Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of manajemen kas dan surat berharga

No description
by

siti farahiyah

on 14 June 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of manajemen kas dan surat berharga

manajemen kas dan surat berharga
manajemen kas
motif memiliki kas
motif transaksi
motif transaksi
Adalah seseorang/ perusahaan memegang uang tunai untuk keperluan realisasi dari berbagai transaksi bisnisnya, baik transaksi rutin maupun tidak rutin.
Misalnya, pembayaran upah, pembayaran hutang, pembelian bahan, dan pembayaran tunai lainnya, yang dibayar dengan uang tunai maupun cek

motif berjaga-jaga
motif spekulasi
motif berjaga-jaga
Adalah seseorang atau perusahaan memegang uang tunai yang dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kebutuhan-kebutuhan yang bersifat mendadak, bisa dilihat dari saldo kas minimum yang ditetapkan.

motif spekulasi
Adalah motivasi seseorang atau perusahaan memegang uang dalam bentuk tunai karena adanya keinginan memperoleh keuntungan yang besar dari suatu kesempatan investasi, biasanya investasi yang likuid.

manfaat memiliki kas
aliran kas dalam perusahaan
anggaran kas
manajemen kas yang efisien
model manajemen kas
model boumon
model miller & 0rr
surat berharga
Surat berharga adalah surat yang oleh penerbitnya sengaja diterbitkan sebagai pelaksanaan pemenuhan suatu prestasi yang berupa pembayaran sejumlah uang. Tetapi pembayaran ini tidak dilakukan dengan menggunakan mata uang, melainkan dengan menggunakan alat bayar lain. Alat bayar itu berupa surat yang didalamnya mengandung suatu perintah kepada pihak ke tiga, atau pernyataan sanggup untuk membayar sejumlah uang untukpemegang surat itu.
karakteristik surat berharga
jenis-jenis surat berharga pasar uang
soal dan jawaban
sekian dan
terima kasih
William Baumol (1952) mengidentifikasikan bahwa kebutuhan akan kas dalam perusahaan mirip dengan pemakaian persediaan. Apabila perusahaan memiliki saldo kas yang tinggi, perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk menginvestasikan dana tersebut pada kesempatan investasi lain yang lebih menguntungkan. Begitu pula sebaliknya.

Konsep pemesanan persediaan yang paling ekonomis (EOQ / Economic Order Quantyti) bertujuan untuk meminimalkan biaya persediaan, yaitu biaya simpan serta biaya pesan.
Anggaran kas adalah estimasi terhadap posisi kas untuk suatu periode tertentu yang akan datang. Dengan menyusun anggaran kas akan dapat diketahui kapan perusahaan akan dalam keadaan defisit kas atau surplus kas karena operasinya perusahaan.
Dengan mengetahui akan adanya defisit kas jauh sebelumnya penentuan sumber dana yang akan digunakan untuk menutup defisit tersebut, begitu juga sebaliknya.

Manajemen Kas (Cash Management) adalah suatu kumpulan kegiatan perencanaan, perkiraan, pengumpulan, pengeluaran dan investasi kas dari suatu perusahaan agar dapat beroperasi dengan lancar. Tanpa manajemen kas yang baik sebuah perusahaan bisa mengalami kebangkrutan karena kekurangan kas, walaupun ia menghasilkan profit
Kas diperlukan baik untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari seperti pembelian bahan baku, pembayaran gaji, pembayaran hutang atau pembayaran-pembayaran tunai lainnya, serta dibutuhkan untuk mengadakan investasi baru pada aktiva tetap.
Pengeluaran kas suatu perusahaan dapat bersifat terus menerus atau kontinyu, seperti pengeluaran kas untuk pembelian bahan mentah, pembayaran gaji, dan lain sebagainnya. Aliran kas keluar (cash outflow) yang bersifat tidak kontinyu atau ”intermitten” seperti pengeluaran untuk pembayaran bunga, deviden, pajak penghasilan atau laba, pembayaran angsuran hutang dan lain sebagainya.
Disamping aliran kas keluar juga terdapat aliran kas masuk (cash inflow) di dalam perusahaan, seperti aliran kas yang berasal dari hasil penjualan produk secara tunai, penerimaan piutang, dan lain sebagainya.
kelompok 8
iis nurhasanah (0112U235)
Tryanto mugi nugroho (0112U244)

penetuan aktiva liquid yang optimal
menentukan metode yang paling efisien dalam pengandalian pengumpulan dan penggunaan dana
menetukan jenis investasi jangka pendek yang tepat bagi perusahaan
minimalisasi cash float (uang yang mengendap/menganggur pada bank yang berkaitan dengan pelaksanaan pengeluaran dan penerimaan
transparansi. dapat menjamin transparansi dalam pengelolaan penerimaan dan pengeluaran kas serta dalam pelaksanaan pengambilan saldo kas
Menurut Vollmar dalam bukunya, Nederlands Handelsrecht, menitikberatkan pada masalah pada ciri-ciri yang harus ada pada surat berharga:
Surat berharga harus mudah dialihkan, artinya pengalihannya cukup dibawah tangan dan dengan endosemen (Pasal 613 ayat (3) KUH Perdata).
Debitur tidak mengetahui siapa krediturnya, artinya pengalihan para kreditur tidak perlu diberitahukan kepada debitur.
Merupakan surat legitmasi (surat bukti diri dari pemegangnya sebagai orang yang berhak)
jenis-jenis surat berharga yang diperjualbelikan di pasar uang:
Treasury Bills (T-Bills). merupakan instrument utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau Bank Sentral atas unjuk dengan jumlah tertentu yang akan dibayarkan kepada pemegang pada tanggal yang telah ditetapkan.
Commercial Paper (CP) pada dasarnya merupakan promes yang tidak disertai dengan jaminan (unsequred promissory notes), diterbitkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana jangka pendek dan dijual kepada investor dalam pasar uang.
Sertifikat Deposito atau negotiable certificate of deposit (CD) Deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan. Jadi mempunyai ciri pokok dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan sebelum jangka waktu jatuh temponya.
Banker’s Acceptance (BA) BA adalah time draft (wesel berjangka) yang ditarik oleh seorang eksportir atau importir atas suatu bank untuk membayar sejumlah barang atau untuk membeli valuta asing.
Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
• SBI adalah surat berharga dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek.

Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
SBPU adalah surat-surat berharga berjangka pendek yang dapat diperjualbelikan secara diskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga diskonto yang ditunjuk oleh Bank Indonesia.

Miller dan Orr mengasumsikan bahwa aliran kas masuk dan keluar selalu berfluktuasi. Miller dan Orr menentukan batas pengendalian bawah serta saldo kas yang ditargetkan.

Asumsi Miller dan Orr
Aliran kas harian bersifat acak dan sulit untuk diramalkan.
Transfer dari dan ke sekuritas sangat mobile.
Tren musiman dan siklis tidak diperhitungkan.
Biaya penjualan dan pembelian sekuritas adalah tetap.
Struktur termin dan tingkat bunga flat cenderung tidak berubah.
Nilai batas atas sebesar 3 z. batas bawah Rp 0. nilai o = Rp 50.000, σ2 = (2,3 juta)2 dan i = 12% (0.12 /365 hari)
Full transcript