Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Muted Group Theory

No description
by

aldi novianda

on 10 January 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Muted Group Theory

Teori Kelompok Kebisuan (kelompok terpinggirkan) teori kelompok-kelompok merupakan salah satu dari cabang teori kritis, karena ia menitik beratkan pada masalah yang berkaitan dengan kekuasaan dan bagaimana kekuasaan itu digunakan untuk melawan orang - orang.
Teori ini bermula dari premisnya yang mengatakan bahwa struktur bahasa memiliki ikatan secara kultural dan berhubungan dengan kultur yang terbentuk. dan karena lelaki memiliki kekuasaan yang lebih besar daripada perempuan, maka dari itu, lelaki memiliki pengaruh lebih besar terhadap perkembangan kebahasaan, sehingga menghasilkan struktur bahasa yang bias lelaki, dan lebih memihak kepada kekuasaan lelaki. lelaki menciptakan kata - kata dan makna - makna yang kemudian akan terbentuk secara kultural dalam artian menjadi sebuah kewajaran secara sosial. dari bahasa tersebut, mereka akan mengekspresikan ide - ide mereka. disisi lain perempuan, tertinggal jauh atau ditinggalkan jauh dibelakang, mereka tidak diberi tempat untuk menciptakan makna - makna dan meninggalkannya tanpa makna - makna yang bisa mengekspresikan hal - hal yang unik bagi mereka. nah, praktik inilah yang disebut dengan meninggalkan perempuan atau menempatkan perempuan sebagai kelompok kesunyian, atau kelompok kebisuan.
Contoh dalam konteks di Indonesia:
Di Indonesia dapat dilihat bahwa yang selalu mendominasi menjadi calon presiden pada Pemilu adalah kaum laki laki. berdasarkan statistik yang selama ini terlihat pihak perempuan yang maju menjadi calon presiden sangat sedikit seperti Megawati Soekarno Putri. Jika dilihat dari fakta memang yang menjadi presiden Indonesia yang didapat berdasarkan Pemilu atau pengangkatan resmi adalah pihak laki laki seperti pada zaman orde lama diberi pada Ir.Soekarno, kemudian berlanjut pada orde baru yaitu soeharto, hingga sekarang yang sedang dijabat oleh Susilo Bambang Yudhoyono.Di Indonesia hanya satu kali perempuan memiliki kesempatan jadi presiden yaitu ketika Megawati Soekarno Putri diangkat menggantikan Mantan Presiden Abdurrahman Wahid. Berdasrkan fenomena ini dapt dilihat bahwa laki laki memang lebih memiliki pengaruh dan kekuasaan dalam masyarakat

MUTED GROUP THEORY
Full transcript