin dan terlantar saat mengajar di Kalkuta, akhirnya ia menulis surat ke Roma dan Paulus Pius XII pun menjadikannya sebagai biarawati "bebas" dan tidak terikat pada ordo tertentu.
Pada tanggal 7 Oktober 1950, Missionary of Charity pun didirikan di Kalkuta.
"Berbahagialah Anda yang hatinya diketuk oleh Roh Kudus untuk terpanggil menyerahkan seluruh hidup Anda bagi Tuhan. Ini akan merupakan suatu berkat tersendiri bukan hanya bagi diri Anda yang terpanggil tapi bagi seluruh keluarga dan teman-teman Anda karena sebetulnya ini adalah karunia."
THANK YOU!
Andrew | Eka | Natasha | William 12K
Full transcript