Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Peran dan Fungsi Sosiologi

No description
by

Anindita Puteri Wandansari

on 27 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Peran dan Fungsi Sosiologi

Penjelasan masing-masing fungsi sosiologi :
Pengetahuan sosiologi telah diterapkan secara umum. Banyak sosiolog yang dipekerjakan dalam instansi-instansi Negara maupun menjadi konsultan berbagai perencanaan pembangunan. Dalam hal ini, peran sosiolog sangat dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan penelitian, pengolahan data, dan perencanaan kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat.

Fungsi Sosiologi dalam Kajian Berbagai Gejala Sosial
a. Definisi Gejala Sosial
Gejala sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial.
a. Di Bidang Riset
Fungsi Sosiologi
a. Sosiologi mendorong untuk meninjau kembali pemahaman kita dan orang lain tentang pemahaman yang familiar. Dari sini kita bisa mengkritik pemahaman yang dianggap secara umum memang begitu (estabilised) yang pada dasarnya sudah perlu diubah.
Peran Sosiologi
Di Bidang Teknis
3. Pembangunan
Peran dan Fungsi Sosiologi
Para sosiolog menaruh perhatian besar terhadap perkembangan ilmu yang digelutinya tersebut sehingga mereka melakukan riset ilmiah untuk memperoleh berbagai data mengenai kehidupan sosial suatu masyarakat yang kemudian diolah menjadi suatu karya ilmiah. Temuan tersebut akan berguna dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial dalam masyarakat.
b. Di Bidang Kebijakan Pemerintah
Dalam proses pembangunan, sosiolog juga berperan sebagai konsultan kebijakan, yaitu dengan memberikan informasi mengenai pengaruh atau dampak sosial yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan pembangunan tersebut, sehingga dapat diantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk terkait masalah sosial dalam proses pembangunan.
Beberapa sosiolog terlibat terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat, mereka memberi saran-saran, baik dalam penyelesaian berbagai masalah hubungan masyarakat, masalah moral, maupun hubungan antarkelompok dalam suatu organisasi.
Di Bidang Pendidikan
Seorang sosiolog harus mampu menyajikan dan mentransfer pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain agar ilmu tersebut semakin berkembang dan juga bermanfaat bagi masyarakat luas. Sosiologi membantu para pendidik dalam menyajikan fakta sosial secara objektif, misalnya menyajikan data kemiskinan. Data yang disampaikan hendaknya bersifat objektif, tidak memihak, dan apa adanya.
b. Sosiologi memberdayakan kita untuk menjadi aktif berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat menuju kebaikan bersama.
c. Sosiologi menolong kita untuk mengenali perbedaan (pluralitas) manusia dalam menghadapi tantangan kehidupan dalam dunia yang bervariasi/beragam.
1) Perencanaan Sosial
Perencanaan merupakan kegiatan untuk mempersiapkan masa depan kehidupan masyarakat secara ilmiah dan bertujuan untuk mengatasi berbagai hambatan. Sifat dari perencanaan sosial adalah preventif sehingga kegiatannya meliputi pengarahan-pengarahan dan bimbingan sosial tentang cara-cara hidup masyarakat agar menjadi lebih baik

2) Penelitian
Melalui adanya penelitian dan penyelidikan sosiologi akan diperoleh berbagai fakta sosial yang sangat bermanfaat dalam membuat perencanaan pembangunan ataupun pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Misalnya pencegahan perilaku menyimpang melalui kontrol sosial yang matang dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Sosiologi sangat berguna dalam memberikan data sosial yang diperlukan bagi tiga tahap proses pembangunan, yaitu
tahap perencanaan
,
pelaksanaan
, dan
penelitian
.
4) Pemecahan Masalah Sosial
Para ahli sosiologi telah melahirkan metode-metode baru sebagai jalan pemecahan masalah sosial. Berbagai masalah sosial lambat laun dapat dipecahkan. Untuk meniadakan kepincangan-kepincangan dalam masyarakat dihasilkan dua metode yang bersifat preventif dan represif

b. Fungsi Sosiologi dalam Mengkaji Gejala Sosial dalam Masyarakat
Fungsi penelitian memungkinkan sosiologi mampu mengkaji gejala-gejala sosial dan budaya yang terjadi dalam masyarakat, fungsi penelitian dalam sosiologi sangat membantu dalam mengatasi gejala-gejala sosial, terutama dalam memahami pola-pola tingkah laku manusia di masyarakat.
Full transcript