Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

METODE PENGUKURAN GPS

No description
by

Rismauly yunita

on 7 October 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of METODE PENGUKURAN GPS

3. Stop and Go
A. Metoda Post Processing
Metode ini memerlukan waktu untuk memproses data yang dikoleksi pada sesuatu benda yang bergerak dan data yang dikoleksi pada stasiun referensi pada durasi dan epok yang sama, kemudian datanya diolah dengan menggunakan software applikasi untuk menentukan besar vector base line serta posisi relative terhadap sistim koordinat tertentu metode post processing dapat dibagi menjadi:
4. Pseudo Kinematik
GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat.
Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan.
KELOMPOK 6
Akhmad T’salist
Rismauly Yunita T
Nofiana Dian Rahayu
Aulia Imania S
Wahyu Setianingsih
Baskoro Agum G
Ridwan Aminulah
Faras Nabila

Metode Pengukuran GPS
KELOMPOK 6
menentukan posisi hanya berdasarkan pada 1 pesawat penerima (receiver) saja. Ketelitian posisi dalam beberapa meter (tidak berketelitian tinggi) dan umumnya hanya diperuntukkan bagi keperluan NAVIGASI.
KESIMPULAN
Secara umum produk dari GPS adalah posisi, kecepatan, dan waktu. Selain itu ada beberapa produk lainnya seperti percepatan, azimuth, parameter attitude, TEC (Total Electron Content), WVC (Water Vapour Content), Polar motion parameters, serta beberapa produk yang perlu dikombinasikan dengan informasi eksternal dari sistem lain, produknya antara lain tinggi ortometrik, undulasi geoid, dan defleksi vertikal.
GPS terdiri dari tiga segmen utama yaitu segmen angkasa yang terdiri dari satelitsatelit yang jumlah keseluruhannya ada 24 buah, segmen kontrol yang terdiri dari 5 stasiun monitor dan pengontrol satelit yang tersebar merata dipermukaan bumi, dan segmen pengguna yang terdiri dari pemakai GPS yaitu alat-alat penerima (receiver) yang menerima dan mengolah sinyal serta data waktu dari satelit.
Metoda Penentuan Posisi dengan GPS/GNSS
1. Metoda Absolut
2. Metoda relative atau diferensial
menetukan posisi dengan menggunakan lebih dari sebuah receiver. Satu GPS dipasang pada lokasi tertentu dimuka bumi dan secara terus menerus menerima sinyal dari satelit dalam jangka waktu tertentu dijadikan sebagai referensi bagi yang lainnya
Metode ini dibagi menjadi dua yaitu post processing dan real time kinematik.
1. Metoda Statik
Metode survei GPS dengan waktu pengamatan yang relatif lama (beberapa jam) di setiap titiknya.Dengan catatan titik-titik yang akan ditentukan posisinya diam (tidak bergerak).
2. Rapid Statik
Penentuan posisi dengan metoda Rapid Statik menggunakan dua alat receiver dimana satu diam dan satu bergerak gerak berpindah dari satu titik ke titik lainnya tetapi dengan waktu okupasi pada titik tersebut cukup singkat yaitu antara 5 sampai dengan 10 menit.
Metode yang dilakukan dengan receiver GPS/GNSS yang bergerak dari satu titik ke titik lainnya, tetapi selama perjalanan dari satu titik ke titik lainnya receiver tetap melakukan koleksi data.
Penentuan Posisi dengan metoda Pseudo Kinematik menerapkan dua sesi okupasi data pada titik yang sama secara singkat (5 menit), dengan perbedaan satu sesi dengan lainnya kurang lebih 1 (satu) jam.
5. Kinematik
Metoda Penentuan Posisi Kinematik dipakai untuk menentukan posisi dan kecepatan sesuatu benda yang bergerak seperti pesawat terbang dan kapal laut. Metoda ini dapat dlakukan secara Real Time Kinematik (RTK) atau Post Processing
B. Real Time Kinematik
Metoda Real time Kinematik langsung menghasilkan harga koordinat posisi dan kecepatan sesuatu benda yang bergerak secara langsung pada saat itu juga
Penentuan posisi dengan memanfaatkan gelombang GPS telah berkembang sangat pesat terutama untuk metode relative khususnya Differential Global Positioning System (DGPS). Teknologi DGPS untuk setiap unit receiver yang berfungsi sebagai rover secara real time diperoleh adalah Real Time Kinematik (RTK).
GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat, didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan.
Metoda Penentuan Posisi yang berlaku secara umum dengan menggunakan Sistim GPS/GNSS berdasarkan kegunaannya (tingkat akurasinya) dibagi menjadi keperluan Survei dan Navigasi. Metoda yang dapat dipakai untuk kedua keperluan tersebut adalah:
1. Metode Absolut
Menentukan posisi hanya berdasarkan pada 1 pesawat penerima (receiver) saja
2. Metode Relatif
Menetukan posisi dengan menggunakan lebih dari sebuah receiver. Metode relatif dibagi menjadi dua yaitu yaitu post processing dan real time kinematik. Metode post processing dibagi atas:
a. Metode Statik
b. Metode Rapid Statik
c. Metode Stop and Go
d. Metode Pseudo Kinematik
e. Metode Kinematik
Full transcript