Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Perpajakan Internasional Dan Transfer Pricing

No description
by

Aditya Prabowo

on 9 May 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Perpajakan Internasional Dan Transfer Pricing

Pembatasan kredit pajak luar negeri tersendiri berlaku untuk pajak AS atas sumber pajak penghasilan luar negeri untuk masing-masing jenis penghasilan berikut ini :
1. Penghasilan pasif (misalnya, penghasilan berjenis investasi, dividen, bunga, royalti, dan biaya sewa)
2. Penghasilan Umum

Batasan – Batasan Kredit Pajak
Kredit pajak luar negeri dapat dihitung sebagai kredit langsung atas pajak penghasilan yang dibayarkan atas laba cabang atau anak perusahaan dan setiap pajak yang dipungut pada sumbernya seperti deviden, bunga, dan royalti yang dikirimkan kembali kepada investor domestik.
Kredit pajak asing tidak langsung yang diperbolehkan (Pajak Penghasilan Asing yang dianggap dibayarkan) ditentukan dengan cara berikut :
Pembayaran Deviden (termasuk pajak bersumber langsung) x Pajak Asing yang bisa dikreditkan /
Laba bersih dari Pajak Penghasilan Asing


Kredit Pajak Asing
Sistem klasik, pajak penghasilan perusahaan pada penghasilan kena pajak dibayarkan pada tingkat perusahaan dan tingkat pemegang saham.
Sistem terintegrasi, Pajak-pajak perusahaan dan pemegang sahan diitegrasikan untuk mengurangi atau menghilangkan pajak ganda atas penghasilan perusahaan. Ini merupakan kecenderungan terbaru dalam negara-negara maju yamg telah beralih dari pajak ganda atas penghasilan dividen. Sistem kredit pajak, atau imputasi adalah sebuah varian dari sistem pajak terintegrasi.

Untuk penyederhanaan terdapat dua sistem yaitu :


Lima macam pajak yaitu
:

1. Pajak penghasilan
2. Pajak pungutan
3. Pajak pertambahan nilai
4. Pajak perbatasan
5. Pajak pengiriman

Jenis Pajak
Sebuah perusahaan yang beroperasi di negara lain melalui cabangya atau cabang gabungannya menyesuaikan dengan pajak negara tersebut. Pengelolaan yang efektif atas potensi pajak memerlukan pemahaman atas sistem pajak nasional yang sangat berbeda dari suatu negara ke negara lain.
Keanekaragaman Sistem Pajak Nasional
Perpajakan Internasional Dan Transfer Pricing
Presented
By
:
Adi
tya

Anggi
Ermawati
Asih
NurpitaSari
Fitrah
Sulistyawati
Idham
Ramadhan
Monik
Hermawati
Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional
Dimensi Perencanaan Pajak
Dalam perencanaan pajak, perusahaan-perusahaan multinasiona memiliki keuntungan yang nyata atas perusahaa-perusahaan domestik karena memiliki lebih banyak fleksibilitas geografis dalam menempatkan sistem produksi dan distribusi. Pergesera penghasilan dan pengeluaran dalam ikatan intra perusahaan juga memberikan MNC kesempatan lain untuk meminimalisir pajak-pajak global yang dibayarkan.
Pengamatan atas masalah perencanaan pajak dimulai dengan dua hal dasar
:
1. Pertimbangan pajak seharusnya tidak pernah mengendalikan strategi usaha
2. Perubahan hukum pajak secara konstan membatasi manfaat perencanaan pajak dalam jangka panjang


Akuntansi Internasional
Penentuan Harga Transfer Internasional variabel-variabel yang menyulitkan
Penentuan harga transfer merupakan sesuatu yang baru timbul belakangan ini. Penentuan harga transfer di Amerika Serikat berkembang bersamaan dengan pergerakan desentralisasi yang mempengaruhi banyak usaha Amerika selama paruh pertama abad ke-20. Sekali perusahaan berekspansi secara internasional masalah penentuan harga transfer juga berekspansi dengan cepat. Terdapat faktor-faktor diantaranya :
1. Faktor Pajak
2. Faktor Tarif
3. Faktor Daya Saing
4. Keterkaitan mitra usaha patungan sangat menyulitkan pengambilan keputusan untuk penetapan harga pengiriman.

Akuntansi Internasional
Pertimbangan-pertimbangan Pajak
Jika tidak ditiadakan oleh UU, keuntungan perusahaan bisa ditingkatkan dengan menetapkan harga pengiriman untuk memindahkan keuntungan dari anak perusahaan yang berlokasi di negara-negara berpajak tinggi ke anak perusahaan yang berlokasi di negara-negara berpajak rendah. Pengiriman intra perusahaan didasarkan pada harga yang terjaga. Harga yang terjaga adalah salah satu pihak yang tidak terkait akan menerima barang yang sama atau serupa dalam situasi sama atau serupa.
Akuntansi Internasional
PENENTUAN HARGA TRANSFER
Perusahaan juga bisa mengakali pajak dengan menentukan harga transfer yang tinggi untuk mengalihkan komponen yang dikirim ke cabang perusahaan di Negara pajak rendah dan sebaliknya. Harga transfer ini akan menjadi pendapatan untuk unit yang menerimanya.
Kucing-kucingan antara pengusaha dengan tariff pajak ini membuat pemerintah AS mengeluarkan bagian 482 undang-undang Pajak Penghasilan yang memberikan wewenang kepada Mentri Keuangan untuk mencegah penggeseran laba antar pembayar pajak terkait perbedaan tariff pajak nasional. PAsal 482 menentukan bahwa harga transfer antar perusahaan ditentukan oleh harga transaksi wajar. Haga transaksi wajar merupakan harga yang akan diterima oleh pihak-pihak tidak berhubungan istimewa untuk barang-barang yang sama dan dalam keadaan yang sama.

PRAKTIK HARGA TRANSFER
Tiga tujuan penting dari penerapan harga transfer yang dijawab oleh para eksekutif keuangan di AS ; mengelola beban pajak, mempertahankan posisi daya saing perusahaan, mempromosikan evaluasi kinerja setara dan memberikan motivasi kepada karyawan. Beberapa berpandangan bahwa penentuan harga transfer hanya sekedar kepatuhan pajak. Melihat sulitnya penentuan tariff pajak, banyaknya celah untuk menghindar dari pajak serta kemajuan teknologi informasi membuat pemerintah semakin sulit untuk menentukan pajak. Beberapa pihak mendukung unitary tax (pajak tunggal).
Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional
Masa depan
Setiap negara akan mengenakan pajak atas sebagian laba berdasarkan tarif yang dipandang sesuai. Jelasnya perpajakan dimasa depan menghadapi banyak perubahan dan tantangan Variable mata uang asing memiliki pengaruh yang sama dengan variable perpajakan , karena sama-sama memperngaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan investasi. Oleh karena itu perusahaan berusahan untuk meminimalkan beban pajak internasioanal.
Akuntansi Internasional
Sistem Administrasi Pajak
Sistem Klasik
Pajak penghasilan perusahaan atas penghasilan kena pajak dikenakan pada tingkat perusahaan dan tingkat pemegang saham.
Sistem Terintegrasi
Pajak perusahaan dan pemegang saham terintegrasi sedemikian rupa sehingga mengurangi atau mengeliminasi pengenaan pajak berganda atas pendapatan perusahaan.

Akuntansi Internasional
Insentif Pajak Luar Negeri
Tax holiday
Insentif dapat berupa hibah tunai bebas pajak yang digunakan untuk biaya aktiva tetap dan proses industri baru atau pengampunan untuk membayar pajak selama beberapa periode waktu
Tax havens
Negar yang memiliki keistimewaan pajak khusus juga dapat dianggap sebagai surga pajak dalam waktu terbatas Kompetisi Pajak yang Membahayakan Harmonisasi Internasional.

Akuntansi Internasional
Full transcript