Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

SEKRAP (PLANING/SHAPING)

No description
by

tuty pardede

on 21 October 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of SEKRAP (PLANING/SHAPING)

SEKRAP (PLANNING/SHAPING) SEKRAP MESIN SEKRAP Proses sekrap adalah proses pemesinan yang menggunakan pahat mata potong tunggal dan hanya melakukan penyayatan berbentuk garis lurus.
Proses sekrap ada 2 macam :
1. Shaper
dilakukan untuk benda kerja yang relatif kecil
2. Planer.
dilakukan untuk benda kerja yang besar. 1. penyayatan permukaan (facing)
2. penyayatan alur (slotting)
3. penyayatan tangga (steps). PROSES PENYAYATAN Mesin sekrap adalah suatu mesin perkakas dengan gerakan utama lurus bolak-balik secara vertikal maupun horizontal.

Digunakan untuk mengerjakan bidang-bidang yang rata, cembung, cekung,beralur, dan lain-lain pada posisi mendatar, tegak, ataupun miring. MESIN SEKRAP (shaping machine/mesin ketam/serut) Benda yang disayat atau dipotong dalam keadaan diam (dijepit pada ragum) kemudian pahat bergerak lurus bolak-balik atau maju mundur melakukan penyayatan.
Hasil gerakan maju mundur lengan mesin/pahat diperoleh dari motor yang dihubungkan dengan roda bertingkat melalui sabuk (belt).
Dari roda bertingkat, putaran diteruskan ke roda gigi antara dan dihubungkan ke roda gigi penggerak engkol yang besar. Roda gigi tersebut beralur dan dipasang engkol melalui tap. Jika roda gigi berputar maka tap engkol berputar eksentrik menghasilkan gerakan maju mundur lengan. Kedudukan tap dapat digeser sehingga panjang eksentrik berubah dan berarti pula panjang langkah berubah. PRINSIP KERJA ` BAGIAN-BAGIAN MESIN SEKRAP bagian dari mesin ketam yang membawa pahat, diberi gerak ulak-alik sama dengan panjang langkah yuang diinginkan. 1. RAM Berfungsi agar ram tetap pada kedudukannya, sehingga panjang langkah potong tidak berubah. 2. KUNCI RAM untuk mengunci pahat yang terpasang 3. KUNCI KEPALA PAHAT untuk mengatur kedudukan ram pada posisi yang diinginkan 4. PENGATUR KEDUDUKAN RAM untuk mengatur besarnya kedalaman pemakanan pahat pada benda kerja. 5. HANTARAN ULIR berfungsi untuk menyetel kedudukan pahat. 6. HANDLE PAHAT berfungsi agar pahat tidak menyayat benda kerja saat kembali ke posisi awal. 7. KOTAK LONCENG berfungsi sebagai tempat peletakan benda kerja, biasanya terdapat ragum diatasnya. 8. MEJA KERJA berfungsi sebagai sumber daya untuk menjalankan mesin 9. MOTOR LISTRIK berfungsi untuk mengatur kecepatan gerakan ram. 10. TUAS KECEPATAN berfungsi untuk mengatur panjang langkah pemakanan 11. DIAL PANJANG LANGKAH berfungsi agar meja kerja dapat bergerak vertikal dan horisontal 12. HANTARAN VEERTIKAL DAN HORIZONTAL GERAKAN MESIN SEKRAP Gerakan ini ditunjukkan oleh pahat. Ada perbedaan langkah kerja dan langkah bukan kerja. Selama langkah kerja (gerak maju) chip akan terpotong dan selama langkah tidak kerja (gerak mundur) pahat bergerak mundur tanpa memotong banda kerja. Kedua langkah ini dibentuk oleh gerak lingkaran. GERAKAN UTAMA / GERAKAN PEMOTONGAN Gerakan ini akan menghasilkan chip. Untuk menskrap datar benda kerja yang terpasang pada ragum akan bergerak berlawanan dengan pahat. GERAKAN FEED (LANGKAH PEMAKANAN) Penyetelan ini akan menghasilkan kedalaman potong. Menyekrap mendatar dapat dilakukan dengan gerakan pahat kebawah sedangkan untuk tegak dengan gerakan benda kerja ke samping. PENYETELAN (DALAMNYA PEMAKANAN) JENIS-JENIS MESIN SEKRAP MENURUT DESAINNYA * Pemotong dorong horizontal

* Jenis biasa (pekerjaan biasa)
Terdiri dari dasar dan rangka yang mendukung ram horisontal, kontruksinya agak sederhana. Ram yang membawa pahat, diberi gerak ulak-alik sama dengan panjang langkah yang diinginkan.

* Jenis universal (pekerjaan ruang perkakas)
Mesin skrap jenis ini dilengkapi dengan pengatur berputar dan condong untuk memungkinkan pemesinan teliti pada sembarang sudut.

* Pemotong tarik horisontal
Dianjurkan digunakan untuk pemotongan berat dan dipakai secara luas untuk memotong blok cetakan besar dan mesin-mesin suku besar dalam bengkel kereta api.

* Pemotong vertikal

* Pembubut celah (slotter)

* Pembubut dudukan pasak (key scatter)
Dirancang untuk memotong alur pasak pada roda gigi, puli mok dan suku cadang yang serupa.

* Pemotong kegunaan khusus misalnya pemotongan roda gigi

MENURUT DESAINNYA Umum dipakai untuk produksi dan pekerjaan serbaguna terdiri atas rangka dasar dan rangka yang mendukung lengan horizontal. Benda kerja didukung pada rel silang sehingga memungkinkan benda kerja untukdigerakkan ke arah menyilang atau vertikal dengan tangan atau penggerak daya.Pada mesin ini pahat melakukan gerakan bolak-balik, sedangkan benda kerjamelakukan gerakan ingsutan. Panjang langkah maksimum sampai 1.000 mm, cocok untuk benda yang pendek dan tidak terlalu berat.
MENURUT FUNGSINYA ` Digunakan untuk pemotongan dalam, menyerut dan bersudutserta untuk pengerjaan permukaan-permukaan yang sukar dijangkau. Selain itu mesinini juga bisa digunakan untuk operasi yang memerlukan pemotongan vertikal. Gerakan pahat dari mesin ini naik turun secara vertikal, sedangkanbenda kerja bisa bergeser ke arah memanjang dan melintang. Mesin jenis ini jugadilengkapi dengan meja putar, sehingga dengan mesin ini bisa dilakukan pengerjaanpembagian bidang yang sama besar.Biasanya pada pembuatan cetakan untuk logam dan non logam.
MENURUT FUNGSINYA 2. mesin sekrap vertikal 1. Mesin Sekrap Horizontal (Shaper) Digunakan untuk mengerjakan benda kerja yang panjang dan besar (berat). Bendakerja dipasang pada eretan yang melakukan gerak bolak-balik, sedangkan pahatmembuat gerakan ingsutan dan gerak penyetelan. Lebar benda ditentukan oleh jarak antartiang mesin. Panjang langkah mesin jenis ini ada yang mencapai 200sampai 1.000 mm.
MENURUT FUNGSINYA 3. mesin planner APLIKASI PENGGUNAAN MESIN SEKRAP Terutama digunakan untuk pemotongan dalam dan menyerut bersudut serta untuk operasi yang memerlukan pemotongan vertikal karena kedudukan yang diharuskan untuk memegang benda kerja. Operasi dari bentuk ini sering dijumpai pada pekerjaan cetakan, cetakan logam dan pola logam. Mesin pembuat celah disebut juga mesin sekrap vertical
Pembuat celah (slotter) Dirancang untuk memotong alur pasak pada roda gigi, puli mok dan suku cadang yang serupa Pembuat dudukan pasak (key seater) Daya yang digunakan kepada mesin dengan motor tersendiri, baik melalui roda gigi maupun sabuk atau dengan menggunakan sistem hidrolis. Pergerakan ulak-alik pahat dapat diatur dengan beberapa cara. Mesin sekrap yang lebih tua digerakkan dengan roda gigi atau ulir hantaran, tetapi pada umumnya sekarang mesin skrap digerakkan dengan lengan osilasi dan mekanisme engkol.
Kegunaan khusus, misalnya untuk memotong roda gigi.
Full transcript