Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Air Conditioning system

No description
by

andhika dwi saputro

on 6 June 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Air Conditioning system

Menurut W.F. Stoecker dan JW Jones; pengkondisian udara adalah proses perlakuan terhadap udara untuk mengatur suhu, kelembaban, kebersihan dan pendistribusiannya secara serentak guna mencapai kondisi nyaman yang dibutuhkan oleh penghuni yang berada didalamnya.

Menurut Arismunandar dan Hezo Saito; penyegaran udara adalah proses mendinginkan udara sehingga dapat mencapai temperature dan kelembaban yang sesuai dengan yang dipersyaratkan terhadap kondisi udara dari suatu ruangan tertentu. Selain itu untuk mengatur aliran udara dan kebersihannya.

Definisi Pengkondisian udara menurut para ahli
: Udara luar dikompres oleh kompresor sehingga tekanan dan temperaturnya naik.Udara dengan tekanan dan temperatur tinggi ini kemudian didinginkan oleh udara sekeliling sehingga tekanan dan temperaturnya turun sebelum kemudian diekspansikan oleh turbin. Udara yang diekspansikan di dalam turbin akan mengalami penurunan temperatur sehingga menjadi dingin. Udara dingin inilah yang didistribusikan ke kabin-kabin.
Prinsip kerja sistem refrigerasi gas pada pesawat udara – yang menggunakan siklus terbuka - dapat dijelaskan sebagai berikut
Dengan semakin bertambahnya ketinggian jelajah(Altitude) pesawat maka tekanan & suhu disekitar pesawat akan semakin rendah, sehingga diperlukan sistem refrigerasi yg memenuhi syarat untuk kondisi pada ketinggian sea level dan tinggi jelajah maksimum

Semakin majunya teknologi masa kini penggunaan refrigeran cair pada pesawat dirasa kurang efisien dan tidak ekonomis, untuk itu digunakanlah udara luar sbgai medium penukar kalor Agar distribusi udara dapat dipertahankan sesuai dengan kondisi yang diinginkan maka dilakukan analisa perpindahan kalor pd kabin pesawat & lingkungan sekitarnya sehingga diperoleh beban kalor pemanasan dan pendinginan.

Untuk fungsi pengondisian udara tersebut, ACM pada pesawat terbang menggunakan Ram Air (udara Ram) sebagai fluida pendinginnya analog terhadap freon pada sistem pengondisian udara di mobil. Ram Air merupakan udara dari luar pesawat yang masuk melalui Ram Air Inlet dan keluar melalui Ram Air Outlet Flaps. Temperatur Ram Air bergantung pada ketinggian terbang pesawat. Pesawat terbang komersial umumnya terbang pada ketinggian 26.000 hingga 30.000 kaki dengan temperatur Ram Air sebesar -36°C hingga -44°C.
Secara teknis, pengondisian udara pada pesawat terbang dilakukan dengan menggunakan Air Cycle Machine (ACM). Sistem pengondisian udara pada pesawat terbang merupakan sistem yang berfungsi untuk menjaga udara pada pesawat agar tetap berada pada tekanan, temperatur, dan tingkat kandungan oksigen yang tepat untuk kenyamanan penumpang.
skema aliran bleed air yang masuk kedalam cabin
. Ram Air merupakan udara dari luar pesawat yang masuk melalui Ram Air Inlet dan keluar melalui Ram Air Outlet Flaps. Temperatur Ram Air bergantung pada ketinggian terbang pesawat. Pesawat terbang komersial umumnya terbang pada ketinggian 26.000 hingga 30.000 kaki dengan temperatur Ram Air sebesar -36°C hingga -44°C.
bagaimana RAM-AIR masuk pesawat ?
ini skema nya
Pendingin Pesawa
t

Sistem pendingin pesawat tipe Boeing 737-800NG yang bekerja di darat masih mengandalkan pemanfaatan heat exchanger (utama dan sekunder), air cycle machine (ACM), sensor-sensor dan aliran udara yang mengalir di sistem ram air. Sistem yang bekerja tersebut akan semakin kompleks pada saat pesawat sudah terbang di angkasa. Sistem lain pun, terutama sistem pneumatik, juga mempunyai kontribusi pada saat terjadi permasalahan sistem air conditioning di udara.

Pengaturan Tekanan Kabin Pesawat (Pressurization)

Di atmoster, semakin tinggi terbang jelajah pesawat, maka tekanan udara luar juga akan semakin mengecil. Untuk menjaga kenyamanan penumpang, maka kondisi kabin pesawat dikondisikan seolah-olah mendapatkan tekanan udara seperti di darat. Kondisi tersebut menyebabkan beban tekanan akan mengarah dari dalam kabin ke luar pesawat dan nilai yang dialami oleh struktur pesawat udara akan semakin besar dengan bertambahnya tinggi terbang pesawat.




fungsi pengkondisian udara pada pesawat terbang
by: Andhika Dwi S.
1110620014
Mechanical Engineering
Brawijaya University
Sebagian dari udara kabin diresirkulasikan oleh Re-circulation Fans untuk membatasi kebutuhan Bleed Air dari mesin pesawat. Jika tekanan dalam kabin terlalu tinggi, terdapat Outflow Valve yang akan terbuka untuk mengeluarkan sebagian udara dari dalam kabin sehingga temperaturnya turun.
Air Conditioning system
on an Airplane

Cukup sekian
SEMOGA BERMANFAAT

TERIMA KASIH
Full transcript