The Internet belongs to everyone. Let’s keep it that way.

Protect Net Neutrality
Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

ARCHITECTURE FUNGSIONALISM&KUBISM

No description
by

oky fauzia

on 12 October 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ARCHITECTURE FUNGSIONALISM&KUBISM

Louis Henry Sullivan (1856-1924)
Sekian dan
Terima Kasih!
Tokoh Berpengaruh
Karakter Arsitektur
Oky Fauzia Dwi Oktorina | 21-2011-032
Arsitektur Modern/2014-2015/Ir. Utami, MT
Berawal dari Revolusi Industri
Sejarah
Pada abad-19 meskipun elemen dan bentuk klasik masih mendominasi banyak bangunan, tetapi konsep dasarnya tidak diterapkan lagi. Masa berakhirnya arsitektur Klasik terjadi sejak Revolusi Industri di Inggris yang menimbulkan revolusi sosial ekonomi, tidak hanya melanda Eropa tetapi seluruh dunia. Sebagai akibatnya terjadi perubahan besar dalam budaya, pola pikir, pola hidup masyarakat termasuk seni dan arsitektur. Dari sanalah arsitektur fungsionalisme mulai muncul.

Dalam pandangan arsitektur modern (1910-1940-an), terjadi perubahan dalam pola dan konsep keindahan arsitektur, di mana
keindahan timbul semata-mata oleh adanya fungsi dari elemen-elemen bangunan
. Oleh karena itu aliran ini disebut sebagai Arsitektur Fungsionalisme atau Rasionalisme (berdasarkan rasio/pemikiran yang logis). Bangunan terbentuk oleh bagian-bagiannya apakah dinding, jendela, pintu, atap, dll tersusun dalam komposisi dari unsur-unsur yang semuanya mempunyai fungsi.

Teori, bentuk dan konsep lama keindahan seni termasuk arsitektur ditinggalkan. Hubungan dengan masa lampau berusaha diputus oleh para arsitek modern menjadi bentuk baru yang “murni” tanpa dekor selain bagian bangunan yang masing-masing berfungsi, disebut aliran arsitektur murni atau Purism.

Fungsionalisme dalam arsitektur dapat disimpulkan juga sebagai prinsip bahwa arsitek harus
merancang bangunan berdasarkan tujuan bangunan
tersebut dan adanya kontroversi dalam profesi, khususnya dalam Arsitektur Modern. Fungsionalisme mempunyai pengaruh terkuat di Jerman, Cekoslowakia, Uni Soviet dan Belanda.
ARCHITECTURE FUNCTIONALISM
Lahir 3 September 1856 di Boston, Massachusetts, U.S. dan meninggal pada 14 April 1924 (umur 67) di Chicago, Illinois, U.S. Adalah arsitek asal amerika yang memiliki kepribadian sukar berkompromi namun memiliki pemikiran yang cermerlang dan pendirian yang kuat. Ia menciptakan suatu bentuk arsitektur yang bebas dari kaidah-kaidah klasik atau historic stlye. Hal ini ia terapkan dalam pada rancangan dan sikap hidupnya.

Sullivan mengangap bahwa gaya arsitektur merupakan ekspresi dari budaya dan lingkungan dimana ia diciptakan. Menurut Sullivan fungsi dalam alam merupakan merupakan suatu kekuatan yang disebut sebagai : “semangat kreatifitas yang tidak terbatas dan fungsi dari pada fungsi”. Setiap objek yang ada dibumi adalah ekspresi dari fungsi. Sehingga muncul suatu prinsip dasar Sullivan;
“form follows function”
( bentuk mengikuti fungsi).

Sullivan memandang arsitektur sebagai seni dan wujud dari suatu yang hidup, tumbuh dan berkembang. Sullivan berpegang teguh pada sifat kebijaksanaan dan dasar seni arsitektur. Maka dalam bentuk arsitektur modern ia tidak lepas dari kemegahan, prinsip keselarasan, keseimbangan, simetris. Hal ini dicapai dengan sumbu bangunan yang jelas, tata ruang, komposisi, kemurniaan material, penyusunan unit bangunan dan lain sebagainya.
Arsitektur Fungsionalisme

Adalah arsitektur yang menerapkan pola dan konsep keindahan yang timbul semata–mata oleh adanya fungsi dari elemen-elemen bangunan. Bangunan terbentuk oleh bagian-bagiannya apakah dinding, jendela,pintu, atap dan lain–lain tersusun dalam komposisi dari unsur-unsur yang semuanya mempunyai fungsi.

La Roche - Jeanneret House, 1923, Paris.
Villa Tugendhat, Brno , Republik Ceko.
Karya Arsitektur Fungsionalisme
Villa Tugendhat adalah sebuah bangunan bersejarah di lingkungan kaya Černá Pole di Brno , Republik Ceko. Ini adalah salah satu prototype perintis arsitektur modern di Eropa, dan dirancang oleh arsitek Jerman
Ludwig Mies van der Rohe
. Dibangun dari beton bertulang antara 1928 dan 1930 untuk Fritz Tugendhat dan istrinya Greta, villa segera menjadi ikon modernisme.
Södra Angby, Stockholm , Swedia.
Södra Angby adalah daerah perumahan pencampuran fungsionalisme dengan taman kota cita-cita, yang terletak di barat Stockholm, Swedia. Membentuk bagian dari borough Bromma .

Meliputi lebih dari 500 bangunan, tetap menjadi villa terbesar fungsionalis di daerah Swedia dan mungkin dunia, masih terawat baik lebih dari setengah abad setelah pembangunannya 1933-1940 dan dilindungi sebagai warisan budaya nasional.
Daerah ini meliputi 1,1 kilometer persegi, dan dihuni oleh 1.744 orang.
Foto udara Södra Angby
Baru dibangun villa di Södra Angby pada tahun 1938.
Tampak samping
Södra Angby
Villa Savoye, Paris, Prancis.
Villa Savoye (Perancis: [savwa] ) adalah modernis villa di Poissy, di pinggiran Paris, Prancis. Ini dirancang oleh arsitek swiss
Le Corbusier
dan sepupunya
Pierre Jeanneret
dan dibangun antara tahun 1928 dan 1931 dengan menggunakan beton bertulang.

Sebuah manifesto Le Corbusier "lima poin" arsitektur baru, villa merupakan perwakilan dari basis arsitektur modern, dan merupakan salah satu contoh yang paling mudah dikenali dan terkenal dari gaya Internasional .

Rumah itu awalnya dibangun sebagai negara mundur pada perintah dari keluarga Savoye. Selama Perang Dunia II keluarga Yahudi Savoye dikirim ke kamp-kamp konsentrasi Nazi yang mengambil alih rumah dan menggunakannya untuk penyimpanan. Setelah dibeli oleh sekolah tetangga itu diteruskan menjadi milik negara Prancis pada tahun 1958, dan setelah melakukan beberapa rencana pembongkaran, itu ditetapkan sebagai monumen bersejarah pejabat Prancis pada tahun 1965 (kejadian langka, seperti Le Corbusier masih hidup pada saat itu). Itu benar-benar direnovasi 1985-1997, dan di bawah perawatan dari Pusat des monumen nationaux , dan setelah diperbaharui, rumah dibuka untuk pengunjung sepanjang tahun.
View dari barat dan selatan Fasad Villa.
View dari selatan dan timur Fasad Villa.
View dari timur Fasad Villa.
Villa La Roche/ Maison La Roche,
Paris.
Villa La Roche, juga Maison La Roche, adalah sebuah rumah di Paris , dirancang oleh
Le Corbusier dan Pierre Jeanneret
di 1923-1925. Dirancang untuk Raoul La Roche, seorang bankir Swiss dan kolektor seni avant-garde.

Villa La Roche sekarang menjadi museum yang berisi sekitar 8.000 gambar asli, studi dan rencana oleh Le Corbusier (bekerja sama dengan Pierre Jeanneret 1922-1940), serta kira-kira, 450 lukisannya, 30 enamel, 200 karya di atas kertas, dan koleksi yang cukup besar ditulis dan fotografi arsip. Ia menjelaskan dirinya sebagai koleksi terbesar di dunia Le Corbusier gambar, studi, dan rencana.
Maket Villa La Roche
Eksterior Villa La Roche
Villa Müller,Praha-Střešovice , Republik Ceko.
Villa Müller ( Czech : Müllerova vila, Jerman : Haus Müller) adalah struktur arsitektur yang dirancang pada tahun 1930 oleh arsitek
Adolf Loos
, lahir di Brno , Austria-Hongaria (kemudian Cekoslovakia). The villa terletak di Praha , Republik Ceko.

Bangunan ini ditugaskan oleh František Müller dan istrinya, Milada Müllerová. Mr Müller adalah seorang insinyur dan memiliki sebuah perusahaan konstruksi bernama Kapsa dan Müller. Perusahaan mengkhususkan diri dalam beton bertulang, mengembangkan teknik konstruksi baru. Metode Loos 'desain juga dalam transisi, membuat waktu proyek yang sesuai. Dengan segera, arsitek Karel Lhota mengatur František Müller dengan Loos untuk merancang villa. Lhota juga memberikan kontribusi untuk desain karena kesehatan yang buruk Loos '. Setelah bangunan selesai, Loos merayakan ulang tahun ke-60 nya di sana dengan beberapa teman. Pasangan ini menempati rumah selama delapan belas tahun sebelum Komunis menguasai itu pada tahun 1948 Pada tahun 1968.

Dikenal sebagai landmark inovatif awal modernis arsitektur, Villa Müller mewujudkan ide-ide Loos 'dari ekonomi dan fungsionalitas. Desain tata ruang, yang dikenal sebagai Raumplan, jelas di bagian multi-level dari kamar individu, yang menunjukkan fungsi mereka dan simbolis penting.
Villa Muller
Louis Henry Sullivan (1856-1924)
Bangunan Arsitektur
Prudential Building, also known as the Guaranty Building, Buffalo, New York, 1894
Gage Building
Wainwright Building
Peoples Savings Bank
National Farmer's Bank of Owatonna
Arsitektur Fungsionalisme

Guesthouse at Seedri street / JVR Arhitektuuribüroo, Pärnu, Estonia.
Shaken Office, Groningen, Netherlands.
School of Architecture, University of Miami.
Functionalism Revived by Braun Associates.
St. Benno school, Dresden, Jerman.
House, unknown.
Interior
Interior
Full transcript