Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

SENI

No description
by

Kadek Gita

on 2 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of SENI

SENI
BUDAYA

+Abad 19
+Abad 20
Seni Klasik Berbasis Modern :
Seni Ini Perkembangannya di mulai pada tahun 1900. Seni dengan ciri ciri kenampakan warna pastel. tidak cukup cerah. dengan teknik dot atau line diagonal. sehingga kenampakan corak belum terlalu terlihat.

Dasar Prinsip
Warna
Warna yang pastelis menyebabkan corak suatu lukisan tidak begitu berwarna menyebabkan lukisan nampak kalem dan terkesan klasis
Contoh
Amrylis By Vincent Van Gogh
Bentuk
Bentuk dari seni rupa abad +19 sendiri sangat unik dan klasik. dengan bentukan yang masih terikat norma dan pandangan kepercayaan. menyebabkan corak menjadi unik
Contoh
Neptune by Julius Cortunii
Corak
corak pada seni abad ke 19 terkesan dekoratif namun naturalis. dan tergantung dari lokasi si pelukis. belum lagi faktor external seperti kepercayaan dan norma yang berlaku.
Contoh
9 Wife Of Chin Lau King by Ni Plau Andebrin
Suara
Seni suara pada abad +19 muncul sekitar tahun 1920 di scotlandia (Bagpipe) dan disusul di amerika 1930 (Marching Band). namun sebelum dari itu seni suara telah muncul dimana mana.
Contoh
Bagpipe Scotland
Nama Kelomok :
Firman Hari W
I Kade Karisma
Mia Fatmawati
Nailul Chasanah
Naimatul Husnia
Nanik Pratiwi
Aliran Aliran Seni Abad ke -19
Impresionisme
Impresionisme adalah sebuah aliran yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Namun kalangan akademisi ada yang justru menampilkan kesan garis yang kuat dalam impresionisme ini.
Keterangan
Tokoh Pendiri
impresionisme diawali oleh lukisan
Claude Monet di paris
Windy Meldy (1907)
Ciri Ciri
Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya), komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol, dan sudut pandang yang tidak biasa.
Tea Party / Toffo Partone (1943)

Tokoh Pendiri
Claude Monet
Renoir
Fauvisme
Keterangan
Fauvisme adalah suatu aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern. Nama fauvisme berasal dari kata sindiran "fauve" (binatang liar) oleh Louis Vauxcelles saat mengomentari pameran Salon d'Automne dalam artikelnya untuk suplemen Gil Blas edisi 17 Oktober 1905, halaman 2.
Tokoh Pendiri
Konsep dasar fauvisme bisa terlacak pertama kali pada 1888 dari komentar Paul Gauguin kepada Paul Sérusier
Ciri- Ciri
Segala hal yang berhubungan dengan pengamatan secara objektif dan realistis, seperti yang terjadi dalam lukisan naturalis, digantikan oleh pemahaman secara emosional dan imajinatif. Sebagai hasilnya warna dan konsep ruang akan terasa bernuansa puitis. Warna-warna yang dipakai jelas tidak lagi disesuaikan dengan warna di lapangan, tetapi mengikuti keinginan pribadi pelukis.

Penggunaan garis dalam fauvisme disederhanakan sehingga pemirsa lukisan bisa mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat. Akibatnya bentuk benda mudah dikenali tanpa harus mempertimbangkan banyak detail.
Tokoh Pendiri
Henri Mattise
Andre Derain
Expresionisme
Keterangan
Ekspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.
The Scream by Edward Munch (1968)
Ciri Ciri
expresionisme merupakan aliran seni yang muncul pada abad 19 - 20. expresionisme lebih menampilkan sisi emosi (marah) pembuat. dengan penggunaan bentuk dan garis sebagai media seni menimbulkan gambar menjadi nampak sangat expresionis.
Chrismast Family by Wilhelm Lemburck (1968)
Tokoh Pendiri
Pelukis Matthias Grünewald dan El Greco bisa disebut pendiri ekspresionis.
Sunsette by Edward Munch (1979)
Tokoh Tokoh
Heinrich Campendonk
Franz Marc
Roomantisme
Keterangan
Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa Revolusi Industri. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam.
Ciri - Ciri
Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epistemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi. Ia dipengaruhi oleh gagasan-gagasan Pencerahan dan mengagungkan medievalisme serta unsur-unsur seni dan narasi yang dianggap berasal dari periode Pertengahan.
Tokoh Tokoh
Goethe
William Wordsworth
Realisme
keterangan
Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.
Memphys by Camille Corot
Hide And Seek by Louis Le Nain
Ciri Ciri
Dalam pengertian lebih luas, usaha realisme akan selalu terjadi setiap kali perupa berusaha mengamati dan meniru bentuk-bentuk di alam secara akurat. pada seni penggambaran realistis lebih menyerupai penggambaran objek secara akurat walau dalam pengaplikasiannya tidak terlalu menyerupai objek asli. penggambaran menggunakan teknik penguasan mendetail (bukan lagi teknik dot atau line) sehingga lukisan nampak lebih natural. walau belum nampak sama persis.
Totoro by Ghibly Studios (1993)
(1989)
(1987)
Swattelle by Van Ilphalis (1980)
La Peta by Van Den Brookh
Planting by Veamn (1956)
Tokoh Tokoh
Edgar Degas
Studio Ghibli
Camille Corot
Seni Teknologi Dan Modern
Seni modern tidak lagi terikat oleh system norma dan keagamaan melainkan gaya yang luwes dan imajinatif yang tak terbatas. dengan penggunaan warna yang luar biasa beragam dan teknik yang tak terbayangkan
Dasar Teori
Warna
Warna dari seni modern. nampak begitu dekoratif. hal ini diakibatkan oleh penggunaan tekhnologi ColourPitcher (Penilik Warna). yang dapat memilih jutaan bahkan miliaran warna yang terdapat di dunia ini.
Contoh
Healing With Colour by Andrean Konkov (9 thn) (2007)
Bentuk
Bentuk dari seni modern lebih memiliki motif dekoratif dan expresionis. jadi mereka merupakan suatu karya seni lebih mirip seperti suatu protes dan kenampakan emosi. bentukan naturalis juga masih ditemukan belum lagi bentukan re-culturisasi atau pembudayaan kembali.
Contoh
Pitchy Roof di Gereja Minseteqous Perancis by Adam Miheillen M. T (2009)
Corak
corak pada seni modern sudah tidak terlalyu mementingkan nilai religius dan norma. yang palin dipentingkan adalah nilai expresionis seni tersebut. jadi seniman akan mengekspresikan dirinya melalui lukisan tersebut. belum lagi penggunaan media yang tak terbatas sehingga model seni nampak begitu rumit namun dekoratif
Contoh
Build By Edward Gaze 2001
Suara
seni suara di abad 20 lebih menjurus kepada leberagaman alat musik dibandingkan keselarasan melodi. hal ini diakibatkan karena kehabisan nada (sudah digunakan) atau hanya penyelarasan. penggunaan teknologi yang modern dalam pembuatan musik menyebabkan musik modern nampak lebih atraktiv dan emosional
Contoh
DJ (Disc Jockey)
Aliran Seni Rupa Abad +20
Geometrisme /
Kubisme
Keterangan
Kubisme adalah sebuah gerakan seni avant-garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque. Gerakan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatan Eropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra. Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Perancis. Pada fase kedua, Kubisme Sintetis, gerakan ini menyebar dan masih ada sampai sekitar tahun 1919, ketika gerakan Surealisme mulai dikenal masyarakat.
Trough by Georges Braque
Ciri Ciri
Dalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak—daripada menampilkan obyek dari satu sudut pandang, seniman menampilkan subjek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subyek dalam konteks yang lebih besar. Kadang permukaan bersilangan dalam sudut acak, sehingga menghapus kedalaman lukisan yang jelas. Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.
Full by Doglas De Mattini
Tokoh Tokoh
Georges Braque
Juan Gris
Hyper - Realistic
Keterangan
Hyper-Realistic adalah aliran seni yang menggambarkan tentang kenyataan sesungguhnya dan sangat nyata. jadi hyper realistic merupakan aliran seni yang melukiskan tentang kondisi photo metric yang sama persis dengan aslinya. hyper realistic mengutamakan kesamaan persis dengan kondisi nyata. ini merupakan perkembangan dari aliran photo metric yang berkembang di abad +18
Ciri Ciri
Sumi E by Isy Barchot
Ciri ciri dari perkembangan dan aliran seni ini adalah kenampakan senyata nyatannya yang berusaha disampaikan oleh seniman kepada penikmat. bukan hanya senyata nyatanya bahkan suatu objek seni berusaha dibentuk atau dilukis semirip mungkin dengan objek aslinya. namun aliran HyP juga memungkinkan untuk menggambar tanpa objek asli jadi mereka hanya mengimajinasikan apa yang akan dia wujudkan den berusaha mewujudkannya sepersis mungkin dengan dunia nyata.
Reflection By Very Apritanto (DKI Jakarta)
Tokoh Tokoh
Veri Apriyanto
Franco Clun
Suprematisme
keterangan
Suprematisme adalah gerakan seni yang berfokus pada bentuk-bentuk geometri dasar (persegi dan lingkaran) yang muncul di Rusia pada 1915-1916. Gerakan ini memperoleh tempat di museum konvensional Suprematisme diprakarsai oleh Kasimir Malevich.
Dialouge by Camilla Gray
Ciri Ciri
Suprematisme merupakan seni yang menggambarkan suatu seni dari sudut pandang dasar yang sederhana. dalam pengaplikasiannya seni akan terdiri dari berbagai objek fillup (terwarnai penuh) dengan bentuk bentuk sederhana dasar yang unik.
Tokoh
Masimir Kalevich
Surealisme
Keterangan
Surealisme ialah gerakan budaya Seni yang bermula pada pertengahan tahun 1920-an. Surealisme merupakan seni dan penulisan yang paling banyak dikenal. Karya ini memiliki unsur kejutan, barang tak terduga yang ditempatkan berdekatan satu sama lain tanpa alasan yang jelas. Banyak seniman dan penulis surealis yang memandang karya mereka sebagai ungkapan gerakan filosofis yang pertama dan paling maju. Karya tersebut merupakan artefak, dan André Breton mengatakan bahwa surealisme berada di atas segala gerakan revolusi. Dari aktivitas Dadaisme, surealisme dibentuk dengan pusat gerakan terpentingnya di Paris. Dari tahun 1920-an aliran ini menyebar ke seluruh dunia.
Too Buzy by Chin Shi laupang
Ciri Ciri
surealisme merupakan seni yang merujuk kepada kata superealisme dan emosi sehingga karya superealisme nampak begitu expresionis dengan kenampakan realistis. namun banyak orang yang mengatakan surealisme merupakn aliran seni Horror Modern
Contras factor by Millene mulanove
Tokoh Tokoh
Erik Statie
Pablo Picasso
De Stijl / The Style
Keterangan
de Stijl (bahasa Inggris: the style) adalah gerakan seni di Leiden, Belanda, yang diprakarsai oleh Theo van Deosburg, seorang arsitek dan pelukis pada tahun 1917. Konsep ini berkembang seiring terjadinya perang dunia pertama yang berlarut-larut. Komunitas seni de Stijl kemudian berusaha memenuhi keinginan masyarakat dunia mengenai sistem keharmonisan baru, yaitu dengan mencari prinsip - prinsip dan estetika baru di dalam seni. Munculnya gerakan ini diinspirasi oleh gerakan dadaisme.
The Compossition By Piet Mondrian
Ciri Ciri
Perwujudan abstraksi dan keuniversalan dengan mengurangi campur tangan bentuk dan kekayaan warna semaksimal mungkin. Komposisi visual disederhanakan menjadi hanya bidang dan garis dalam arah horisontal dan vertikal, dengan menggunakan warna-warna primer seperti merah, biru, dan kuning di samping bantuan warna hitam dan putih.
Dalam kebanyakan karya seni, garis vertikal dan horisontal tidak secara langsung bersilangan, tetapi saling melewati satu sama lain. Hal ini bisa dilihat dari lukisan Mondrian, Rietveld Schröder House, dan Red and blue chair.Secara umum, de stijl memperkenalkan sebuah bentuk yang abstrak namun sederhana
Tokoh Tokoh
Piet Mondrian
Teo Van Doesburg
Red and blue chair by Gerrit Rietveld
Dadaisme
keterangan
Dada atau Dadaisme merupakan gerakan budaya yang lahir di wilayah netral, yaitu Zürich, Switzerland, selama masa Perang Dunia I (1916-1920). Gerakan ini meliputi seni visual, sastra (puisi, pertunjukan seni, teori seni), teater dan desain grafis. Gerakan ini berfokus pada politik anti perangnya melalui penolakan pada aturan seni yang berlaku melalui karya budaya anti seni. Kegiatan gerakan ini antara lain pertemuan umum, demonstrasi dan publikasi jurnal seni/sastra. Seni, politik, dan budaya menjadi topik utama dalam publikasi mereka.
State To The Art by Guillaume Apollinaire
Ciri Ciri
cici ciri dari dadaisme adalah penggunaan media politik tak etis dalam berseni. yang dimaksud disini adalah media sedi digunakan sebagai aspirasi politik yang kurang bahkan ada beberapa aliran dadais yang menggunakan kata kata kotor, dan gambar gambar tak layak di seni mereka. media yang digunakan juga merupakan potongan potongan koran, pidato, foto politisi, dll.
Antisocial/Pollite war byHans Richter
Tokoh Tokoh
Guillaume Apollinaire
Johannes Baader
Futurisme
Keterangan
Futurisme dari bahasa Perancis, futur atau bahasa Inggris, future yang keduanya berarti "masa depan" adalah sebuah ilmu yang mempelajari masa depan. Selain itu aliran ini juga merupakan sebuah aliran seni yang avant-garde atau sebelum masanya, terutama pada tahun 1909. Aliran ini terutama paling kuat muncul di Italia, meskipun ada juga pengikut-pengikutnya di Britania Raya dan Rusia.
Samsamba by Heller
Ciri Ciri
ciri ciri dari gerakan futurisme adalah penggambaran seni yang dilakukan menyerupai mesin mesin modern yang merubah peradaban manusia.
Reach byFilipo Marinetti
Tokoh tokoh

Filippo Marinetti
Antonio Sant'elia
Ekspresionisme abstrak
keterangan
Ekspresionisme abstrak adalah gerakan seni pasca Perang Dunia II di Amerika Serikat. Gerakan ini merupakan gerakan Amerika pertama yang memiliki pengaruh di seluruh dunia dan menempatkan New York City sebagai pusat dunia seni barat setelah sebelumnya ditempati Paris.
Human Folly by Charles Alston
Ciri Ciri
lukisan ekspresionisme abstrak berusaha menggambarkan atau melukiskan aktualitas yang sudah didistorsikan kearah suasana bentuk dan warna guna melahirkan emosi ataupun sensasi dari dalam berupa gambaran tragedi, kekerasan serta berbagai dinamika dan peristiwa yang direkam pelukis untuk divisualisasikan kepermukaan kanvas.
Sunlight
Tokoh Tokoh
Karel Appel
Lucio Fontana
Terima Kasih Atas Perhatiannya...
Full transcript