Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Perubahan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ke Zona Nilai Tanah

No description
by

Qintan Hayyu

on 22 March 2017

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Perubahan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ke Zona Nilai Tanah

SARAN
1. Pengadaan dan pemerataan suatu aplikasi atau program yang mampu menghitung dan mengelola pajak kendaraan bermotor, baik pajak tahunan maupun lima tahunan.
Contoh Kasus
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menginginkan Zona Nilai Tanah (ZNT) sebagai acuan harga jual tanah. Hal itu dilakukan seiring rencana penghapusan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang jarang digunakan sebagai landasan jual beli. Gagasan penghapusan NJOP dan PBB ini kemudian bergulir dengan kencangnya.
Perbandingan dengan negara lain
Penggunaan ZNT merupakan penilaian harga tanah dengan menggunakan basis area (area based assesement). Penilaian berbasis area ini pada umumnya digunakan di Negara-negara Eropa Timur dan Eropa Tengah. Hal ini disebabkan karena tidak tersedianya harga pasar property dan belum berkembangnya pasar real etate di Negara-negara tersebut.
Analisis
PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN
Pemutihan pajak kendaraan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh negara guna menertibkan para wajib pajak yang telah lama tidak membayarkan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan dengan cara tidak atau menghapus beban denda keterlambatan pembayaran selama periode tertentu.
Perubahan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ke Zona Nilai Tanah (ZNT)

Kelemahan NJOP
1. Kepastian harga tanah tidak ada
ZNT (Zona Nilai Tanah) baik digunakan dalam menentukan nilai tanah PBB karena ZNT jauh lebih mendekati harga kepantasan. Karena pemerintah ingin menghadirkan kepastian nilai jual tanah. Selain itu, agar pemerintah dapat mengendalikan harga tanah di Indonesia.
Peraturan Daerah tentang Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor
Jika NJOP dihapus, lalu instrumen apa yang dijadikan sebagai parameter penentuan harga tanah?
2. Tingginya harga jual rumah yang berkali lipat dari harga tanahnya
3. Landasan NJOP dinilai cukup merisaukan masyarakat
Keuntungan Penggantian NJOP menjadi ZNT
1. ZNT akan jauh lebih mendekati harga kepantasan (tanah).
2. Agar pemerintah dapat mengendalikan harga tanah di Indonesia
Sehingga penggunaan ZNT selain dapat digunakan untuk memberikan informasi perpajakan juga akan dapat dimanfaatkan untuk :
1. penentuan tarif dalam pelayanan pertanahan;
2. referensi masyarakat dalam transaksi;
3. penentuan ganti rugi;
4. inventori nilai asset publik maupun asset masyarakat;
5. monitoring nilai tanah dan pasar tanah

Dampak Penggantian NJOP ke ZNT
1. Nilai PBB yang ditetapkan berdasarkan ZNT jauh lebih besar dibanding dengan NJOP.
2. Penetapan ZNT berdasar nilai pasar dapat terganggu akibat ulah spekulan.
3. Investasi properti di Indonesia akan mengalami revolusi
4. Kenaikan nilai pajak untuk kalangan menengah ke atas menanggung kandungan pajak dari masyarakat yang dibebaskan tidak membayar pajak.
Penerapan peta ZNT sebagai dasar penentuan besarnya pajak PBB dan BPHTB sangatlah baik. Hal ini sesuai amanah PP. 13/2010 tentang PNBP di BPN RI dimana didalamnya mengatur mengenai peta ZNT. Mengenai masih banyaknya kekurangan yang ada saat ini,bukanlah menjadi hambatan guna penyempurnaan peta ZNT mendatang.
Banyak manfaat dari peta ZNT jika diaplikasikan dalam penentuan PBB dan BPHTB. Manfaat pertama bagi pemda,dapat meningkatkan PAD dan mengurangi angka kehilangan pajak potensial dari sektor pajak. Hal ini karena dengan peta ZNT maka pemda memiliki standar baku mengenai data nilai tanah. Manfaat kedua bagi masyarakat yaitu terciptanya suatu keadilan dalam penentuan pajak yang harus mereka bayarkan,dan masih banyak manfaat lainya.
Untuk menertibkan semua administrasi pendaftaran kendaraan baik motor ataupun mobil yang berasal dari luar daerah atau provinsi dimana kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan operasional di dalam provinsi / daerah setempat. Guna meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor untuk daerah yang sedang memberlakukan pemutihan pajak.
TUJUAN PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN
1. Masyarakat dapat membayar tunggakan PKB dan BBNKB dengan tidak dikenakan denda atau bunga, hanya membayar pokoknya saja.
2. pemutihan pajak kendaraan bermotor dapat meningkatkan Pajak Asli Daerah (PAD) khususnya dipajak kendaraan
3. Terjadinya kecemburuan social antara Wajib Pajak yang sudah taat dengan Wajib Pajak yang menunggak
4. Terjadinya kenaikan jumlah wajib pajak yang patuh dan taat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor
DAMPAK PEMUTIHAN PKB
REALISASI PEMUTIHAN PKB
PERUBAHAN NJOP MENJADI ZNT
Dasar Pengenaan PBB adalah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). NJOP ditetapkan setiap tiga tahun oleh Menteri Keuangan, kecuali untuk daerah tertentu ditetapkan setiap tahun sesuai perkembangan daerahnya. Penentuan NJOP ini dilakukan dengan melakukan penilai terhadap objek pajak baik yang dilakukan secara masal atau individual.
ZONA NILAI TANAH
ZNT adalah zona geografis yang terdiri atas sekelompok objek pajak yang mempunyai suatu Nilai Indikasi Rata-rata yang dibatasi oleh batas penguasaan/ pemilikan objek pajak dalam satu wilayah administrasi desa/kelurahan dan mempunyai perbedaan nilai antara yang satu dengan yang lainnya berdasarkan analisis perbandingan harga pasar dan biaya.
2. Diharapkan agar dilakukan kajian yang benar, karena pada satu sisi pemutihan tidak mengedukasi masyarakat disisi lain tunggakan kendaraan bermotor R4 mati pajak sangat tinggi dan untuk yang akan datang tidak lagi ada pemutihan.
3. Peraturan yang di sederhanakan sehingga tidak berbelit-belit dan di berhentikannya pungutan liar atas nama biaya administrasi yang dilakukan oleh petugas SAMSAT.
4. Sebaiknya seluruh pemerintah, lebih mensosialisasikan pemutihan pajak kendaraan bermotor R4 didaerah pelosok di berbagai daerah.
TERIMAKASIHHHH
Full transcript