Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

POLIMER TERMOPLASTIK & TERMOSETING, RESIN, DAN POLIMER TAHAN

No description
by

Astrii Sartika

on 18 May 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of POLIMER TERMOPLASTIK & TERMOSETING, RESIN, DAN POLIMER TAHAN

POLIMER
Polimer (polymer) berasal dari dua kata, yaitu poly (banyak) dan meros (bagian – bagian).

Polimer disebut juga dengan makromolekul merupakan molekul besar yang dibangun dengan pengulangan oleh molekul sederhana yang disebut monomer.

Klasifikasi polimer berdasarkan ketahanan terhadap panas (termal) dibedakan menjadi dua.
1. Polimer termoplastik
2. Polimer termoseting
POLIMER TERMOPLASTIK
Polimer termoplastik adalah polimer yang mempunyai sifat tidak tahan terhadap panas. Jika polimer jenis ini dipanaskan, maka akan menjadi lunak dan didinginkan akan mengeras. Proses tersebut dapat terjadi berulang kali, sehingga dapat dibentuk ulang dalam berbagai bentuk melalui  cetakan yang berbeda untuk mendapatkan produk polimer yang baru. Jenis plastik ini tidak memiliki ikatan silang antar rantai polimernya, melainkan dengan struktur molekul linear atau bercabang.
Bentuk struktur polimer termoplastik sebagai berikut :
Struktur Molekul linier
SIFAT POLIMER TERMOPLASTIK
-         Berat molekul kecil
-         Tidak tahan terhadap panas.
-         Jika dipanaskan akan melunak.
-         Jika didinginkan akan mengeras.
-         Mudah untuk diregangkan.
-         Fleksibel.
-         Titik leleh rendah.
-         Dapat dibentuk ulang (daur ulang).
-         Mudah larut dalam pelarut yang sesuai.
-         Memiliki struktur molekul linear/bercabang.
CONTOH POLIMER TERMOPLASTIK
Polietilena (PE) = Botol plastik, mainan, bahan cetakan, ember, drum, pipa saluran, isolasi kawat dan kabel, kantong plastik dan jas hujan.      
Polivinilklorida (PVC) = pipa air, pipa plastik, pipa kabel listrik, kulit sintetis, ubin plastik, piringan hitam, bungkus makanan, sol sepatu, sarung tangan dan botol detergen.
Polipropena (PP)
Sifat-sifat :
1.      Tanpa bau dan warna
2.      Tahan panas
3.      Keras permukaan yang sangat baik
4.      Sangat tahan kimia
5.      Sifat elektrikal yang baik

Contoh = karung, tali, botol minuman, serat, bak air, insulator, kursi plastik, alat-alat rumah sakit, komponen mesin cuci, pembungkus tekstil, dan permadani.
Polistirena
Sifat-sifat umum:
1.      Murah
2.      Mudah diolah
3.      Tahan terhadap bahan kimia
4.      Menjadi lembek dengan
bahan hidrocarbon
5.      Bening
6.      Berdaya guna

Contoh = Insulator, sol sepatu, penggaris, gantungan baju.
TERIMA KASIH
POLIMER TERMOPLASTIK & TERMOSETING, RESIN, DAN POLIMER TAHAN PANAS
Oleh :
Astri Widya Sartika
Katarina Putri C. Marbun
Septiani Wulandari

Struktur Molekul Bercabang
-         Keras dan kaku (tidak fleksibel)
-         Jika dipanaskan akan mengeras.
-         Tidak dapat dibentuk ulang (sukar didaur ulang).
-         Tidak dapat larut dalam pelarut apapun.
-         Jika dipanaskan akan meleleh.
-         Tahan terhadap asam basa.
-         Mempunyai ikatan silang antarrantai molekul.
Sifat polimer termoseting
Resin Secara Umum 
  
Resin atau damar adalah suatu campuran yang kompleks dari ekstret tumbuh-tumbuhan dan insekta, biasanya berbentuk padat. Secara fisis resin (damar) ini biasanya keras, transparan plastis dan pada pemanasan menjadi lembek atau leleh. Secara kimiawi resin adalah campuran yang kompleks dari asam-asam resinat, alkoholiresinat, resinotannol, dan ester-ester.
RESIN
Secara fisika:
1. Keras
2. Transparan
3. Plastis
4. Lembek/ leleh
Secara kimia, campuran dari:
1. Asam-asam resinat
2. Alkohol rersinat
3. Resino tannol
4. Ester-ester
5. Resen-resen
6. Bebas Zat lemak
7. Sedikit mengandung oksigen dan banyak mengandung karbon.
SIFAT RESIN SECARA UMUM
Resin Termoset dapat dilebur dalam pembuatannya tapi menjadi keras selamanya(permanen) tidak melunak dan tidak dapat dicetak ulang.
Contoh resin termoset ialah :
1. Resin Phenol             
Resin phenol, merupakan resin sintetik yang dibuat dengan mereaksikan phenol dengan formaldehida, wujud nya keras, kuat, awet dan dapat dicetak pada berbegai kondisi.
Bahan ini mempunyai daya tahan panas dan air yang baik dan dapat diberi macam-macam warna, sering digunakan sebagai bahan pelapis dan laminating, pengikat batu gerinda, pengikat logam atau gelas, dapat dicetak menjadi kotak, isolator listrik, tutup botol dan tangkai pisau.
RESIN TERMOSET
2. Resin Amino
         
Ada 2 jenis resin amino terpenting, yakni:
formaldehida urea
dan
formaldehida melamin.
Resin ini banyak di pasar kan dalam bentuk serbuk, untuk kemudian di cetak, sedangkan bila bentuk cair (larutan), untuk digunakan sebagai perekat.


Resin urea-formaldehid
adalah salah satu contoh polimer yang merupakan hasil kondensasi urea dengan formaldehid. Polimer jenis ini banyak digunakan di industri untuk berbagai tujuan seperti bahan adesif (61%), papan fiber berdensitas medium (27%), hardwood plywood (5%) dan laminasi (7%) pada produk mebelir (furniture), panel dan lain-lain.

Resin melamin-formaldehida
diperkenalkan di Jerman oleh Henkel pada tahun 1935.
Resin ini termasuk dalam golongan resin amino yang diproduksi melalui reaksi polikondensasi antara melamin dan formaldehida.
Dibanding resin amino lainnya, seperti resin urea-formaldehida, mempunyai
kelebihan
yakni transparan; kekerasan(hardeness) yang lebih baik; stabilitas termal yang tinggi; tahan terhadap  air, bahan kimia, dan goresan;  dan bersifat sebagai flame retardant.  
Dari kelebihan ini, penggunaan resin ini sangat luas, seperti pada industri perekat, tekstil, laminasi, kertas, pelapisaan permukaan ( surface coatings), moulding dan sebagainya.
3. Resin Furan 
               
Resin ini berasal dari hasil pengolahan limbah pertanian, seperti: tongkol jagung dan biji kapas. Warna produk nya agak tua, tahan air dan mempunyai sifat-sifat listrik yang baik. 
4. Resin Epoksida 
                 
Resin jenis ini banyak dipakai untuk keperluan: pengecoran, pelapisan, protektor alat-alat listrik, campuran cat dan sebagai adhesif (perekat/lem). Karena alasan resin ini tahan terhadap aus dan beban kejut, maka sering juga digunakan untuk membuat cetakan tekan (metalurgi serbuk), panel sirkuit listrik, dan tangki.
5. Resin Silikon 
               
Polimer dengan silikon sebagai bahan dasar, mempunyai sifat yang sangat berbeda dengan bahan dasar plastik (atom karbon) lain nya. Sifat-sifat spesifik nya adalah: stabilitas (tahan terhadap suhu tinggi), kedap air, oleh karena itu sering digunakan untuk membuat: minyak gemuk (fat), resin, perekat dan karet sintetis.
1.Poliimid

Ini adalah resin yang tahan panas yang dikembangkan oleh Du Pont, yaitu suatu polimer berantai lurus dengan struktur imid asam.


Poliimid terbagi atas :
a. Email pyle ML
b. Film poliamid (Kapton)
c. Bahan Cetakan (Vespel)
POLIMER YANG TAHAN PANAS
Poliamin dibuat dari diamin aromatic dan diamin hidrid aromatik di larutkan dalma pelarut, yang dipolimerisasi kondensasi menjadi poliimid secara pembakaran.

1.Sifat-sifat
Diharapkan perubahan dalam sifat mekanik berkurang untuk temperatur dari -190oC sampai 220oC. Khususnya pada temperatur serendah -190oC, reduksi dalam modulus tekuk hanya sekitar 50%. Sifat isolasi listrik temperature tinggi, juga baik. Pada 400oC berat berkurang, tetapi sampai 800oC tak hangus. Bahan sangat tahan terhadap minyak dan sangat tahan terhadap gas Freon. Namun demikian, pada temperatur tinggi bahan kurang tahan terhadap alkali dan mudah terdegradasi.

2.Penggunaan
Bahan digunakan untuk pelapisan email dari kawat, cat yang tahan minyak pada temperatur rendah dan tinggi.
a) Email pyle ML
Film ini mempunyai ketahanan panas yang tinggi dan sifat isolasi listrik. Sifat mekanik tak bervariasi banyak dari 195oC sampai 200oC, namun demikian, dalam air mendidih sifat listrik dan mekanik agak banyak berkurang. Bahan cukup tahan terhadap iradiasi. Pada sekitar 400oC beratnya agak berkurang, tetapi tak berubah warna sampai 800oC. Bahan ini digunakan untuk film isolasi listrik yang tahan panas, film isolasi untuk motor, dan sebagainya.
b) Film poliamid (Kapton)
Bahan cetakan poliimid digunakan untuk bahan yang tahan panas dari komponen mesin listrik dan mesin presisi yang memerlukan gesekan rendah. Sifat mekanik dan listrik yang stabil dalam daerah yang luas (-195-200oC), dan masih dapat digunakan sampai 260oC. Untuk waktu yang pendek tahan sampai 400oC. Dalam gas tak aktif, bahan ini dapat digunakan sampai 316oC.

Karena tahan terhadap iradiasi, maka bahan dipakai untuk alat-alat radiasi yang digunakan pada temperatur tinggi, komponen listrik yang tahan panas, roda gigi, bantalan, bahan yang tahan terhadap gas Freon, komponen reaktor atom, dan sebagainya.
c) Bahan Cetakan (Vespel)
Ini adalah suatu polimer yang terdiri dari struktur poliimid berikatan kovalen dengan amid. Bahan memiliki sifat isolasi listrik dan sifat mekanik yang baik. Namun karena adanya ikatan amid ketahanan terhadap panas menjadi rendah. Bahan ini diproses untuk membuat pernis pemanggang lempeng pelapis
2. Amid Poliimid
Bahan ini diturunkan dari difenil oksida yang unggul dalam ketahanan panas, sifat isolasi listrik, sifat-sifat mekanik, dan ketahanan kimia. Bahan ini digunakan untuk : Cat, alat pemanggang listrik, pernis, pelapis, dsb.
3. Polidifenileter
Full transcript