Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Asal Usul Kehidupan

Presentasi sman 5 surabaya
by

Annisa Judya

on 10 February 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Asal Usul Kehidupan

Asal Usul K e h i d u p a n Apakah hidup itu? Darimana asal-usul kehidupan? KONSEP KUNO Abiogenesis "Kehidupan berasal dari benda tak hidup dan berlangsung secara spontan (generatio spontanea)" Aristoteles A. V. Leuwenhoek John Needham Biogenesis "Kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya" Lazarro
Spallanzani Louis
Pasteur Fransisco
Redi cacing tanah <-- tanah ikan <-- lumpur menemukan mikroskop sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati makhluk-makhluk aneh (paramecium) yang amat kecil yang terdapat pada setetes air rendaman jerami.
paramecium <-- jerami. Ia melakukan percobaan memanaskan sebentar kaldu daging untuk disterilkan, mendinginkannya di udara terbuka, lalu menyegelnya. Setelah beberapa hari, kaldu menjadi keruh karena tumbuhnya mikroba di kaldu tersebut. Eksperimen ini menunjukkan seolah makhluk hidup bisa muncul secara spontan (generatio spontanea). Percobaannya menggunakan tiga buah stoples berisi daging dan dibiarkan beberapa hari. Kesimpulan : belalang hanya tumbuh dari daging yang disinggahi lalat. Percobaannya mengulangi percobaan John Needham. Menggunakan dua kelompok labu berisi cairan kaldu daging. Keduanya dipanaskan, namun labu pertama didinginkan secara terbuka. sedangkan labu kedua ditutup rapat. Setelah beberapa hari, hanya labu pertama yang keruh karena tumbuhnya kuman. Kesimpulan: kaldu keruh karena tidak steril, menyebabkan pertumbuhan kuman yang terbawa oleh udara. Bukti-bukti ekperimental tiga ilmuwan tadi mematahkan teori abiogenesis dan membangun teori baru, Biogenesis. Tiga semboyannya:
1. Omne vivum ex ovo
= semua makhluk hidup berasal dari telur.
2. Omne ovum ex vivo
= semua telur berasal dari makhluk hidup
3. Omne vivum ex vivo
= semua makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. KONSEP MODERN
EVOLUSI BIOKIMIA Evolusi Biokimia Teori Oparin-Haldane A. I. Oparin, tahun 1922 J. B. S. Haldane, tahun 1929 akumulasi H , H O, NH , CH , dan CO di laut 2 2 3 4 2 Zaman purba, atmosfer UV tidak ada ozon + Sintesis unit pembangun sup purba/sup haldane + sinar kosmis, sinar radioaktif, kilatan petir, kalor. monosakarida purin asam amino asam lemak gliserin pirimidin 2. Unit pembangun 3. Makromolekul asam lemak + gliserin = lemak nukleotida + nukleorida = asam nukleat (DNA/RNA) purin + pirimidin + fosfat + ribosa = nukleotida asam amino + asam amino = protein/enzim monosakarida + monosakarida = polisakarida 4. Supra Molekul 5. Sel Prokariotik 6. Sel Eukariotik
Autotrof 7. Sel Eukariotik
Heterotrof O + 2 membran, ribosom, mikrotubulus. nukleoprotein, kromatin, 1. Zat anorganik reproduksi, nutrisi, mutasi, agregasi tidak ada oksigen bebas Teori Harold Urey Postulat Harold C. Urey "Pada awal bumi terbentuk di atmosfer terdapat gas-gas yang diperlukan organisme untuk kehidupannya, (amonia, metana, hidrogen, uap air)." Kehidupan --> Teori Atmosfer --> Evolusi Kimia Percobaan Stanley Miller (murid Urey) Percobaan dilakukan dengan meniru kondisi atmosfer purba di dalam labu dan diberi loncatan listrik. Hasil kondensasi diteliti, Miller menemukan 11 asam amino Hasil kondensasi percobaan pertama Miller ini masih disimpan muridnya, Jeffrey Bada. Setelah diteliti lagi pada tahun 2009, ternyata kondensasi tersebut mengandung lebih dari 20 asam amino yang ada di alam. Percobaan Sidney W. Fox Asam amino ditempatkan dalam air dan dipanaskan, mereka secara spontan akan bergabung membentuk molekul kecil seperti protein yang disebut “proteinoids”. Protenoid yang didinginkan membentuk Mikrosfir. Protobion >> molekul yang terbentuk secara abiotik 2. Koaservat = tetesan stabil yang terbentuk pada makromolekul (misal polisakarida) yang dikocok. 1. Mikrosfir = terbentuk dari protenoid saat didinginkan. Hidrofobik, dikelilingi dan distabilkan molekul air. Dapat menyerap enzim, lalu menyerap substrat lain dan mengeluarkan produk hasil katalisis enzim yang diserap. Tidak dapat bereproduksi, namun dapat mempertahankan lingkungan kimia di dalamnya dari lingkungan luar, mengalami metabolisme.
Dianggap sebagai bahan dasar pembentuk sel purba.
Terdapat ciri kehidupan pada protobion: melepas tegangan dengan pola sama seperti saraf; eksibilitas yang merupakan ciri semua kehidupan. 3. Liposom = protobion yang terbentuk sendiri jika komposisi organiknya mengandung lipid tertentu. Mengalami osmosis, memiliki membran dua lapis. Pertentangan Penelitian terbaru (2005) menunjukkan bahwa kondisi atmosfer purba tidak mendukung sintesis senyawa organik dari senyawa anorganik, sehingga teori Urey-Miller diragukan. Anggota Kelompok Annisa Judya S. (03)
Faisal Wijaya (08)
Muhammad Ulul A. (16)
Vina Auditia (26)
Muhammad Mushthafa (30)
XII IA 8 Teori Lain kehidupan --> zat supranatural pada saat istimewa Teori Kosmozoan Kehidupan di bumi berasal dari planet lain / luar angkasa / meteor yang jatuh ke bumi.
Pendukung kosmozoan : substan molekul organik (asam amino) juga ditemui pada meteorit-meteorit. Teori Kreasi Khas Teori Mantap Kehidupan tidak berasal-usul (keadaan mantap). kasih Terima Sel pertama --> evolusi kimiawi pada bumi muda Mayoritas ahli biologi sependapat; “kehidupan diatas bumi berasal dari bahan-bahan tidak hidup yang kemudian menjadi susunan kumpulan molekuler yang akhirnya mampu membelah dan memperbanyak diri serta melakukan metabolisme sendiri.” 1) Sintesis abiotik dan akumulasi mikromolekul organik, atau monomer,
2) Penyatuan monomer menjadi polimer,
3) Agregasi molekul yang diproduksi secara abiotik menjadi droplet (protobion),
4) Asal mula hereditas Asal mula kehidupan masih menjadi spekulasi ilmiah! Pertanyaan bagaimana kehidupan bermulai
=
Pertanyaan bagaimana terjadinya prokariota Prokariota pertama kali muncul setelah kerak bumi mendingin dan memadat.

Ada 2 kelompok RNA prokariota :
Bakteria dan Arkhae
Full transcript