Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Permintaan, Penawaran dan Kesimbangan Pasar

No description
by

irvan faried

on 25 February 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Permintaan, Penawaran dan Kesimbangan Pasar

Permintaan,Penawaran dan Kesimbangan Pasar
Teori Penawaran
Terdapatnya permintaan belum merupakan syarat yang cukup untuk mewujudkan transaksi dalam pasar, sehingga terbentuknya fungsi dari penawaran yakni dimana hukum penawaran menjelaskan tentang sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan oleh para penjual.
Gerakan sepanjang kurva permintaan dan penggeseran kurva permintaan.
Dalam menganalisis penawaran perlu dibedakan pengertian gerakan sepanjang kurva penawaran dan penggeseran kurva penawaran.
Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan.
Hubungan Keseimbangan Permintaan dan Penawaran, dan Perubahannya
Harga suatu barang dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan ditentukan oleh permintaan dan penawaran barang tersebut. Oleh karena itu, untuk menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan, secara serentak perlu dianalisis keseimbangan antara penawaran dan permintaan terhadap suatu barang tertentu yang wujud di pasar.
Suatu keadaan di pasar dapat dikatakan seimbang atau ekuilibrium apabila jumlah barang yang ditawarkan para penjual pada suatu harga tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta para pembeli pada harga tersebut. Tiga cara yang dapat digunakan untuk menunjukkan keadaan keseimbangan tersebut, yaitu dengan menggunakan angka, menggunakan kurva permintaan dan penawaran dan menentukan dengan matematik.

oleh:
Chisa Sagina
Prisya Esterlina
Irvan Faried

Teori Permintaan
Definisi permintaan ialah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga tertentu selama periode waktu tertentu pula.
Permintaan suatu barang terutama dipengaruhi oleh tingkat harganya. Oleh sebab itu hubungan antara harga dengan jumlah permintaan menjadi analisis utamanya dengan berasumsikan bahwa “faktor-faktor lain tidak mengalami perubahan atau
ceteris paribus
”.
Hukum permintaan adalah semakin tinggi harga barang atau jasa, maka permintaan terhadap barang dan jasa tersebut cenderung menurun dan sebaliknya semakin rendah harga barang dan jasa, maka permintaan terhadap barang dan jasa tersebut cenderung meningkat
Selain harga terdapat pula faktor - faktor lain yang dapat mempengaruhi permintaan, antara lain:
1. Harga barang lain yang berkaitan : barang pengganti, barang pelengkap dan barang netral

2. Pendapatan para pembeli : inferior, esensial, normal dan mewah

3. Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat

4. Selera masyarakat

5. Jumlah penduduk

6. Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang

Dalam menganalisis permintaan terdapat dua hal yang berbeda yaitu permintaan dan jumlah barang yang diminta. Permintaan adalah keseluruhan daripada hubungan antara harga dan jumlah permintaan. Sedangkan jumlah barang yang diminta dimaksudkan sebagai banyaknya permintaan pada suatu tingkat harga tertentu.

Permintaan terhadap suatu barang dapat dilihat dari dua sudut, yaitu permintaan yang dilakukan oleh
seseorang
dan permintaan yang dilakukan oleh
semua orang dalam pasar
. Oleh karena itu terdapat dua analisis kurva. Kurva permintaan seseorang diperoleh dari permintaan individu itu sendiri, sedangkan kurva permintaan pasar diperoleh dari jumlah berbagai individu dalam pasar.

5000 200
4000 400
3000 600
2000 900
1000 1300

Keadaan Harga (rupiah)
Jumlah yang diminta (unit)
P
Q
R
S
T
Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa makin tinggi harga suatu barang semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut di tawarkan.
Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor, yakni: harga barang itu sendiri, harga barang – barang lain, biaya produksi, tujuan operasi – operasi perusahaan tersebut dan tingkat teknologi yang digunakan.
Harga Jumlah yang ditawarkan

100 200
200 300
300 400
400 500
500 600

Pada umumnya kurva penawaran menaik dari kiri bawah ke kanan atas. Berarti arah penggerakannya berlawanan dengan arah penggerkan kurva permintaan. Bentuk kurva penawaran bersifat itu dikarenkan terdapat hubungan yang positif diantara harga dan jumlah barang yang di tawarkan, yakni makin tinggi harga, makin banyak jumlah yang ditawarkan.
Dimisalkan pada mulanya kurva penawaran adalah SS. Perpindahan titik A ke titik B disebut gerakan sepanjang kurva penawaran.
Penggeseran dari SS menjadi S1S1 ataupun S2S2 menggambarkan perubahan penawaran. Penggeseran kurva penawaran dari SS menjadi S1S1 menyebabkan jumlah yang di tawarkan bertambah dari Q menjadi Q2 walaupun harga tetap sebesar P. Keadaan ini di tunjukan oleh titik A1. Penggeseran SS menjadi S2S2 menggambarkan pengurangan penawaran. Sebagai akibat dari pergeseran tersebut seperti yang di tunjukan oleh titik A2 harga P hanya sebanyak Q3 yang di tawarkan penjual.
a. Keseimbangan secara angka
Menentukan keseimbangan dengan cara ini biasanya terlebih dahulu diadakan survey pasar yang akan mendapatkan suatu data, contohnya pada tabel berikut ini.
Harga (Rp) Jumlah yang diminta Jumlah yang ditawarkan Sifat interaksi

5000 200 900 Kelebihan
4000 400 800 penawaran

3000 600 600 Keseimbangan

2000 800 375 Kelebihan
1000 1000 100 permintaaan


Dari tabel diatas didapat tiga keadaan. Keadaan pertama adalah keadaan kelebihan penawaran, yaitu jumlah yang ditawarkan dipasar melebihi daripada jumlah barang yang diminta para pembeli. Berlaku apabila harga melebihi Rp 3000. Keadaan kedua adalah pada saat dimana permintaan sama dengan penawaran, yaitu pada harga Rp 3000. Disini terjadi keadaan dimana jumlah barang yang ditawarkan penjual sama dengan jumlah barang yang diinginkan pembeli. Keadaan ketiga adalah keadaan kelebihan permintaan, yaitu jumlah yang diminta pembeli melebihi daripada jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual. Berlaku pada harga dibawah Rp 3000
b. Keseimbangan secara grafik
Cara kedua untuk menjelaskan bagaimana harga dan jumlah barang diperjualbelikan di pasar adalah ditentukan dengan gambaran grafik.


Pada harga Rp 3000 kurva permintaan dan penawaran saling berpotongan pada satu titik. Perpotongan itu berarti permintaan sama dengan penawaran, dan dengan demikian keadaan keseimbangan tercapai.
c. Keseimbangan secara matematik
Di samping dengan menggunakan tabel dan grafik, keadaan keseimbangan pasar dapat juga ditunjukkan secara matematik. Oleh karena itu perlulah ditentukan dua persamaan, yaitu persamaan permintaan dan persamaan penawaran. Bentuk umum kedua persamaan itu adalah:
• Persamaan permintaan • Persamaan penawaran

Qd = c - dP Qs = -m + dP

*keterangan:
1. c adalah suatu angka tetap. Nilainya menunjukkan harga barang yang diminta bila tingkat harga nya 0. Nilai c selalu positif.
2. d adalah kecondongan kurva permintaan. Nilainya selalu negatif (-d) karena kurva permintaan menurun dari kiri ke kanan.
3. m adalah suatu angka tetap. Nilainya menunjukkan harga barang yang ditawarkan bila tingkat harganya 0. Biasanya nilai m adalah negatif (-m).
4. n adalah kecondongan kurva penawaran. Nilai m selalu positif karena kurva penawaran naik dari kiri ke kanan.
5. Qd adalah kuantitas yang diminta, Qs adalah kuantitas yang ditawarkan dan P adalah tingkat harga.

Sesuai dengan hukum keseimbangan, keseimbangan pasar dapat dicapai apabila kuantitas yang diminta sama dengan kuantitas yang ditawarkan. Dengan demikian secara matematik, syarat keseimbangan adalah:

Qd = Qs
c - dP = -m + dP

Perubahan Permintaan dan Penawaran
Perubahan kurva permintaan dan kurva penawaran ini disebabkan karena faktor harga. Pada kurva permintaan perubahan menyebabkan keadaan keseimbangan pindah dari E menjadi E1. Perpindahan ini menunjukkan bahwa kenaikkan permintaan menyebabkan harga naik dari PE ke PE’ dan barang yang diperjualbelikan bertambah dari QE ke QE’.
efek pertambahan permintaan
Sedangakan pada kurva penawaran, keadaan keseimbangan berubah dari E ke E’. Maka harga turun dari PE ke PE’ dan jumlah barang yang diperjual belikan bertambah dari QE ke QE’.
efek pertambahan penawaran
Maka dapat disimpulkan, pertambahan permintaan (kurva permintaan bergeser ke kanan) menyebabkan harga turun dan jumlah barang yang diperjual belikan bertambah, maka sebaliknya.
Sedangkan pertambahan penawaran (kurva penawaran bergeser ke kanan) yang menyebabkan harga naik dan jumlah barang yang diperjualbelikan bertambah, maka sebaliknya.
Full transcript