Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Copy of Les Fourberies de Scapin

C'etait pour l'academie
by

kisawani arisa

on 26 August 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Copy of Les Fourberies de Scapin

Les Fourberies de Scapin
Akal Bulus Scapin
Dalam lakon Akal Bulus Skapin terdapat 11 tokoh.
Tokoh
Babak & Adegan
Tema : Kelicikan Seorang Pelayan
Unsur-unsur
Octave adalah seorang putra dari seorang saudagar kaya, Argante. Argante yang baru pulang dari urusan pekerjaannya akan menikahkan Octave dengan putri dari saudagar lain yang bernama Geronte. Octave yang sudah menikah dengan Hyacinte bingung dan menyampaikan keluh kesahnya kepada Silvestre, pelayannya dan Scapin, pelayan sahabatnya, Leandre. Leandre adalah anak Geronte yang bingung atas kepulangan ayahnya. Leandre sudah menikah dengan Berzinette, seorang perempuan cantik yang kabarnya berasal dari keluarga baik-baik. Scapin dan Silvestre kemudian membantu kedua tuannya untuk mempertahankan hubungan mereka dengan kekasihnya. Berbagai cara dilakukan Scapin yang ternyata malah menggunakan akal bulusnya untuk memanfaatkan tuannya. Namun pada akhirnya, kenyataan terungkap. Hyacinte adalah anak dari Geronte dan Octave secara tidak langsung menikahi calon istri pilihan ayahnya. Sedangkan Berzinette ternyata merupakan putri dari Argante yang telah lama hilang. Akhirnya kedua keluarga tersebut bahagia dan memaafkan akal bulus Scapin.
Sinopsis
Ajeng Midi
Astrella Decembrica
Dytha Franciska
Raissa Devita

Karya Jean Baptiste Poquelin 'Moliere'
1622 - 1673

Argante : Ayah Octave dan Zerbinette
Geronte: Ayah Leandre dan Hyacinte
Octave : Anak Laki-laki Argante, Kekasih Hyacinte
Leandre: Anak Laki-laki Geronte, Kekasih Zerbinette
Hyacinte: Anak Gadis Geronte, Kekasih Octave
Scapin : Pelayan Leandre, Seorang Panjang Akal
Silvestre: Pelayan Octave
Nerine : Inang Pengasuh Hyacinte
Carle : Seorang Pengecoh
Dua Orang Laki-laki: Yang Menggendong Scapin
Babak 1
Adegan 1
Octave berbincang dengan Sylvestre pelayannya mengenai kepulangan ayahnya, Argante yang pulang dengan tekad untuk mengawinkan Octave dengan anak gadis Geronte. Octave bingung apa yang harus dia perbuat.
Adegan 2
Octave menceritakan masalahnya kepada Scapin, pelayan Leandre, sahabat karibnya. Octave, dengan ditemani Silvestre menceritakan bahwa Leandre menyukai seorang gadis yang baru saja kehilangan ibunya. Leandre yang ingin menghibur gadis tersebut namun tidak akan ada hasil apabila tidak mengawininya.
Adegan 3
Hyacinte, kekasih Octave datang dan menanyakan kebenaran akan perkawinan yang di rencanakan Argante. Hyacinte takut Octave tidak akan setia kepadanya. Octave menyatakan bahwa ia lebih memilih meninggalkan negerinya atau membuang nyawanya daripada meninggalkan Hyacinte. Mereka meminta bantuan Scapin membela cinta mereka. Octave yang takut kemudian lari saat ayahnya datang.
Adegan 4
Scapin dan Silvestre menguping perkataan Argante pada dirinya sendiri. Argante murka pada Octave menikah tanpa persetujuannya. Argante menyatakan pada Scapin bahwa ia akan meniadakan warisan anaknya. Scapin pun kurang setuju namun keputusan Argante tidak berubah dan menyuruh Silvestre menjemput Octave.
Adegan 5
Silvestre mengakui kehebatan perlakonan Scapin di depan Argante. Scapin menyuruh Silvestre untuk memainkan sebuah peranan dalam rencanya.
Babak 2
Adegan 1
Geronte dan Argante berdebat mengenai kesalahan yang menyebabkan kegagalan semua rencana mereka untuk menikahkan anaknya. Geronte dan Argante sempat saling menyalahkan masalah mendidik anak.
Adegan 2
Leandre datang menemui ayahnya, Geronte. Geronte tahu apa yang sudah dilakukan anaknya melalui Scapin. Geronte marah pad Leandre dan menyuruhnya pulang bahkan Geronte berkata Leandre tidak lagi diakuinya sebagai anak.
Adegan 3
Leandre marah karena Scapin membeberkan rahasianya pada Geronte. Leandre hampir menghunus pedangnya pada Scapin namun dihalangi oleh Octave yang sedang berterimakasih pada Scapin. Scapin yang takut mengakui beberapa perbuatannya yang pantas namun ia masih menyangkal membocorkan rahasianya pada Geronte. Scapin meyakinkan Leandre bahwa ayahnya tak menceritakan yang sebenarnya.
Adegan 4
Carle, seorang pengecoh menceritakan kepada Leandre bahwa kekasih Leandre, Zerbinette akan hilang dari Leandre apabila ia tidak mengantarkan uang kepada zanggi-zanggi. Leandre meminta bantuan kepada Scapin. Leandre yang sempat marah kepada Scapin meminta maaf. Scapin yang awalnya menolak kemudian dibujuk Octave dan setuju. Leandre membutuhkan uang sebanyak 500 krona dan Octave membutuhkan uang sebanyak 200 pound.
Adegan 5
Dengan cerdiknya, Scapin meminta uang kepada Argante. Scapin menipu Argante, mengaku ia telah menemui abang gadis dari Octave yang seorang tukang pukul dan hanya merestui pernikahan saudarinya dengan Octave apabila di beri sejumlah uang.Argante awalnya ingin membawa masalah ini ke pengadilan, namun dibujuk oleh Scapin untuk membayar tukang pukul itu saja karena dinilai lebih murah dan tidak merepotkan.
Adegan 6
Silvestre datang dan menyamar sebagai tukang pukul. Argante yang ketakutan berdiri gemetar di belakang scapin supaya tidak kelihatan. Silvester yang sedang menyamar mengatakan akan memukul dan menghujam pedang ke perut Argante. Saat ditanya Silvestre siapakah yang berdiri dibelakang Scapin, ia menjawab itu adalah musuh bebuyutannya. Silvestre menjabat tangan Argante dan menyatakan betapa besar ia ingin memukul Argante. Setelah Silvestre pergi, Argante yang tertipu oleh Scapin dan Silvestre pun setuju untuk menyerahkan uang sebesar 200 pound dan memilih membayar si tukang pukul daripada pergi ke pengadilan.
Adegan 7
Scapin melanjutkan akal bulusnya utnuk menipu Geronte. Scapin mengatakan bahwa anaknya akan di bawa lari oleh pelaut asal Turki dan meminta uang tebusan sebesar 500 krona. Scapin terus mendesak Geronte dan menakut-nakutinya. Awalnya Geronte menanyakan mengapa anaknya, Leandre bisa sampai naik kapal tersebut, namun Scapin dengan pintarnya terus mendesak dan tak menjawab hingga akhirnya Geronte mau memberikan uang sebesar 500 krona.
Adegan 8
Scapin kembali kepada Leandre dan Octave dengan berhasil membawa uang untuk mereka. Scapin langsung memberikan uang yang di minta oleh Octave. Namun Scapin baru mau memberikan uang Leandre apabila ia membolehkan Scapin membalas dendam kepada ayahnya. Leandre pun setuju.
Babak 3
Adegan 1
Hyacinte dan Zerbinette sedang berkumpul disuatu tempat bersama dengan Silvestre dan Scapin. Hyacinte dan Zerbinette berbincang mengenai masalah yang mereka hadapi. Zerbinette mengeluh soal keluarganya dan Hyacinte mengeluh soal perjodohan kekasihnya. Mereka meminta bantuan kepada Scapin.
Adegan 3
Scapin berkata pada Geronte bahwa anaknya sudah selamat namun sebaiknya Geronte berdiam dirumah karena banyak orang yang ingin membunuhnya. Geronte meminta bantuan Scapin. Scapin menyuruh Geronte masuk ke dalam sebuah karung untuk bersembunyi. Scapin kemudian meniru-niru suara orang-orang yang mencari Geronte dan kemudian memukul Geronte lalu Scapin berteriak kesakitan seolah-olah orang-orang itu memukulnya, padahal itu hanya dirinya sendiri. Setelah beberapa kali mengulang hal yang sama, Geronte pun sadar murka sekali dengan Scapin.
Adegan 3
Zerbinette datang dan tertawa. Ia menceritakan kepada Geronte bahwa kekasihnya menipu ayahnya untuk mendapatkan uang. Nama ayah dari kekasihnya itu Geronte. Ia kemudian menceritakan secara detail bahwa kekasihnya dan Geronte ditipu oleh Scapin. Zerbinette tertawa dengan geli dan berpikir betapa bodohnya kedua orang tersebut.
Adegan 4
Silvestre bertemu dengan Zerbinetter dan mengatakan bahwa orang yang baru saja dia ajak bicara adalah ayah dari kekasihnya. Zerbinette sudah merasa dan tidak menahan diri untuk menceritakan hal tersebut.
Adegan 5
Argante berbicara kepada Silvestre dan marah karena mengetahui bahwa Silvestre telah menipunya. Silvestre mengakui bahwa Scapin memang menipu Argante namun dia tidak ikut terlibat.
Adegan 6
Geronte dan Argante berbicara tentang Scapin yang dengan cerdik mengambil uang mereka dan akan membalas dendam. Geronte berharap ia akan tetap terhibur karena akan memperoleh anak gadisnya kembali.
Adegan 7
Nerine inang pengasuh dari Hyacinte datang dan memintea maaf pada Geronte karena anaknya telah menikah dengan Octave, putra Argante. Mereka merasa itu benar-benar kebetulan yang luar biasa
Adegan 8
Silvestre menyampaikan pada Scapin berita mengenai Hyacinte adalah anak Geronte. Silvestre juga menyampaikan bahwa Geronte dan Argante mengancam Scapin dengan menakutkan sekali, namun Scapin tidak takut. Scapin memiliki cara untuk mendinginkan amarah mereka.
Adegan 9
Geronte dan Argante merasa sangat bahagia karena Hyacinte dan Octave telah menikah.
Adegan 10
Argante dan Geronte mengatakan bahwa Hyacinte adalah anak dari Geronte. Dengan demikian masalah Octave selesai. Hyacinte mengatakan bahwa perempuan yang ditemuinya, Berzinette adalah perempuan yang sangat baik dan cinta Leandre pada perempuan tersebut tidak main-main.
Adegan 11
Leandre datang kepada ayahnya bahwa Berzinette adalah anak kelahiran baik-baik namun di culik pada umur 4 tahun. Argante kemudian teringat akan putrinya yang hilang terlebih karena ia menggunakan gelang yang sama. Saat melihat wajahnya, Argante semakin yakin. Hyacinte merasa banyak sekali kebetulan yang luar biasa.
Adegan 12
Carle berkata kepada Geronte dan Argante bahwa Scapin tertimpa martil seorang pembelah batu hingga kepalanya pecah dan sekarat. Scapin ingin bicara pada Geronte dan Argante sebelum ia meninggal.
Babak 3
Adegan 13
Scapin datang dengan digendong oleh dua orang. Kepalanya di perban. Iya minta maaf kepada Argante dan Geronte. Namun karena dalam suasana yang berbahagia mereka memutuskan untuk memafkan Scapin.
Judul : Les Fourberies de Scapin
Akal Bulus Scapin
Penulis : Jean Baptiste Poquelin 'Moliere' 1622 - 1673
Latar
Latar tempat dari drama ini pada umumnya berada di kediaman dari Argante dan Geronte karena dalam drama ini, terdapat banyak percakapan antara Octave, yaitu anak dari Argante beserta pelayan nya, yaitu Silvestre, dengan Leandre, anak dari Geronte dan pelayan nya yang bernama Scapin. Mereka berdua bersahabat sehingga menurut kelompok kami, kemungkinan besar kediaman mereka berdekatan sehingga mereka bersama sehari-hari nya, selain karena ayah mereka meninggalkan mereka. Kemudian pada adegan IV dari babak I, terdapat dialog dimana Argante berbicara pada diri nya sendiri karena ia tidak mengetahui bahwa Scapin dan Silvestre bersembunyi.
Menurut kelompok kami, mereka berada di suatu ruangan sehingga Scapin dan Silvestre dapat bersembunyi dan mendengar pembicaraan Argante yang pada akhirnya persembunyian mereka terkuak olehnya. Pada akhir drama, mereka mengadakan sebuah pesta untuk merayakan pernikahan Octave dengan Hyacinte. Pesta tersebut diadakan di kediaman Geronte. Selain itu, latar tempat pada drama ini adalah di kota. Kota ini terdapat pelabuhan karena Argante dan Geronte bekerja di laut sehingga kemungkinan sebagian besar penduduk kota tersebut bekerja di laut. Selain itu, Scapin juga menggunakan akalnya untuk menjebak Geronte bahwa Leandre diculik oleh sekelompok perompak Turki karena ia masuk ke sebuah kapal. Selain itu, saat Geronte bertemu Zerbinette, hal ini mungkin terjadi di tengah jalan di kota karena dijelaskan bahwa Zerbinette ‘tertawa dan tidak melihat Geronte’.
Latar waktu pada drama ini tidak terlalu jelas. Namun menurut kelompok kami, latar waktu ini adalah siang – malam. Pada siang hari karena drama ini dimulai dengan Octave yang terkejut dengan kabar mengenai kembalinya Argante dan keinginan ayahnya untuk menikahkan Octave dengan anak dari Geronte. Setelah itu terjadi berbagai macam peristiwa yang panjang, sehingga menurut kami hal itu terjadi sepanjang siang hari. Kemudian pada adegan VII babak II, Scapin berpura-pura tidak melihat Geronte. Jika hal ini terjadi pada siang hari, Scapin tidak mungkin dapat berpura-pura tidak melihat Geronte karena wajah Geronte pasti terlihat jelas. Sehingga kemungkinan besar hal ini terjadi pada malam hari. Pada adegan II babak III, Scapin meniru-niru berbagai suara agar dapat membalaskan dendamnya pada Geronte. Kemungkinan hal ini terjadi pada malam hari karena Geronte tidak dapat melihat jelas apakah ada orang lain dari balik karung. Selain itu terdapat dialog pada bagian Scapin meniru suara seorang Swiss, “Seharian aku mengeluyur kemana-mana seperti orang gila………”. Kata seharian tersebut mengindikasikan bahwa pada saat itu sudah malam hari.
Menurut Jenis Tokoh:
Tokoh protagonis yang diperankan oleh Hyacinte, Zerbinette, Scapin, Silvestre dan Leandre
Tokoh sederhana pembantu antagonis diperankan oleh Geronte dan Nerine
Tokoh kompleks diperankan oleh Argante dan Octave.
Menurut Peran yang Dimainkan:
Protagonis : Octave
Antagonis : Argante
Obstacle : Scapin, Leandre, Hyacinte, Zerbinette, Silvestre
Teritagonis : Geronte. Sementara
Milihat dari fungsi tokoh:
Tokoh Utama: Argante dan Octave
Tokoh Pembantu Protagonis : Hyacinte, Silvestre Zerbinette, Scapin dan Leandre
Tokoh Pembantu Antagonis diperankan oleh Geronte dan Nerine.
Alur
Merupakan jalan cerita atau urutan peristiwa dalam drama. Terdapat 3 bagian alur: bagian awal, tengah (klimaks) dan akhir (anti klimaks)
Awal
Berawal dari Oktave yang bercerita kepada Sylvestre tentang perjodohan yang dilakukan Argante kepadanya dengan putri dari Geronte, meskipun ia telah memiliki kekasih yakni Hyacinte. Serta Leandre yang ingin mempertahankan hubungannya dengan Zerbinette.
Tengah Klimaks
Scapin dan Sylvestre yang menggunakan akal bulusnya untuk membantu Oktave dan Leandre untuk mempertahankan hubungan mereka berdua dengan Hyacinte dan Berzinette.
Akhir
Kenyataan terungkap, Hyacinte adalah anak dari Geronte dan Octave secara tidak langsung menikahi calon istri pilihan ayahnya. Sedangkan Berzinette ternyata merupakan putri dari Argante yang telah lama hilang. Akhirnya kedua keluarga tersebut bahagia dan memaafkan akal bulus Scapin.
Berdasarkan Kriteria Waktu
Alur Maju: Peristiwa-peristiwa ditampilkan secara kronologis, maju, secara runtut dari tahap awal, tengah, hingga akhir
Alur Erat: Alur yang cepat, susul menyusul dan dalam setiap adegan drama terasa penting dan menentukan. kalau salah satu peristiwa ditiadakan keutuhan cerita akan terganggu
Alur Jamak: Dalam drama tiidak hanya berpusat pada satu tokoh protagonis saja, jalan hidup tokoh lain juga ditampilkan
Alur Tertutup: Drama diakhiri dengan kepastian dan kejelasan bahwa pada akhirnya Oktave menikah dengan Hyacinte dan Leandre menikah dengan Berzinette. Mereka memaafkan Scapin dan hidup bahagia.
Full transcript