Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PENGARUH PENGGUNAAN PONSEL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA

No description
by

alya iffat

on 2 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PENGARUH PENGGUNAAN PONSEL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA

Notes
METODE PENELITIAN
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
IINSTRUMEN PENELITIAN
PENGARUH PENGGUNAAN PONSEL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA SMA NEGERI 1 DEPOK
LATAR BELAKANG
Teknologi dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia dalam melakukan aktivitasnya.
Ponsel merupakan salah satu teknologi yang telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan.
Dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan ponsel, ada dampak negatifnya.


RUMUSAN MASALAH
Hal apa yang biasa dilakukan remaja SMAN 1 Depok dengan ponselnya?
Seberapa penting peran ponsel terhadap kehidupan remaja SMAN 1 Depok sehari-hari?
Bagaimana dampak penggunaan ponsel pada kehidupan sosial remaja SMAN 1 Depok?
TUJUAN PENELITIAN
Mengidentifikasi hal yang biasa dilakukan remaja SMAN 1 Depok dengan ponselnya.
Menganalisis seberapa penting peran ponsel terhadap kehidupan remaja SMAN 1 Depok sehari-hari.
Menganalisis dampak penggunaan ponsel pada kehidupan sosial remaja SMAN 1 Depok.

TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Tempat : SMA Negeri 1 Depok
Waktu : Tahap pertama yaitu pengisian dan pengolahan kuisioner oleh responden serta wawancara pada tanggal 14-22 September 2013. Sedangkan pada tahap kedua yaitu pengolahan data akhir sampai penyelesaian penelitian pada 22-25 September 2013.

Pie Chart Kepemilikan Ponsel Secara Umum
MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini ditulis untuk menginformasikan kepada pembaca bagaimanakah pengaruh penggunaan ponsel terhadap interaksi sosial remaja.


HIPOTESA
Diduga remaja lebih banyak menghabiskan waktunya dalam menggunakan ponsel.
Diduga faktor eksternal memengaruhi penggunaan ponsel pada remaja.
Diduga penggunaan ponsel pada remaja memengaruhi interaksi sosial remaja.

Penelitian ini merupakan jenis deskriptif korelasional.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden melalui pengisian kuisioner dan hasil wawancara. Sedangkan data sekunder didapatkan dari dokumentasi

Kuisioner
Wawancara
Kamera
Laptop
Recorder

Pie Chart Kepemilikan Ponsel Berdasarkan Waktu

Pie Chart Mengenai Seberapa Penting Ponsel Bagi Pelajar Menurut Responden

Pie Chart Mengenai Pentingnya Ponsel Dalam Membantu Kehidupan Sosial Responden Secara Umum

Pie Chart Mengenai Kepemilikan Ponsel Berdasarkan Teman Pergaulan

Pie Chart Intensitas Penggunaan Ponsel Dalam Sehari
Pie Chart Mengenai Penggunaan Ponsel Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pie Chart Mengenai Penggunaan Ponsel Ditengah Kegiatan Belajar Mengajar
Pie Chart Mengenai Penggunaan Ponsel Ditengah Berlangsungnya Acara Keluarga/Teman

Pie Chart Mengenai Jenis Interaksi yang Sering Responden Lakukan

Pie Chart Mengenai Terganggunya Proses Interaksi Akibat Ponsel

Pengunaan ponsel di kalangan remaja sangat tinggi
Remaja sudah dikenalkan dengan ponsel sejak Sekolah Dasar
Ponsel secara tidak langsung sudah menjadi kebutuhan primer bagi remaja
Sebagian besar remaja menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi dan media hiburan
Intensitas penggunaan ponsel disesuaikan dengan kebutuhan

KESIMPULAN

SARAN
Berdasarkan kesimpulan yang telah didapat, penulis memberikan saran kepada remaja untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas interaksi secara langsung, mengingat banyaknya remaja yang lebih mengutamakan interaksi menggunakan ponsel daripada bertatap muka langsung.
ADA PERTANYAAN?
“Hp sekarang itu anggapannya udah kayak barang primer, semua org udah punya hp kayanya…dari presiden sampe abang batagor aja udah pake hp. Bagus sih, berarti rakyat indonesia udah banyak yang ga gaptek tapi ga enaknya banyak orang yang jadi kecanduan sama hp apalagi socmed di dalemnya. Kayak mereka jadi lebih mentingin sosialisasi di socmed dibandingin di kehidupan nyata. Apalagi jaman sekarang balita aja udah dikasih hp dan temen-temennya sama orang tua mereka.” (NA, Perempuan, kelas XI)
“Menurut gue hp itu kebutuhan. Udah jadi sifat masyarakat kan yang pingin serba praktis dan efisien buat komunikasi dan nyari informasi. Ngapain juga ikut-ikut temen, secara emang hp udah bener-bener jadi kebutuhan setiap individu deh. Dari segi mana juga, hp itu kan fungsional banget…telepon, chatting, sms, browsing, apa aja juga bisa di hp.”
(DDA, Perempuan, Kelas XII)
“Menurut gue ponsel itu penting, dan perannya besar banget. Karena sekarang kalo ada info-info tugas di sebarinnya di jejaring sosial. Dengan adanya ponsel, jejaring sosial dapat diakses dengan mudah. Kalau dalam kehidupan sosial yaa jadi lebih mudah untuk berkomunikasi. Apalagi sama temen yang jauh. Kalo ga ada ponsel jadinya ribet.”
(RR, Perempuan, kelas XII)
“Menurut gue ponsel mungkin bisa ganggu interaksi, karena di ponsel terdapat aplikasi Games yang dapat menghambat sesuatu yang sedang kita lakukan.” (MF, Laki-laki, X)
Full transcript