Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

RANCANG BANGUN KWH METER DIGITAL BERBASIS MODUL ARDUINO MEGA

No description
by

noorriswati wiwit

on 22 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of RANCANG BANGUN KWH METER DIGITAL BERBASIS MODUL ARDUINO MEGA

Latar Belakang
Tujuan Pembuatan
Batasan Masalah
Saran
Kesimpulan
Cara Kerja Sistem
Kemajuan teknologi membawa perubahan pada peralatan – peralatan yang dulunya bekerja secara analog / manual mulai banyak dikembangkan secara otomatis dan digital, seperti halnya computer digital, kamera digital, handycam hingga alat ukur digital yang mempermudah pembacaan besaran-besaran yang dikehendaki. Menyadari akan banyaknya kelebihan perangkat digital, maka dirancang alat ukur penggunaan energi listrik (KWH Meter) digital yang memberikan kemudahan untuk melakukan kalkulasi pada daya yang digunakan sekaligus membantu mempermudah sistem monitoring otomasi rumah karena data pengukuran dapat dimonitoring melalui aplikasi android
Untuk penyempurnaan lebih baik KWH Meter Digital ini diberi tombol reset manual pada hardware yang mempermudah pengguna untuk me reset data tanpa harus melalui server.
Dalam kalibrasi hasil pengukuran lebih baik menggunakan alat ukur yang memiliki kehandalan tinggi atau sudah ditera dengan PLN.
Trafo tegangan yang digunakan ada baiknya menggunakan trafo dengan perbandingan yang lebih valid/teliti.

Memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Diploma III Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dan diperoleh selama menempuh pendidikan pada Program Studi Diploma III Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Merancang KWH meter digital berbasis Arduino Mega 2560 yang mempermudah pengguna untuk memantau penggunaan energi listrik.
Penggunaan Arduino Mega 2560 sebagai otak yang akan memproses semua input, output, komunikasi data dan menjalankan sistem secara keseluruhan.
Penggunaan trafo ukur untuk mengetahui tegangan dan arus yang melalui sistem.
Penggunaan rangkaian komparator cosphi untuk mendeteksi perbedaan sudut fasa dari tegangan dan arus.
Tampilan display pada LCD 20x4
Kombinasi rangkaian sensor arus, sensor tegangan dan rangkaian komparator cosphi untuk KWH Meter Digital.

Modul arduino mega 2650 sebagai otak pemrosesan semua input yang terdiri dari data pembacaan arus, tegangan dan cosphi serta melakukan kalkulasi data sehingga data penggunaan kwh dapat ditampilkan dalam display LCD 20x4.
Penggunaan trafo arus dan trafo tegangan sebagai sensor pengukuran besaran listrik memiliki eror 5% untuk trafo arus dan 0,45% untuk trafo tegangan jika dibandingkan dengan alat ukur.
Penggunaan rangkaian komparator cosphi untuk mendeteksi beda fasa memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena frekuensi listrik yang berubah-rubah. Selain itu pemrograman pada modul arduino pun tidak dapat dilaksanakan dalam satu modul karena pembacaan millis yang berbenturan sehingga pada sistem ini digunakan 2 modul arduino.
Display LCD 20x4 sebagai media penampil hasil pengolahan data arduino mega 2560 yang berupa tegangan, arus, cosphi, dan kwh.
KWH Meter Digital ini memiliki eror 1,96% jika dibandingkan oleh kwh meter piringan/ analog.
Proses kerja sistem ini diawali dengan sensor tegangan mendeteksi tegangan, sensor arus mendeteksi arus, dan komparator cosphi yang mendeteksi perbedaan sudut fasa.
Output komparator cosphi diolah oleh arduino uno, lalu hasilnya dikirim ke arduino mega 2560. Bersamaan dengan itu ouput dari sensor tegangan dan arus juga diolah oleh arduino mega 2560.
Nilai dari inputan sensor tegangan, arus dan komparator cosphi diolah oleh arduino mega 2560 lalu hasilnya ditampilkan pada LCD 20x4 dan dikirim ke server
setiap saat arduino mega 2560 meminta data penggunaan data dari server untuk dikalkulasi dengan perhitungan saat itu.
Reset penggunaan meter dapat dilakukan via server atau aplikasi android
Rabu, 10 September 2014
Dipersembahkan Oleh:
Noorriswati A.W.
21060111060007
RANCANG BANGUN KWH METER DIGITAL BERBASIS MODUL ARDUINO MEGA 2560 DALAM SISTEM OTOMASI RUMAH
Diagram Blok Sistem
Rangkaian Keseluruhan
Komponen
Modul Arduino Mega 2560
Rangkaian Sensor Arus
Rangkaian Sensor Tegangan
Rangkaian Komparator Cosphi
LCD 20x4
Spesifikasi
Arduino Mega 2560
Rangkaian Sensor Arus
Pada rangkaian sensor arus ini menggunakan trafo arus yang dipasang seri pada beban. Prinsip kerja trafo arus jika pada kumparan primer timbul GGM . GGM ini memproduksi fluks pada inti, kemudian membangkitkan GGL pada sisi sekunder. Jika terminal kumparan sekunder tertutup , maka pada kumparan sekunder mengalir arus , arus ini menimbulkan GGM pada kumparan sekunder. Output dari trafo arus disearahkan dengan rectifier lalu melalui rangkaian pembagi tegangan sebelum masuk ke mikro agar tegangan yang masuk pada mikro tidak lebih dari 5V.
Rangkaian Sensor Tegangan
Rangkaian sensor tegangan ini menggunakan trafo tegangan yang dipasang paralel pada beban. Trafo tegangan pada dasarnya merupakan sebuah transformator stepdown biasa yang menurunkan tegangan sehingga tegangan dapat dibaca oleh alat ukur. Dalam sistem ini tegangan diturunkan menjadi 6V lalu disearahkan menggunakan rectifier. Tegangan searah tersebut lalu diproses oleh rangkaian pembagi tegangan agar output yang masuk pada mikro tidak lebih dari 3V
Rangkaian Komparator Cosphi
Pada rangkaian ini digunakan IC komparator LM358 dan IC EX-OR CD4070. Inputan dalam rangkaian komparator ini adalah dari sensor tegangan dan sensor arus. Fungsi dari komparator adalah membentuk inputan sinyal AC sinus menjadi outputan sinyal kotak yang dapat dibaca mikro. Sifat dari komparator itu sendiri adalah membandingkan tegangan input dan tegangan referensi. Pada komparator, tegangan referensinya bernilai 2,5V. . Dimana outputan dari komparator tegangan dan arus adalah frekuensi. Kemudian output dari komparator tegangan dan komparator arus masuk ke rangkaian EX-OR, dimana outputannya berupa sinyal kotak yang periode outputannya sesuai dengan beda fasa antara sinyal tegangan dan sinyal arus. Jika sinyal tegangan dan sinyal arus tidak terdapat beda fasa maka output EX-OR akan logic 0, tetapi bila ada perbedaan beda fasa maka outputnya berupa pulsa high low dimana lebar pulsa tergantung dari besarnya sudut fasa dari sinyal tegangan dan sinyal arus.
Konfigurasi PIN pada LCD :
Pin 1 (Vss) sebagai jalur power supply ground (GND).
Pin 2 (Vcc) sebagai jalur power supply positif (+5V).
Pin 3 (Vee) merupakan kontrol kontras LCD.
Pin 4 (RS) jalur instruksi pemilihan data atau perintah.
Pin 5 (R/W) merupakan jalur instruksi read / write pada LCD.
Pin 6 (E) jalur kontrol enable LCD.
Pin7 – pin 14 (DB0 – DB7) adalah jalur data kontrol dan data karakter untuk LCD
LCD 20x4
Full transcript