Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Sejarah Computer dan Sejarah Tablet

No description
by

Affrizal Andifahmi

on 15 March 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Sejarah Computer dan Sejarah Tablet

MGT-F_Tugas06_Kel2
SEJARAH KOMPUTER DAN TABLET
Sejarah Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute.Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

Komputer Generasi Pertama
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).

Generasi Kedua
Adanya penemuan - penemuan baru seperti transistor dan pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang menggunakan teknologi baru ini adalah superkom.
Generasi ketiga
Kemajuan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi Keempat
Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,informasi dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung, atau kabel telepon.

Generasi Kelima

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.


Sejarah Tablet
Komputer tablet dan perangkat lunak operasi yang terkait khusus adalah contoh teknologi dari komputasi pena, dan dengan demikian pengembangan tablet memiliki akar sejarah. Perangkat listrik dengan data input dan output pada layar datar informasi telah ada sejak 1888 dengan telautograph. Sejak abad 20 banyak perangkat dengan karakteristik ini telah membayangkan dan menciptakan apakah sebagai cetak biru,prototipe atau produk komersial.
Sejarah Tablet
Komputer tablet muncul dalam sebuah karya fiksi Sains pada patuh kedua abad ke-20 dengan penggambaran Newspad Arthur C. Clarke, pada tahun 1968 film Stanley Kubrick 2011: A Space Oddysey, deskripsi PadKalkulator di tahun 1951baru Yayasan baru oleh Issac Asimov, yang opton di Kembali baru 1961 dari Stars oleh Stanislaw Lem. The Hittclickers panduan untuk Galaxy di Dauglas Adams 1978 komedi dengan nama yang sama, dan berbagai perangkat yang di gambarkan dalam Gane Roddenberry 1966 serial Star Strek, semua membantu untuk mempromosikan dan menyebarluaskan konsep ke khalayak yang lebih luas.

Sejarah Tablet
Akhir puncak sejarah tablet dimulai ketika Steve Jobs mengungkapkan iPad pertama kepasar, dan meyakinkan pasar bahwa komputer tablet dapat menjadi produk konsumen yang layak. Penemuan tablet pc merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari teknologi komputer yang sudah ada.

Deretan Perkembangan tablet
1. RAND Tablet
Ran tablet merupakan tablet yang pertama kali muncul. Disebut juga dengan grafacon.
2. The Dynabook
Konsep tablet modern pertama yang tidak pernah menjadi produk komersial massal.
3. Apple Graphics Tablet
Perangkat ini fungsi utamanya adalah untuk menggambar.
4. Gridpad
Tablet ini ditujukan untuk para pebisnis dan kabarnya mendapat sambutan cukup baik di pasaran.
5. Tandy Zoomer
Dirilis tahun 1992 namun sayangnya kurang diminati.
6. Apple Newton MessagePad
Perangkat handheld yang cenderung masuk ke kategori PDA ini mempunyai stylus untuk navigasi.
7. Fujitsu Stylistic 2300
Tablet pertama yang sudah menggunakan layar warna. Prosesornya memakai pentium 233.
8. Compaq Tablet
Generasi tablet modern barangkali dipelopori oleh microsoft.
9. Compaq TC1000
Tablet berukuran 10,4 inch ini dibekali dengan keybord yang dapat dilepaskan dari tablet.
10. Apple iPad
Didukung aplikasi berlimpah dan desain cantik, iPad cepat menuai ketenaran.
11. Motorola Xoom
Xoom adalah tablet pertama yang memakai sistem operasi android Honeycomb, OS yang khusus didesain untuk perangkat tablet.
Full transcript