Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PELANGGARAN HAK WARGA NEGARA INDONESIA

No description
by

faza fuadina

on 12 March 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PELANGGARAN HAK WARGA NEGARA INDONESIA

Pelanggaran Hak Warga Negara
Pelanggaran Hak Warga Negara

Kita tak ingin menjadi negara yang menindas hak hidup buruh, anak dan melukai martabat manusia. Kita tak mau jadi negara yang hanya berpikir untuk menaikkan pendapatan, kita musti jadi negara yang memprioritaskan kehidupan rakyat
(Hugo Chavez)

Pengertian
Contoh Kasus
kelompok 3
SMA NEGERI 1 MUNTILAN
X MIA 5
Permasalahan Pelanggaran Hak Warga Negara
Solusi
PELANGGARAN HAK WARGA NEGARA INDONESIA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pekerjaan dan Penghidupan yang Tidak Layak
Fasilitas Umum Tidak Memadai
Adelia Pamularti Dian Rahma Sari Dito Faturachman
Dyah Ayu A
Ezra Efrzardi Y
Faza NF
Naila Nur H
Raikhan Zulbahri
Contoh kasus Pelanggaran Hak Warga Negara

Indonesia menganut paham kekeluargaan yang tidak memperbolehkan diskriminasi dalam bentuk apapun. Tetapi tidak dapat dielak bahwa benturan dalam masyarakat pasti ada. Namun penyelesaiannya harus dengan memperhatikan aspirasi dan kepentingan semua pihak. Sulitnya penyelesaian terhadap pelanggaran-pelanggaran hak warga negara karena kurangnya peraturan perundang-undangan yang memberikan jaminan dan petunjuk dalam penyelesaiannya. Pembentukan lembaga yang mengurus hak warga negara dan pelanggarannya merupakan salah satu upaya melakukan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Fungsi lembaga-lembaga ini adalah untuk menyosialisasikan peraturan-peraturan tentang HAM dan menerima pengaduan-pengaduan pelanggaran HAM serta menerusakan pengaduan tersebut kepada lembaga yang berwenang.
Upaya yang sangat menentukan perlindungan HAM adalah peradilan. Peradilan yang kuat akan memberikan perlindungan yang baik terhadap hak warga negara. Lembaga-lembaga pendidikan juga berperan dalam memberikan pengetahuan terhadap HAM. Lembaga-lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan formal memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada pelajar tentang Hak Asasi Manusia.
Kontroversi hukuman mati sudah sejak lama ada di hampir seluruh masyarakat dan negara di dunia. Indonesia pun tak luput dari kontroversi ini. Sampai hari ini pihak yang pro hukuman mati dan yang kontra hukuman mati masih bersilang sengketa. Masing-masing datang dengan rasional dan tumpukan bukti yang berseberangan, dan dalam banyak hal seperti mewakili kebenaran itu sendiri.
Hukuman Mati
Semestinya ajang pemilihan kepala daerah (pilkada) menjadi wadah yang menghidupkan demokrasi lokal dengan berfungsinya organ-organ politik di daerah. Sepanjang sejarah penyelenggaraan pilkada di Indonesia, ternyata terdapat pelanggaran hak warga Negara. Salah satu penyebabnya adalah kebebasan yang terlalu meluas demikian cepat menyebabkan membanjirnya partisipasi dalam pencalonan kandidat kepala daerah, sementara ruang kompetisi sangat ketat dan terbatas.
PILKADA
Kasus yang menimpah Prita Mulyasari cukup menarik. Sebetulnya bukan termasuk besar, tetapi rupanya ada konspirasi yang membesar-besarkan. Sebagai konsumen Prita punya hak menyampaikan unek-unek ketidakpuasannya terhadap pelayanan penyedia jasa dan itupun dilindungi Undang – Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Email Berujung Bui
Penggusuran Rumah
Peristiwa Tanjung Priok terjadi pada tahun 1984 antara aparat dengan warga yang berawal dari masalah SARA dan unsur politis. Akibat peristiwa ini, Tanjung Priok pada saat itu disebut sebagai “The Killing Field”. Dalam peristiwa ini terjadi pelanggaran HAM dimana ratusan korban meninggal dunia akibat kekerasan dan penembakan.

Solusi Penyelesaian
Karena peristiwa Tanjung Priok merupakan pelanggaran HAM yang bersifat berat, maka penyelesaiannya dilakukan melalui pengadilan HAM, dan menjatuhkan pidana kepada pihak yang bersalah. Serta mempertegas peraturan mengenai SARA dan unsur – unsur lain agar lebih dihormati.
Peristiwa Tanjung Priok
Tragedi Trisakti terjadi pada 12 Mei 1998 saat ribuan mahasiswa menggelar longmarch / aksi demonstrasi ke gedung DPR/MPR untuk menolak pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden. Dalam peristiwa ini terjadi pelanggaran HAM dimana 7 orang tewas dan 16 orang luka – luka akibat dipukuli, diinjak, dan ditembak brutal oleh polisi.

Solusi Penyelesaian
Karena Tragedi Trisakti terjadi karena penembakan oleh polisi, kasus ini penyelesaiannya melalui pengadilan militer. Dan mempertegas peraturan mengenai hak kebebasan berpendapat dan hak – hak lain agar lebih dihormati.

Tragedi Trisakti
Penggusuran terhadap rumah warga selalu terjadi setiap tahun. Tata ruang kota selalu menjadi alasan bagi pemerintah untuk melakukan kebijakan yang merugikan bagi sebagian warga kota itu. Kebijakan pemerintah melakukan penggusuran ini dinilai sebagai bentuk pelanggaran Hak Warga Negara.
Peristiwa penembakan buruh PT. FREEPORT terjadi karena mogok kerja yang dilakukan ribuan buruh / karyawan untuk menutup freeport karena manajemen tidak mau berunding. Penembakan terjadi ketika demonstrasi, para buruh / karyawan dihadang dan ditembaki oleh aparat yang membuat 1 orang tewas dan 6 orang luka – luka.

Solusi Penyelesaian
Yaitu pertanggung jawaban dari PT. FREEPORT terhadap para korban. Dan menegaskan peraturan mengenai tindakan kekerasan dalam penyelesaian suatu konflik sehingga tidak terjadi lagi.

Peristiwa Penembakan Buruh PT. FREEPORT
Peristiwa pembunuhan TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang bernama Marsinah yang menjadi korban pekerja yang tewas dibunuh setelah diculik, dianiaya, dan dibunuh.

Solusi Penyelesaian
Yaitu mengadili pelaku pembunuhan dengan hukum pidana yang sesuai peraturan yang berlaku. Memberikan hak – hak dan jaminan keselamatan kerja kepada para tenaga kerja. Dan mempertegas peraturan mengenai keamanan ketenaga kerjaan.

Peristiwa Pembunuhan TKW Marsinah
TERIMAKASIH
Pelanggaran Hak Warga Negara adalah Pelanggaran terhadap Hak-hak warga negara yang telah tertulis pada undang-undang yang ada, entah itu dalam hal menghambat, melarang, mengganggu hak orang lain, dan lain-lain. Penetapan hak warga negara adalah hal mutlak yang harus mendapat perhatian khusus dari negara sebagai jaminan di junjung tingginya sila ke-5 yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Namun seperti yang kita ketahui dan kita rasakan. Hingga saat ini masih banyak perilaku yang dianggap merupakan pelanggaran terhadap hak warga Negara, baik oleh Negara ataupun warga Negara lainnya. Pelanggaran terhadap hak asasi manusia sebetulnya karena terjadinya pengabaian terhadap kawajiban asasi.
BENTUK Pelanggaran Hak Warga Negara
Penangkapan dan penahanan seseorang demi menjaga stabilitas, tanpa berdasarkan hukum
Penerapan budaya kekerasan untuk menindak warga masyarakat yang dianggap ekstrim yang dinilai oleh pemerintah mengganggu stabilitas keamanan yang akan membahayakan kelangsungan pembangunan.
Pembungkaman kebebasan pers dengan cara pencabutan SIUP
Menimbulkan rasa ketakutan masyarakat luas terhadap pemerintah
Pembatasan hak berserikat dan berkumpul serta menyatakan pendapat, karena dikhawatirkan akan menjadi oposan terhadap pemerintah.
ada pertanyaan?
Full transcript