Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

ALAT BANTU UNTUK PENYANDANG DISABILITAS

Tugas Akhir Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan ABK
by

Nita Nitiya

on 23 August 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ALAT BANTU UNTUK PENYANDANG DISABILITAS

Notes
Ideas
Ideas
Ideas
ALAT BANTU UNTUK PENYANDANG DISABILITAS
Alat Bantu Untuk Tunanetra
Alat Bantu Untuk Tunagrahita
Alat Bantu Untuk Tunalaras
Belum ada alat bantu khusus yang dibuat untuk tunalaras, namun biasanya mereka memodifikasi lingkungan sehingga lingkunagn sekitarnya tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Seperti penggunaan alat makan dengan bahan plastik.
Kelompok 4
Akmalia Khairunnisa
Ayu Aditya Safitri
Chahya Hadian Firmansyah
Fathan Ramadhan Diniya
Fitri Rahmiati
Lisdian Isya Sudrajat
Nita Nitiya Intan Tanbrin
Nurul Fadilah
Puput Purnamasri
Yunita Aditama
Alat Bantu Untuk Tunarungu
Alat Bantu Untuk Tunadaksa
Alat Bantu Untuk Autis
Alat Bantu Untuk Anak Berkesulitan Belajar
Alat Bantu Untuk Anak ADHD
Thank You
Alat ini untuk mengukur taraf kehilangan pendengaran seseorang
AUDIOMETER
HEARING AID
Alat ini diguakan anak tunarungu untuk mendengar, baik secara individu maupun kelompok
TAPE RECORDER
Mengontrol hasil ucapan yang direkam
SPATEL
Alat bantu untuk membetulkan posisi bicara
AUDIOVISUAL
Audio visual seperti film, video, televisi
CERMIN
Digunakan sebagai alat bantu dalam mengucapkan sesuatu dengan artikulasi yag baik.
BAHASA ISYARAT
Bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Kaum tunarungu adalah kelompok utama yang menggunakan bahasa ini, biasanya dengan mengkombinasikan bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan, dan tubuh, serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka.
MERONCE
Alat peraga untuk melatih motorik halus, konsentrasi, dan kordinasi mata tangan.
Latihan Memakai Sepatu
alat peraga ini berfungsi melatih kemandirian, melatih ketelitian dan kerapian, melatih koordinasi mata dan tangan, melatih motorik halus dan melatih berpikir secara tepat dan teratur.

Cara Pemakaian
- Contohkan kepada anak cara memasang tali sepatu
- Minta anak menirukan
MENJAHIT
Melatih motorik halus, konsentrasi, dan kordinasi mata tangan.
Tongkat Lipat
Merupakan tongkat sebagai alat bantu mobilitas bagi tunanetra. Terbuat dari bahan aluminium galfanis vernikel, dapat dilipat dan mudah untuk dibawa.
OOSH adalah jam tangan yang dikhususkan bagi penderita tuna netra, karena selama belum banyak perusahaan yang secara khusus memproduksi jam tangan untuk orang buta. Jam tangan dengan 64 lubang yang bisa membentuk angka Braille dalam menyampaikan informasi waktu.
Jam Tangan Braille
Selain itu, jam ini dilengkapi dengan alarm yan bisa diset sesuai dengan keinginan pemakai. Produk ini adalah buah karya designer Wing Li selain caggih juga mempunyai motif yang halus dan mudah dalam pemakaiannya.
Jam tangan berbicara tersedia dalam berbagai jenis, termasuk dalam bentuk jam saku, jam tangan biasa dan jam tangan liontin. Tujuannya mengumumkan waktu dan hari. Misalnya, jam tangan akan berkata, “Hari ini adalah tanggal 12″ dengan satu sentuhan tombol. Jam tangan juga menyebutkan waktu yang telah berlalu ketika fungsi stopwatch digunakan.
Jam Tangan Bicara
Jam tangan berbicara menggabungkan pengingat dan fungsi pembuat jadwal dan dapat diatur untuk mengumumkan waktu setiap jam pada jam. Kebanyakan jam tangan ini memiliki fungsi alarm, juga.
(GAR 0606094320) Perkins Brailler adalah sebuah mesin rancangan David Abraham di tahun 1952 yang digunakan untuk mengetik huruf Braille. Sistem pemakaiannya sangat mirip dengan mesin ketik biasa.
Perkins Braille
Setiap abjad direpresentasikan oleh keenam titik-titik timbul Braille sehingga jika dirangkai dapat membentuk kata-kata. Selain kombinasi titik timbul huruf Braille, Perkins Brailler juga memiliki tombol spasi, tombol backspace untuk menghapus dan tombol spasi per baris.
Layaknya mesin ketik manual, Perkins Brailler memiliki dua sisi alat putar untuk memasukkan dan mengeluarkan kertas.
Untuk mencetak buku maupun bahan bacaan dengan huruf Braille, dapat menggunakan seperangkat komputer dan mesin pencetak relief huruf Braille yang dihubungkan melalui paralel port yakni LPTI. Cara kerja komputer ini adalah mengetikkan abjad biasa ke dalam suatu program yang kelak akan mengubahnya menjadi huruf Braille. Hasil konversi kemudian tampil di layar dan siap untuk dicetak melalui sebuah mesin pencetak khusus relief Braille yang dilengkapi dengan mikrokontroler MCS 51. Kecepatan mencetak menggunakan mesin tersebut kira-kira 30 menit per halaman dengan 552 karakter.
Mesin Cetak Huruf Braille
Teknologi Berbasis Braille
Nokia 770
Nokia N770 Internet Tablet merupakan teknologi yang menerapkan aplikasi touchscreen huruf braille. Device touchscreen ini ditemukan oleh Jussi Rantala, University of Tampere, Finlandia. Didalam alat ini telah ditanamkan material piezoelectric yang bisa memancarkan sinar elektrik. Selain itu, terdapat software untuk menampilkan titik vibrasi single pulse. Dalam penggunaannya, device ini bisa digunakan dalam dua cara, pertama dengan membaca matrix dari sisi kiri lalu jari bergerak horizontal untuk membaca lima titik lainnya. Kedua, pengguna menempatkan jari di layar dan menahannya lalu device akan menampilkan karakter dan enam titik akan digetarkan secara berulang selama 360 milidetik per titik. .

MLM
MLM for the blind adalah alat baca untuk penyandang cacat mata, memiliki kemampuan untuk mengkonversi huruf latin ke huruf braille serta didukung dengan referensi ratusan ebook. Mesin menggunakan sumber energi baterai 6 x 1,5 Volt. dengan dimensi berat kurang dari 3 kilogram ini merupakan hasil pengembangan Universitas Bina Nusantara. Pengembangannya didasari ide bahwa pencetakan teks dengan huruf braille menghabiskan banyak kertas. MLM for The Blind memiliki titik-titik yang lebih menonjol jadi mudah diraba dan panel berisi 20 sel Braille. Selain itu dilengkapi kartu MMC atau Micro SD sebagai tempat penyimpanan ebook, maksimal 2 gigabite.
JAWS kependekan dari Job Access With Speech adalah sebuah pembaca layar (screen reader) merupakan sebuah piranti lunak (software) yang berguna untuk membantu penderita tunanetra menggunakan komputer. JAWS diproduksi oleh the Blind and Low Vision Group (Freedom Scientific) di St. Petersburg, Florida, USA. JAWS sengaja dibuat untuk penderita tunanetra dan orang-orang yang menderita kelemahan dalam penglihatan (low vision) sehingga mereka mudah menggunakan Microsoft Windows secara personal. Dengan alat ini tentunya penderita tunanetra dan penderita lemah daya penglihatan (low vision) mudah mengakses komputer dan bahkan bisa melepaskan ketergantungan pada orang lain dalam menggunakannya. JAWS dirancang sebaik mungkin dengan mempertimbangkan banyak aspek, maka dari itu penting sekali bagi JAWS merancang alat-alat yang memudahkan bagi penderita tunanetra dan low vision.
JAWS
TOUCH & GO KONSEP
Masih berpikir kalau tongkat tongkat adalah satu-satunya alat yang dapat membantu tunanetra dalam navigasi? Jika ini Touch & Go Konsep hits pasar, pengguna akan memiliki akses ke tangan tech gadget-hi dan perangkat Bluetooth yang akan memberikan gambaran penyempurnaan dari sekitarnya menggunakan visual taktil dan dukungan pendengaran
Interface Squibble Portable Braille merupakan gadget terbaru yang memungkinkan orang dengan penglihatan yang buruk agar dapat mengoperasikan keyboard interaktif yang menerapkan sistem Braille dimana terdapat kontras tinggi dalam hal pewarnaan. Bright F adalah alat pengkonversi informasi kedalam suara. Maka tidak heran jika nantinya seorang tuna netra dapat menentukan warna baju yang akan dipakainya
INTERFACE SQUIBBLE PORTABLE BRAILLE
B-Touch Braille Mobile Phone adalah mobile phone yang dirancang dengan menggunakan tombol Braille dimana terdapat kombinasi unik touchscreen Braille plus sistem pengenalan suara sehingga memudahkan bagi penyandang tuna netra dalam berkomunikasi.
B-TOUCH BRAILLE MOBILE PHONE
KAMERA TOUCH SIGHT
Kamera Touch Sight merupakan kamera tanpa sebuah LCD yang diciptakan bagi penyandang tuna netra dimana gambar 3 dimensi direpresentasikan kedalam layar braille. Ketika pengguna akan mengambil gambar maka device akan menentukan lokasi yang akan difoto dan merekamnya selama 3 detik. Cara menggunakannya cukup unik yaitu dengan menempelkan kamera ke dahi pengguna. Ini merupakan cara menstabilkan dan mengarahkan kamera. gambar yang diambil akan digabungkan dengan file suara menjadi foto yang dapat disentuh dan hasil ini bisa disimpan atau dishare ke sesama pengguna Touch Sight. Kamera ini dirancang oleh Chueh di Beit Ha’vie, Israel. Namun, gadget ini masih berupa konsep yang belum diproduksi menjadi hal yang nyata.
Samsung Touch Messenger adalah gadget keluaran perusahaan gadget terkemuka dengan konsep Braille touchpad dimana terdapat enam karakter yang bisa saling dikombinasikan untuk mengetik pesan. Dengan disain yang menawan Samsung Touch Messenger berhasil menyabet penghargaan Gold Award pada Industrial Design Excellence Awards.
SAMSUNG TOUCH MESSENGER
Special Teatime Braille Thermos adalah termos yang dirancang oleh Halim Lee. Kebutaan membuat aktivitas seseorang terhambat, untuk berjalan saja susah apalagi untuk membuat teh. Dengan adanya termos braille, tuna netra dimudahkan untuk membuat teh sendiri. Pada termos terdapat huruf braille yang terukir di badan termos, juga dilengkapi dengan water level button untuk mengetahui batas jumlah air. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan Infuser dan timer. Infuser adalah bagian dimana pengguna dapat menaruh bubuk teh sesuai dengan keinginannya, sedangkan timer adalah fasilitas untuk menghitung waktu yang diinginkan dalam menghangatkan teh sesuai dengan keinginan.
SPECIAL TEATIME BRAILLE THERMOS
Reglet, atau yang biasa dikenal juga dalam Bahasa Inggris sebagai slate, adalah sebuah teknologi paling tua yang diciptakan untuk membantu komunikasi bagi penderita tunanetra. Reglet digunakan untuk membuat titik-titik timbul yang akan membentuk suatu pola yang mengacu pada huruf-huruf Braille. Benda ini yang sangat membantu berkembangnya pelajaran di kalangan tunanetra yang tidak dapat membaca secara normal
REGLET DAN PEN
Bahan fiber, diameter 42 cm, dilengkapi garis lintang / bujur dan keterangan-keterangan dalam huruf Braille. Alat ini merupakan alat peraga untuk memperkenalkan bumi
GLOBE TIMBUL
SUAM DEVICE
Ini merupakan tambahan yang bagus untuk langkah-langkah yang diambil untuk membuat kehidupan tunanetra lebih baik. SUAM atau Universal Sistema de Apoyo a la Movilidad adalah gadget terbaru yang membantu orang dengan masalah visi untuk mendapatkan gambaran mereka sekitar karena mengubah masuk sinyal dari Pemancar inframerah untuk pesan terdengar.
Dengan penemuan yang dibuat oleh US National Institute untuk Standar dan Teknologi, yang buta sekarang akan dapat melihat. Bingung? Well, ini Braille Elektronin Imaging menggunakan aktuator untuk membuat gambar elektronik.
BRAILLE ELECTRONIC IMAGING
TACT
Sekarang fashion juga merupakan aspek penting untuk menantang visual. Mereka yang tidak memiliki visi juga dapat memilih untuk menjadi trendi dengan menggunakan ini menonton yang membebaskan mereka dari hassles jarum jam tangan. Berkelas ini TACT menonton konsep yang dirancang oleh Julien Bergignat dilengkapi dengan sistem dimana kita dapat membaca waktu menggunakan lingkaran memutar khusus.
Silicon iPhone Casing adalah sesuatu yang dapat membiarkan tunanetra menikmati semua aplikasi iPhone yang berbeda. (Well, mengapa harus visual sepi dari gangguan seperti gadget yang indah seperti iPhone tidak.) Ketika teknologi saat ini berjalan lebih cepat seperti kecepatan, datang di sebuah konsep yang memungkinkan orang buta untuk mendapatkan manfaat dan dari iPhone dan juga mengoperasikan hal ini tentunya keajaiban.
SILICON iPHONE CASING
Silicon iPhone Casing adalah sesuatu yang dapat membiarkan tunanetra menikmati semua aplikasi iPhone yang berbeda. (Well, mengapa harus visual sepi dari gangguan seperti gadget yang indah seperti iPhone tidak.) Ketika teknologi saat ini berjalan lebih cepat seperti kecepatan, datang di sebuah konsep yang memungkinkan orang buta untuk mendapatkan manfaat dan dari iPhone dan juga mengoperasikan hal ini tentunya keajaiban.

SILICON iPHONE CASING
CAMERA
Kamera ini dirancang khusus bagi mereka yang tidak bisa melihat. ada klip suara yang bisa direkam secara simultan ketika seseorang mengklik tombol kamera. Dengan kamera ini, buta sekarang dapat menangkap gambar untuk menciptakan kenangan indah
Ini Braille E-Book atau EAP, namun ide, memungkinkan dekat atau benar-benar buta untuk membaca dengan menggunakan bahasa Braille. Berbeda dengan buku-buku Braille reguler, ramping dan ringan ini e-book dapat dilakukan hampir di mana-mana.
BRAILLE E-BOOK
ABACUS For The Blind
alat bantu hitung untunk penyandang tunanetra
Magic for Windows Screen Magnification Software
sebuah software yang berfungsi sebagai program pembesaran pada layar PC
OpenBook Scanning & Reading software
Sebuah software yang berfungsi sebagai alat bantu membaca bagi penyandang Low Vision
Al-Qur'an Braille
Al-quran bagi penyandang tunanetra supaya tetap dapat beribadah
PAPAN CATUR
Hiburan untuk penyandang tunanetra dan dapat juga sebagai prestasi dalam olahraga catur.
Bola Sepak Untuk Tunanetra
sama seperti bola pada umumnya namun di dalamnya diberikan kerincingan supaya berbunyi.
Kursi Roda
Salah satu alat untuk mobilitas penyandang tunadaksa.
Kursi Roda Olahraga
Kursi roda yang digunakan dalam kegiatan berolahraga.
Kursi Roda untuk Penyandang Cerebral Palsy
Kursi roda yang digunakan untuk penyandang cerebral palsy supaya dapat menopang tubuhnya. Biasanya gidunakan bagi cerebral palsy jenis tetraplegi.
Afo Brace Untuk Penyandang Cerebral Palsy
alat yang membantu untuk menopang badan penyandang cerebral palsy.
Alat Bantu Jalan
Kruk >>>
tongkat kaki tiga >>>
<<< walker
Prothese
Alat palsu yang berbentuk kaki atau tangan, gunanya untuk mengganti fungsi kaki atau tangan yang hilang.
SOCIAL STORY BOOK
melatih anak autis untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara wajar. Seperti latihan meminjam barang.
The Gym Box
melatih sensori, motorik dan keseimbangan pada anak autis.
Alat untuk melatih oral motor
Alat untuk membantu saat anak tantrum
Latihan Motorik Halus
Latihan Persepsi
Modifikasi Lingkungan
Kursi yang dilengkapi pengaman supaya anak tidak jalan-jalan ketika melaksanakan pembelajaran
Pendidikan Khusus 2011
Pengelolaan Pendidikan ABK
Full transcript