Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Audit Komunikasi

No description
by

Lavie Badri

on 6 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Audit Komunikasi

RESPONDEN Nama: Heydee Herlina
Pekerjaan : Accountant Executive
Nama : Chattra Pradipta
Pekerjaan: Advertising & Promotion
Nama : Naomi Prawira
Pekerjaan : HRD Hard Rock FM Bandung
Nama : Lina Herlinawati
Pekerjaan : Finance Admin
Nama : Agi Ginanjar
Pekerjaan : Senior Creative Assistant Program
Nama : Tiffany Dewi
Pekerjaan : Sekretaris PENDEKATAN UMUM Masalah &
Rekomendasi Hasil &
Pembahasan Gambaran Perusahaan UAS Audit Komunikasi Audit Komunikasi Hard Rock FM Bandung "Alat untuk menemukan titik rawan, mendokumentasi dan menguji program dan prosedur kerja, mendapatkan umpan balik, dan membuat berbagai dokumentasi" Audit Mini Komunikasi
(Mini Audit Project - MAP) Mempunyai tujuan yang sama dengan audit komunikasi menyeluruh atau audit total yakni meningkatkan kinerja program komunikasi.
Tidak dapat menghasilkan informasi serinci dan selengkap audit total.
Sangat praktis untuk mengumpulkan informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas program yang sedang berlangsung maupun untuk dijadikan petunjuk bagi pelaksanaan audit total yang menyeluruh dan mendalam.
Dapat dilakukan dengan dana, energi dan waktu yang lebih terbatas.
Bentuk audit mini atau pun total tidak ditentukan oleh jenis variabel atau persoalan namun pada tingkatan intensitas yang berbeda Titik rawan dapat berupa segala macam peristiwa penting yang sesungguhnya dapat berdampak besar, seperti pergantian pimpinan, berita negatif dimedia massa, kemerosotan moral karyawan dan sebagainya.
Fokuskan perhatian pada sesuatu yang berdampak paling besar, kemudian dapat dirumuskan secara ringkas dan jelas tujuan audit mini.
Mendokumentasi program dan prosedur kerja berarti bahwa dalam audit mini terdiri dari kegiatan peninjauan materi dan membuat dokumentasi yang dilanjutkan dengan wawancara dengan tokoh-tokoh kunci didalam atau diluar organisasi.
Lakukan pengujian guna memperoleh kesimpulan yang mentap secara acak pada berbagai jawaban responden.
Umpan balik dapat dicapai dengan cara mewawancarai sejumlah pejabat lintas seksi, yakni para manajer organisasi atau divisi, pimpinan bisnis, sumber¬sumber masyarakat dan khalayak lain.
Analisis serta rekomendasi, dimana jawaban kuesioner diperiksa kembali dengan mempertimbangkan umpan balik yang diperoleh. Hasil audit mini dan memo juga berisi analisis dan rekomendasi yang akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan Audit mengenai sistem komunikasi dan struktur organisasi Hard Rock FM Bandung. Pendekatan survey tunggal merupakan riset evaluatif untuk mengetahui alur dan tingkat keefektifan sistem komunikasi serta saluran dalam organisasi atau perusahaan data lapangan mengenai sistem komunikasi organisasi atau perusahaan. Data tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi atau perbaikan sistem kedepanya Hasil Untuk mengetahui alur dan tingkat efektifitas sistem komunikasinya serta pemakaian saluran komunikasi dalam perusahaan, maka digunakanlah alat ukur baku dari ICA (International Communication Association) berupa: Pendekatan yang dipakai dalam mengaudit Hard Rock FM Bandung adalah pendekatan survei tunggal. Survey dengan kuesioner, survey dalam ICA Audit terdiri dari 122butir pertanyaan, termasuk 12 butir tentang ciri-ciri demografik, 34 butirtentang kebutuhan organisasi. Dari 122 pertanyaan ICA, auditor telah mensortir pertanyaan menjadi 61 pertanyaan.
Wawancara tatap muka, tujuan utama melakukan wawancara adalahuntuk memeriksa, menguji atau melengkapi data yang diperolehmelalui alat ukur lain (kuesioner). Teknik Pengumpulan &
Analisis Data Observasi; mendatangi langsung lokasi Hard Rock FM Bandung diJalan Sulanjana No. 15 Bandung 40116 dan melakukan pengamatan langsung di lokasi
Wawancara; secara aktif melakukan tanya jawab berbasis daftar pertanyaan wawancara dan memperdalam dari pertanyaan yang telah dijawab responden dalam kuesioner yg telah diberikan sebelumnya
Analisis isi; membuat analsis dari isi pesan-pesan yangada dalam dokumen Hard Rock FM Bandung merupakan sebuah perusahaan radio siaran yang merupakan cabang dari Hard Rock FM Jakarta, bersamaan dengan Hard Rock FM Surabaya dan Hard Rock FM Bali. Radio Hard Rock FM merupakan sebuah anak perusahaan yang tergabung dalam grup MRA Group, sebuah grup yang yang menyebut dirinya sebagai“Media And Lifestyle Group of Companies”.
Dengan tema “Lifestyle and Entertainment Station” bersama dengan Hard Rock FMlainnya, Hard Rock FM Bandung berusaha untuk menyiarkan informasi-informasi terkini, berupa berita-berita fashion, selebriti dan orang-orang ternama, olahraga, isu-isu terbaru di kota tempatnya mengudara dan bahkan informasi seputar pekerjaan dan ekonomi bagi para eksekutif muda. Musik yang disiarkan oleh Hard Rock FM Bandung berkisar seputar genre rock, pop, alternative, progressive, techno dan masih banyak lagi yang di sesuaikan dengan segmentasi pendengarnya yaitu laki-laki dan perempuan yang berusia 20-35 tahun dengan status sosial-ekonomi A & B. Hard Rock FM menyadari potensinya untuk dapat terus berkembang, karenanya Hard Rock FM Bandung menetapkan Misi untuk menjadi yang terbaik di Bandung dan Indonesia.Untuk mencapai itu, Hard Rock FM Bandung merumuskan Visinya yaitu dengan :
1.Memperluas cakupan pemasaran kota-kota di luar Bandung.
2.Meningkatkan kapasitas komunikan
3.Menambah siaran siaran yang berbeda dengan yang lain. Visi Misi Matriks Pengolahan Data Struktur Organisasi Fakta:
•Penanganan tugas telah dikerjakan sebagaimana mestinya oleh para karyawan
•Pengetahuan para karyawan akan kebijakan-kebijakan yang ada pada Hard Rock FM Bandung terbilang baik.
•Penilaian kerja yang diberikan secara maksimal oleh sesama rekan kerja.
•Karyawan cukup tanggapakanpengetahuan tentang pelayanan maupun produk baru yang akan diberikan kepada konsumen.

Masalah:
•Karyawan mengetahui penurunan-penurunan yang terjadi dalam perusahaan, namun tidak memiliki harapan tinggi untuk selalu mengetahui hal tersebut.
•Teknologi yang digunakan dalam menunjang para Karyawan untuk bekerja dirasa kurang memadai.
•Peluang kenaikan gaji serta kenaikan pangkat yang para karyawan peroleh sangat sedikit.
Saran:
•Pihaktop manager dari Hard Rock FM Bandung lebih meng-encourage karyawannya dengan memberi pengetahuan akan pentingnya untuk selalu mengetahui perkembangan informasi yang berkaitan dengan penurunan-penurunan yang terjadi dalam perusahaan.
•Pengadaan teknologi hendaknya ditambah guna menunjang pekerjaan.
•Pemberian reward kepada para karyawan dalam bentuk kenaikan gaji/tunjangan maupun kenaikan pangkat untuk karyawan yang memiliki kinerja baik perlu dipertimbangkan.
Fakta:
•Arus komunikasi yang berjalan dari bawahan kepada atasan berjalan dengan baik,
Masalah:
•Terbatasnya kesempatan yang ada bagi bawahan untuk mengevaluasi atasan.
•Kurangnya tempat berkeluh-kesah untuk menanggulangi kejenuhan yang ada selama bekerja, karena rata-rata karyawan tidak menyadari pentingnya hal tersebut, sehingga tidak berharap lebih terhadap hal tersebut.


Saran:
•Kesempatan bawahan guna melakukan evaluasi kepada atasan harus lebih diperbanyak.
•Hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja karyawan pada segala lini pekerjaan. Disamping itu, atasanpun dapat mengetahui keluh kesah bawahan mereka terkait dengan pekerjaan. Fakta:
•Respon kerja bawahan terhadap informasi yang telah disampaikan oleh atasan sangat baik.
•Respon atasan terhadap bawahan terhadap informasi yang disampaikanpun terhitung baik.
Masalah:
•Respon manajemen puncak sangat rendah terhadap informasi-informasi yang telah disampaikan oleh karyawan.
Saran:
•Pihak manajemen puncak setidaknya harus lebih memperhatikan informasi-informasi yang diberikan oleh bawahan mereka, dan memberikan intensitas respon yang lebih tinggi
Fakta:
•Penerimaan informasi yang berasal dari rekan kerja pada divisi yang sama maupun divisi yang berbeda berjalan cukup lancar
•Penerimaan informasi-informasi yang berasal dari atasan juga berjalan dengan lancar.
•Informasi mengenai isu-isu yang beredar dilingkungan kerja memiliki intensitas yang tinggi.
Masalah:
•Arus informasi dari Manajemen puncak (pemilik perusahaan) serta arus informasi yang berasal dari bawahan ke atasan tergolong memiliki intensitas yang rendah, berbanding terbalik dengan harapan dari atasanakan arus informasi yang datang dari bawahan cenderung memiliki intensitas yang tinggi.
Saran:
•Pihak manajemen puncak setidaknya harus lebih memperhatikan jalannya arus informasi yang mereka berikan
Fakta:
•Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan informasi dari rekan kerja cukup baik.
•Waktu yang diperukan untuk mendapatkan informasi yang didapat dari kepala divisi (atasan langsung)-pun terbilang lancar.
Masalah:
•Waktu informasi yang sampai dari manajemen puncak dan dari bawahan kepada atasan membutuhkan waktu yang terhitung lama.
Saran:
•Manajemen puncak disarankan untukmemanfaatkan dan memaksimalisasi segala fasilitas yang ada untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan dalam penyampaian arus informasi.
•Pihak manajemen pucak juga dirasa perlu untuk lebih meluangkan waktu dan memberikan atensi lebih dengan menambah frekuensi mereka dalam mengunjungi Hard Rock FM Bandung.
Fakta:
•Hubungan atasan dengan bawahan dalam perusahaan ini dapat dinilai cukup baik
Masalah:
•Pihak bawahan terkadang tidak dilibatkan secara langsung dalam pengambilan keputusan guna memajukan perusahaan atau penyelesaian masalah yang terjadi dalam perusahaan
Saran:
•Para karyawan sebaiknya lebih diikutsertakan dalam pengambilan keputusan dan proses pembuatan kebijakan.
Fakta:
•Tingkat kepuasan terhadap pekerjaan yang para karyawan lakukan memiliki frekuensi yang paling tinggi
•Para karyawan mengakui kepuasan mereka akan layanan maupun produk yang diberikan oleh Hard Rock FM Bandung, efisiensi operasi kegiatan, serta sistem komunikasi yang diterapkan didalam perusahaan secara menyeluruh.
Masalah:
•Tingkat kepuasan para karyawan terhadap kesejahteraan dan gaji yang mereka dapatkan serta cara perusahaan dalam mengapresiasi pekerjaan yang mereka lakukan memiliki nilai yang rendah,
•Kepuasan karyawan terhadap keadan dan kemajuan perusahaan berada pada level yang rendah.
•Peluang kemajuan karier karyawanpun berada pada level yang rendah.
Saran:
•Seperti pada poin pertama, pemberian reward kepada para karyawan dalam bentuk kenaikan gaji/tunjangan maupun kenaikan pangkat untuk karyawan yang memiliki kinerja baik perlu lebih dipertimbangkan.
Fakta:
•Saluran ataupun media komunikasi melalui Tatap muka secara langsung, telepon maupun media tertulis seperti memo, surat dan pemberitahuan tertulis, serta aktifitas briefing dengan manajemen divisi terbilang cukup optimal.
•Proses briefing dengan bawahan dengan atasanlangsung (kepala divisi) memiliki frekuensi yang cukup rendah, meskipun para karyawan tidak terlalu mengharapkan hal tersebut memiliki frekuensi yang tinggi.
Masalah:
•Kurangnya media papan buletin dan surat kabar perusahaan cukup menganggu proses komunikasi yang berjalan,
•Karyawan berharap pihak perusahaan menaruh perhatian lebih besar terhadap pemberadaan media-media tersebut guna melancarkan proses pertukaran informasi secara massal antarkaryawan.
Saran:
•Sebaiknya pihak perusahaan mempertimbangkan untuk melakukan pengadaan media media penunjang pertukaran informasi secara massal antarkaryawan Hard Rock FM Bandung seperti papan buletin atau surat kabar perusahaan.
Kesimpulan:
•Pemahaman karyawan akan job-description pekerjaan mereka cukup memuaskan
•Proses komunikasi horizontal antarkaryawan berjalan tanpa kendala
•Arus penyampaian informasi yang berasal dari bawahan kepada atasan tidak memerlukan waktu yang lama.
•Hubungan atasan dan bawahan berjalan dengan sangat baik.
•Hal-hal tersebut sudah dapat membantu Hard Rock FM demi mencapai tujuan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


Saran
•Pihak manajemen puncak Hard Rock FM Bandung hendaknya memberikan atensi serta apresiasi lebih banyak kepada para karyawan mereka.
•Pengadaan fasilitas-fasilitas perlu lebih diperhatikan.
•Kesempatan bagi karyawan untuk dapat mengevaluasi kinerja atasan mereka perlu ditambah
•Kesempatan karyawan untuk lebih berpartisipasi dalam memberikan informasi mengenai keputusan-keputusan yang berkaitan dengan perusahaan juga perlu ditambah.
•Manajemen puncak juga dirasa perlu untuk memberikan respon yang lebih intensif terhadap trigger berupa apapun yang diberikan bawahan.
Hasil Wawancara Metode, Prosedur &
Pengumpulan Data Idham Nugroho (210110090108) Indra Maulana (210110090175) Lavie Triyani R. Badri (210110090119)
Full transcript