Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

HAMBURAN CAHAAYA

No description
by

Septiana Panganggit

on 4 September 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of HAMBURAN CAHAAYA

HAMBURAN CAHAYA
"HAMBURAN"
Hamburan cahaya adalah fenomena Penyerapan dan pemancaran cahaya oleh partikel-partikel gas dimana cahaya yang dalam bentuk Gelombang elektromagnetik akan menabrak partikel atmosfer yang berukuran besar sehingga menyebabkan radiasi elektomagnetik tersebut dihamburkan. Interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan atmosfer dapat menimbulkan adanya hamburan dan penyerapan gelombang elektromagnetik tersebut oleh berbagai partikel atmosfer.
Perilaku hamburan tergantung pada nilai indeks refraktif dan parameter ukuran seperti formula berikut.

χ=2πr / λ

Jika nilai X lebih kecil dari 0.01 maka akan terjadi hamburan rayleigh, dan jika nilai X mendekati besarnya panjang gelombang akan terjadi hamburan mie (Liang, 2004).
Ciri dan Contoh Hamburan Rayleigh
~> Ciri - ciri hamburan rayleigh :
1) Terjadi pada ketinggian antara 4500 – 9000 meter
2) Terjadi pada gelombang pendek, cuaca cerah, dan mengandung gas nitrogen dan oksigen.
~> Contoh :
Hamburan ini menyebabkan foto hitam putih nampak berkabut, sedangkan pada foto berwarna memberikan warna abu kebiruan yang mengurangi ketajaman objek pada foto.

***Tips Fotografi :Untuk mendapatkan foto udara yang bagus maka harus dipasang filter kuning yang fungsinya untuk menghalangi saluran biru masuk ke kamera.
1. Hamburan Rayleigh
Hamburan rayleigh terjadi ketika panjang gelombang radiasi lebih besar dibandingkan dengan ukuran partikel penghambur. Jumlah radiasi gelombang elektromagnetik yang terhambur dapat didekati dengan menggunakan koefisien volume hamburan (Landgrebe, 2003), berikut.



Keterangan :
N : jumlah partikel per cm3
V : Volume partikel penghambur
λ : Panjang gelombang radiasi
n : indeks refraksi partikel
no : indeks refraksi medium
2. Hamburan Mie
Hamburan mie terjadi ketika gelombang elektromagnetik berinteraksi dengan berbagai partikel atmosferik dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan panjang gelombang tersebut. Besar koefisien hamburan dapat didekati dengan formula berikut (Landgrebe, 2003).



Keterangan :
N(a) : jumlah partikel pada a, a+da
K(a,n) : Penampang melintang hamburan
a : radius partikel-partikel spheris
n : indeks refraksi partikel
"LANGIT BIRU"
Panjang gelombang pendek akan terhambur lebih kuat oleh hamburan rayleigh ini. Gelombang biru (0.4 – 0.5 µm) yang merupakan gelombang terpendek dari spektrum tampak (visible spectrum) terhambur oleh partikel rayleigh ini. Efek dari hamburan rayleigh terhadap gelombang biru ini adalah kenampakan warna biru di langit pada siang hari.
"SENJA JINGGA"
Ketika warna biru dan ungu sudah lebih banyak dihamburkan, maka warna-warna dengan frekuensi kecil seperti merah, jingga, dan kuning tetap bergerak lurus melewati atmosfer. Akibatnya, pada belahan bumi yang lebih timur, orang sudah tidak lagi dapat melihat warna biru dan ungu karena sudah dihamburkan. Saat itu, orang pada belahan bumi yang lebih timur hanya akan melihat “sisa” warna yang belum terhamburkan. Siswa warna yang masih ada adalah percampuran antara merah, jingga, dan kuning. Itulah sebabnya mengapa langit tampak berwarna merah ketika sore hari.
Penyebab dan Ciri Hamburan Mie
Hamburan mie dapat disebabkan oleh dua sumber penyebab hamburan, yaitu partikel yang berasal dari permukaan bumi dan partikel akibat berbagai proses reaksi kimiawi pada atmosfer ataupun kondensasi. Partikel asap, debu, garam dari penguapan air laut, mineral sulfat, nitrat di atmosfer dapat mengakibatkan hamburan ini.

Ciri-ciri hamburan mie :
1) Terjadi pada cuaca berwarna
2) Terjadi pada gelombang panjang
3) Terjadi pada ketinggian kurang dari 4500 meter.
4) Hamburan Mie banyak tersebar pada saluran hijau.
3. Hamburan Non Selective
Hamburan non selektif merupakan hamburan yang menghamburkan hampir seluruh spektrum tampak di atmosfer. Hamburan non selektif terjadi ketika gelombang elektromagnetik berinteraksi dengan partikel atmosferik yang berukuran lebih besar dari panjang gelombangnya. Butiran air hujan dan fragmen es pada awan hujan dapat mengakibatkan hamburan tipe ini. Sinar matahari tidak dapat menembus awan hujan karena seluruh gelombang tampak terhamburkan oleh partikel-partikel air pada awan hujan tersebut.
Hamburan ini memiliki diameter material yang lebih besar dari spectrum tampak dengan material seperti: debu, asap, uap air, CO3, dan sebagainya.
KESIMPULAN
Hamburan Rayleigh terjadi apabila tenaga radiasi gelombang berinteraksi dengan partikel atmosfer yang garis tengahnya jauh lebih kecil daripada panjang gelombang radiasi yang berinteraksi tersebut.

Hamburan Mie terjadi ketika besar garis tengah partikel di atmosfer sama dengan besarnya panjang gelombang tenaga radiasi yang berinteraksi.

Pemendaran ini terjadi ketika besar garis tengah partikel di atmosfer jauh lebih besar daipada besar panjang gelombang yang berinteraksi.
Ciri dan Contoh Hamburan Non Selective
Hamburan ini dicirikan dengan warna langit yang gelap
contoh : awan komulonimbus.
THANK YOU
Mengapa ada jingga ketika senja tiba ?
Dengan persamaan kesetaraan energi-massa dari Einstein diperoleh perumusan sebagai berikut.
Untuk foton, besarnya energi adalah hf, maka momentum foton adalah sebagai berikut
Keterangan:
h = konstanta Planck yang nilainya 6,63 x 10-34 J.s;
f = frekuensi foton;
c = cepat rambat cahaya; dan
λ = panjang gelombang foton.
4. Hamburan Compton
Full transcript