Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

“EKONOMI PEMBANGUNAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI”

No description
by

bion tio

on 3 March 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of “EKONOMI PEMBANGUNAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI”

Pengertian
Pengertian Ekonomi Pembangunan Menurut Para Ahli
TUJUAN DARI EKONOMI PEMBANGUNAN
Faktor-faktor pembangunan ekonomi
Faktor faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi
BERKEMBANGNYA ILMU EKONOMI PEMBNGUNAN
Ekonomi pembangunan
Dapat di artikan sebagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sesuatu Negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf kehidupan taraf masyarakatnya. Adapun pengertian lain (development economics) , merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus membahas mengenai masalah-masalah pembanguna di Negara-negara berkembang
A. faktor ekonomi
Faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.

B. faktor nonekonomi
Faktor nonekonomi mencakup kondisi sosial kultur yang ada di masyarakat, keadaan politik, kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku.
 

Menurut Sadono Sukirno, ekonomi pembangunan merupakan proses usaha meningkatkan pemasukan atau pendapatan perkapita suatu Negara dengan cara mengolah potensi ekonomi menjadi bentuk riil.

Menurut Profesor Simon Kuznets, ekonomi pembangunan adalah meningkatnya kemampuan suatu Negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan penduduknya dalam jangka panjang.

Menurut Schumpeter, ekonomi pembangunan adalah perubahan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional yang terjadi secara spontan dan tidak terputus

Untuk menelaah factor-faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan, atau pembangunan yang lambat di Negara-negara berkembang dan selanjutnya mengemukakan cara pendekatan yang dapat di tempu masalah-masalah yang di hadapi sehingga dapat memperlaju jalannya pembangunan ekonomi di Negara-negara tersebut.

A.      Tanah dan kekayaan alam lainnya
 Kekayan alam suatu negara meliputi luas dan kesuburan tanah, keadaan iklim,dan cuaca, jumlh dan jenis hasil hutan dan hasi laut yang dapta diperoleh,jumlah dan jenis kekayaan barang tambang yang terdapat. Kekayaan alam akan dapat mempermudah usaha untuk mengembangkan perekonomian suatu negara, terutama pada masa masa permulaan dri proses pertumbuhan ekonomi.

B Sistem sosial dan sikap masyarakat
. Sistem sosial dan sikap masyarkat penting perannya dalam mewujudakan pertumbuhan ekonomi. Di dalam menganalisis mengenai masalah masalah pembangunan di negara ahli ahli ekonomi telah menunjukan bahwa sistem sosial dan sikap masyarakat dapat menjadi penghambat yang serius kepada pembangunan.

Berikutan dengan bertambah besar nya perhatian yang diberikan dalam membangun Negara-negara berkembang maka makin meluas pula kesadaran bahwa tugas membangun negar-negara itu bukanlah tugas yang sederhan dan mudah. Masalah pembangunan ekonomi Negara-negara berkembang merupakan suatu persoalan yang sangat kompleks dan sangat berlainan sifatnya dengan masalah pembangunan yang pernah di hadapi oleh Negara-negara maju. Sifat permasalahannya yang sangat berbeda itu menyebabkan satu pendekatan baru untuk memecahkannya perlu diciptakan
Pada permulaannya, banyak diantara pemimpin-pemimpin Negara-negara yang baru tumbuh beranggapan bahwa keterbelakangan mereka adalah disebabkan oleh penjajahan tetapi sejarah membuktikan bahwa hal tersebut tidk benar sama sekali. Bahwa pembangunan ekonomi akan berjalan dengan lebih cepat dan lancar.
Orang-orang yang berpendpat bahwa masalah pembangunan di negar-negara berkembang merupakan persoalan yang pada hakekatnya sederhana paa akhirnya harus mengakui keslahan pendapat mereka. Untuk mencapainya, seluruh sumber-sumber dya perlunya di gunakan untuk mengembangkan sector industri sebenarnya, padangan yang menayatkan bahwa pembagunan ekonomi hanya dilaksanakan apabila kegiatan industry dikembagkan secara tepat

YUNIARTI LAPATANDAU 13031104017
DEBY RAPAR 13031104082
BIONDY TIOLUNG 13031104175
ALDI MENANG 13031104043
YAKOBUS BAHABOL 13031104161
JERRY MOMONGAN 13031104206
REYNALD KARAMOY 13031104122
KOROMPIS MEGGI 13031104038
FEBRI TAMBURIAN 13031104056
NELA SUSAN SOPUTAN 13031104139
LEDY MOSSU 13031104098
MARGARETA IMPAL 13031104204
IMELDA MANOPO 13031104187
SANDRO PANGEMANAN 13031104172
BRYAN RUMENGAN 13031104216
YANDI RORIMPANDEY 13031104160
JECQELINE NAJOAN 13031104068
MARLINA DAMATUN 13031104118
MEYDITA PINONTOAN 13031104050

“EKONOMI PEMBANGUNAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI”

Nama - Nama Kelompok 3
Pembangunan ekonomi
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.
Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth); pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.
Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi
Dampak positif
Full transcript