Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Tanya Jawab permasalahan pendidikan

No description
by

Juniar Kusumaningrum

on 11 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Tanya Jawab permasalahan pendidikan

Tanya Jawab Permasalahan Pendidikan
Pertanyaan oleh Kevin Bagaskara Kelompok 12
Usaha apa saja yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia, Khususnya daerah terpencil ? berikan contohnya !
Pertanyaan oleh Maidalisa Kelompok 13
1. Mengapa laju pertumbuhan penduduk menjadi faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan ?
2. Apakah ke 4 faktor yang mempengaruhi masalah pendidikan tersebut berkaitan dengan masalah pendidikan atau tidak ? berikan penjelasannya.
Pertanyaan oleh Paula Perana Sari kelompok 10
Pada kenyataannya, tenaga guru di daerah terpencil kurang dan untuk memenuhinya masyarakat setempat yang hanya tamatan SMP, SMA/SMK diangkat menjadi tenaga guru di sekolahan tersebut karena sudah dianggap mampu. Bagaimana menurut anda ? Sementara menjadi seorang guru juga harus mempunyai profesi.
Pertanyaan oleh Inda Petan kelompok 7
1. Fasilitas seperti apa yang paling utama disiapkan bagi sekolah di daerah terpencil ?
2. Berikan contoh multi peran guru ?
Pertanyaan oleh Irham Kelompok 15
Apa hubungan keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan dalam permasalah pendidikan ?
Pertanyaan Rambusari Goro Kelompok 14
Seorang yang pintar belum tentu kreatif, dan seseorang yang kreatif sudah pasti pintar. Jika anda berperan sebagai kepala sekolah, Bagaimana cara anda dalam melakukan seleksi guru yang menjadi tenaga pengajar bagi sekolah yang anda pimpin?
Pertanyaan oleh Dercy Sarlout Kelompok 17
Bagaimana mengatasi faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan ?
Pertanyaan oleh Hardiyanti Kelompok 9
Jika anda berperan sebagai guru yang baik, bagaimana anda menghadapi seorang murid yang hanya bisa diam sehingga ia menjadi murid yang cerdas dalam hal pengetahuan dan keberanian ?
Pertanyaan oleh Sarlotha Plaimo Kelompok 2
1. Mengapa sistem pendidikan dikatakan erat kaitannya dengan sosial budaya dan pembangunan nasional ?
2. Apa dampak dari sistem pendidikan, sosial budaya, dan pembangunan nasional yang menurut anda merupakan masalah pendidikan ?
Banyak usaha yang telah dan sedang dilakukan pemerintah dalam mengatasi permasalahan pendidikan khususnya bagi daerah terpencil. Salah satu contoh usaha yang telah dilakukan pemerintah yaitu mengadakan dan melaksanakan program PPGT dan SM3T.
Jawaban :
1. Laju pertumbuhan mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan karena dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka penyediaan sarana dan prasarana pendidikan beserta komponen penunjangnya harus ditambah dan ini berarti beban pembangunan nasional menjadi bertambah.
2. Faktor tersebut berpengaruh terhadap masalah pendidikan misalnya.
*faktor perkembangan iptek berkaitan dengan masalah efisiensi pendidikan.
*faktor laju pertumbuhan berkaitan dengan masalah pemerataan pendidikan.
*faktor aspirasi masyarakat berkaitan dengan masalah mutu pendidikan.
*faktor keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan berkaitan dengan masalah pemerataan pendidikan.
Jawaban :
Jawaban :
Menurut kami, masalah tersebut dapat digolongkan dalam masalah mutu pendidikan, dimana tenaga kependidikan diharapkan mampu mencapai hasil belajar yang bermutu. dan pemecahan tersebut dapat diatasi dengan pengembangan kemampuan tenaga kependidikan malalui studi lanjut, latihan, penataran, seminar, dan kegiatan kelompok studi seperti PKG.
Jawaban :
1. Fasilitas yang paling utama ini berkaitan dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah di daerah terpencil. Sehingga penetapan utama bagi daerah terpencil membutuhkan pemetaan sekolah terlebih dahulu agar pemberian fasilitas lebih efektif dan efisien.
2. Multi peran guru di sini yaitu guru selain sebagai tenaga kependidikan juga berperan salah satunya sebagai motivator (pemberi motivasi belajar). Ilustrasinya yaitu guru pada saat mengajar berperan sebagai pendidik ketika menemukan murid yang sedang kurang semangat, guru mampu berperan menjadi motivator agar murid tersebut semangat dalam belajar.
Jawaban :
Keterbelakangan budaya salah satunya karena penolakan masyarakat terhadap datangnya unsur budaya baru karena tidak dipahami atau dikhawatirkan akan merusak sendi masyarakat. sehingga dapat dilihat bahwa kelompok masyarakat yang terbelakang kebudayaannya tidak ikut berperan serta dalam pembangunan pendidikan, sebab mereka kurang memiliki dorongan untuk maju.
Jawaban :
Cara mengatasinya yaitu tergantung pada faktor tersebut termasuk kedalam permasalahan pokok pendidikan yang mana. Sehingga dapat dicarikan solusi pemecahan masalahnya.
Jawaban :
Penyeleksian guru sebagai tenaga pengajar dilihat dari :
1. Guru yang mengerti paedagogi
2. Guru yang sesuai dengan visi misi sekolah
3. Punya kemampuan komunikasi dan sosial yang bagus
4. Guru yang kreatif, inovatif dan inspiratif.
Jawaban :
Guru yang mengerti harus bisa memberikan motivasi dan stimulus/rangsangan kepada anak muridnya yang pendiam sehingga menjadi aktif di kelas. Salah satunya seperti memberikan tugas bercerita di depan kelas.
Jawaban :
1. Sistem pendidikan tersebut jika dapat menggapai masyarakat yang bersosial budaya berarti dapat melibatkan mereka untuk berperan serta dalam pembangunan nasional.
2. Dampak dari tiga hal tersebut yang merupakan masalah pendidikan yaitu berdampak kepada mutu pendidikan sebagai hasil belajar yang kurang berkualitas karena berkaitan dengan kondisi sosial budaya dan kondisi ekonomi masyarakat sehingga pembangunan nasional terhambat.
Full transcript