Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

No description
by

Fitri Fauzia

on 5 April 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Fungsi Al-Qur’an
Petunjuk bagi manusia
Sumber pokok ajaran islam
Peringatan dan pelajaran bagi manusia
Sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW


Selain Al Qur’an, kitab ini memiliki nama lain yaitu seperti : Adz dzikra artinya peringatan, Al Furqan artinya pembeda, Al Huda artinya petunjuk dan As Syifa artinya penyembuh. Serta masih banyak lagi nama lainnya.Al Qur’an merupakan firman Allah Ta’ala yang diturunkan kepada manusia terbaik, nabi terbaik, dan Rasul termulia, Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam dan menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Al Qur’an adalah kitab suci yang menjadi petunjuk dalam menjalani hidup ini. Kita tidak akan tersesat apabila menjadikan Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup.
Allah Ta’ala yang menurunkannya menjamin bahwa orang yang mengambilnya pasti bahagia di kehidupan dunia dan di kehidupan akhirat dan barangsiapa berpaling daripadanya dan tidak mengambilnya, ia pun celaka di kehidupan dunia dan di kehidupan akhirat seperti firman Allah Ta’ala,
“Maka barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (Thaha: 123-124)


14 PEDOMAN HIDUP MANUSIA
Kelompok 6
Fitri Fauzia : A1L113014

Dimas Saputra : A1L113032

Trioko Prabowo : A1L113044

Faraldo Y. N : A1L113092


Apa itu Al-Qur’an?
Al-Quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril untuk dijadikan pedoman hidup umatnya
Al-Qur’an dimaknai, bahwa kandungan al-Quran harus ditafsirkan sedemikian rupa hingga sejalan dengan realitas aktual
Al-Quran itu berisi ketentuan-ketentuan dan hukum-hukum Allah
Al-Quran merupakan kalamullah dan membacanya merupakan ibadah. tidak hanya sekedar dibaca, namun juga untuk diamalkan isi dan kandungannya

Al – QUR’AN SEBAGAI PENDOMAN DAN PETUNJUK HIDUP MANUSIA

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Mukadimah
Allah SWT menurunkan Al-Qur’an dengan perantaraan Malaikat Jibril sebagai pengantar wahyu yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW di gua hiro pada tanggal 17 ramadhan ketika Nabi Muhammad berusia / berumur 41 tahun yaitu surat al alaq ayat 1 sampai ayat 5. Sedangkan terakhir al-Qur’an turun yakni pada tanggal 9 zulhijjah tahun 10 hijriah yakni surah almaidah ayat 3.Al-Qur’an turun tidak secara sekaligus, namun sedikit demi sedikit baik beberapa ayat, langsung satu surat, potongan ayat, dan sebagainya. Turunnya ayat dan surat disesuaikan dengan kejadian yang ada atau sesuai dengan keperluan. Selain itu dengan turun sedikit demi sedikit, Nabi Muhammad SAW akan lebih mudah menghafal serta meneguhkan hati orang yang menerimanya.Lama al-quran diturunkan ke bumi adalah kurang lebih sekitar 22 tahun 2 bulan dan 22 hari dengan jumlah 30 juz dan114 surat.

Menjadikan Al-Qur’an sebagai pendoman hidup
Al-Quran sejatinya diturunkan oleh Allah untuk menjadi petunjuk, penjelasan atas petunjuk itu dan pembeda antara hak dan batil, benar dan salah, baik dan buruk serta terpuji dan tercela.
Keimanan terhadap al-Quran itu mengharuskan untuk tidak bersikap ‘diskriminatif’ terhadap seluruh isi dan kandungan al-Quran.
Menjadikan al-Quran sebagai pdoman hidup itu mengharuskan kita untuk mengambil dan melaksanakan ketentuan-ketentuan dan hukum-hukum yang diberikan oleh al-Quran dan hadits Nabi saw.
Menjadikan al-Quran sebagai pedoman hidup tak akan sempurna kecuali sampai pada penerapan hukum-hukum syariah Islam dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan totalitas.

1.Musuh Utama manusia adalah dirinya sendiri
2.Kegagalan utama manusia adalah kesombongan
3.Kebodohan utama manusia adalah sifatnya yang penipu dan munafik
4.Kesedihan utama manusia adalah sifat iri hati
5.Kesalahan utama manusia adalah mengabaikan dirinya sendiri
6.Dosa utama manusia adalah menipu dirinya sendiri
7.Sifat utama manusia yang menyedihkan adalah perasaan rendah diri

Nabi Muhammad SAW bersabda:
Artinya: “Aku titipkan kepadamu sekalian dua perkara. Jika kamu pegang teguh kedua perkara tersebut, maka tidak akan pernah sesat selama-lamanya; yaitu kitab Allah (Al Qur’an ) dan sunnah Rasulullah SAW.” (HR Bukhari Muslim)
Al Qur’an itu isinya sangat lengkap dan sangat sempurna, bahasanya indah, sulit ditiru dan dipalsukan, mudah dibaca dan dihafalkan. Keaslian dan kemurniannya dijamin Allah SWT sampai hari akhir (kiamat) seperti yang Allah firmankan :
“Katakanlah, sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa dengan Al-Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain” (Al-Isra :88)

Al Qur’an juga merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, dan Al Qur’an ini penyempurna kitab-kitab yang terdahulu.Oleh karena itu setelah Al Qur’an tidak ada lagi kitab yang diturunkan oleh Allah SWT begitu juga nabi, Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang terakhir. Setelah nabi Muhammad SAW tidak ada nabi lagi.

8.Sifat manusia yang terpuji adalah semangat dan keuletannya
9.Kehancuran besar adalah rasa putus asa10.Harta utama manusia adalah kesehatannya
11.Hutang terbesar manusia adalah hutang budi
12.Hadiah utama manusia adalah berlapang dada dan pemaaf
13.Kekurangan terbesar manusia adalah sifat keluh kesah dan tidak bijaksana
14.Ketentraman dan kedamaian utama manusia adalah berdana dan beramal
Wassalamu’alaikum wr wb
semoga memberi manfaat
maaf apabila ada salah yang terucap
Full transcript