Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

20140120215

No description
by

Muhammad Rizaldy

on 29 December 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of 20140120215

Transportasi adalah suatu hal atau media yang mempermudah pekerjaan manusia untuk mencapai suatu wilayah pada jarak tertentu dengan lebih cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu.

NAMUN MASIH MENGGUNAKAN BBM DAN MENGHASILKAN EMISI ??

MOBIL LISTRIK ??

Salah satu kendala pengembangan mobil listrik adalah mahalnya biaya yang harus dikeluarkan, dibanding mobil bensin atau solar. Kemudian ada pula masalah dari sisi infrastruktur, yaitu stasiun pengisian energi listrik yang masih belum tersedia. Masalah ini diungkapkan oleh berbagai pihak, termasuk Menteri Perindustrian di era SBY, MS Hidayat.

(sumber: http://otomotif.liputan6.com/read/2446343/ini-kendala-pengembangan-mobil-listrik-nasional)

"90 persen dikonsumsi sektor transportasi, separuhnya dipakai untuk kendaraan pribadi roda empat," jelas Sekretaris SKK Migas, Gde Pradnyana, saat diskusi publik bertajuk "Indonesia Menjawab Masa Depan", di Tugu Proklamasi, Jl Proklamasi, Jakpus, Sabtu (6/9/2014). Melihat pola konsumsi BBM saat ini, Gde memperkirakan konsumsi BBM dalam negeri akan tembus DUA JUTA BAREL PER HARI PADA 2020. Sementara kapasitas produksi BBM hanya mampu memproduksi 400 ribu barel per hari.



(Sumber:http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2014/09/06/288088/90-konsumsi-bbm-didominasi-sektor-transportasi)

Gambar Mobil Listrik Sederhana
Kesimpulan
PVG (Photovoltaic Generator) adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan energi listrik dengan prinsip Two in One. Maksudnya, alat ini mampu menghasilkan listrik dari dua buah sumber dalam keadaan yang bersamaan, yaitu energi angin (generator turbin angina) dan matahari (panel surya) yang disalurakan langsung pada aki (baterai) mobil. Kedepannya diharapkan dengan pemakaian PVG dapat meminimalisir biaya operasional mobil dan dapat menaikkan peminat bagi konsumen pada mobil listrik.

Prinsip Kerja PVG
Photovoltaic Generator memanfaatkan aliran angin dan cahaya matahari yang terjadi pada bagian badan mobil baik saat mobil dalam keadaan bergerak akibat dari adanya gaya hambat udara (drag force) ataupun ketika mobil dalam keadaan berhenti (memanfaatkan cahaya matahari). Aliran angin ini yang nantinya akan membuat kipas turbin berputar. Efeknya akan membuat turbin juga turut berputar dan menghasilkan listrik. Sedangkan cahaya matahari yang banyak mengandung elektron akan langsung diserap oleh panel surya yang terdapat pada kap depan mobil. Listrik yang dihasilkan akan dikirim dan disimpan ke dalam satu tempat yaitu baterai atau aki mobil tersebut. Semakin besar sinar matahari (foton) yang dipancarkan dan semakin cepat mobil bergerak maka semakin besar pula energi listrik yang dihasilkan.

Analisis Pembahasan
Prinsip Kerja dan Kesimpulan
POWER VOLTAGE GENERATOR (PVG)
LATAR BELAKANG
Anna Nur Nazillah C.,S.T.,M.Eng
Muhammad Rizaldy
Tabel Potensi Kecepatan Angin di seluruh Permukaan Mobil
Proses Penghasil Listrik Panel Surya
Full transcript