Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Membangun Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal

No description
by

Andri Yana

on 10 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Membangun Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal

Membangun Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Kebhnnekatunggal ikaan dalam masyarakat Indonesia adalah merupakan keniscayaan sehingga
menjadi slogan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara’ Pengejawantahan nilai nilaikebhinnekaan itu merupakan sarat mutlak untuk menjamin keutuhan bangsa ini .Adalah tugaskita untuk mengawal terselenggaraanya perwudan kebhinnekaan itu dalam kehidupan bernegarasehingga tampilan nasionalisme lebih menunjukkan integritas yang elegan dan bermartabatkarena dibangun dengan pilat yang beranekaragam sebagai penyangganya,bhinneka tunggal ikaadalah soko guru tegaknya bangsa Negara ini
Topic 2
ada empat masalah pokok yang dihadapi, ialah (a) mempersatukan aneka-warna suku-bangsa, (b) hubungan antar umat beragama, (c) hubungan mayoritas-minoritas dan (d) integrasi kebudayaan di Irian Jaya dengan kebudayaan Indonesia.
Topic 3
Kata integrasi berasal dari bahasa inggris, integration yang berarti pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Integrasi juga berarti proses mengkoordinasikan berbagai tugas, fungsi, dan bagian-bagian, sedemikian rupa dapat bekerja sama dan tidak saling bertentangan dalam pencapaian sasaran dan tujuan.
Topic 4
Integrasi kebudayaan
Integrasi kebudayaan adalah penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat
Topic 5
Integrasi nasional adalah proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan di masyarakat secara nasional sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi fungsinya bagi masyarakat tersebut.
Topic 6
Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan sosial, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi bagi masyarakat tersebut.
Kata integrasi berasal dari bahasa inggris, integration yang berarti pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Integrasi dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu, integrasi sosial, integrasi kebudayaan, dan integrasi nasional. Integrasi suatu bangsa terjadi karena adanya perpaduan dari berbagai unsur, seperti suku bangsa, tradisi, kepercayaan atau agama, sosial budaya dan sistem ekonomi sehingga terwujud satu kesatuan wilayah, politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang membentuk jati diri suatu bangsa.

Proses integrasi tidak terjadi begitu saja, tetapi merupakan suatu proses yang panjang dalam waktu yang cukup lama. Integrasi nasional memang berhubungan satu sama lain dengan problem kebangsaan yang terjadi selama ini, termasuk juga soal relasi sosial yang terbangun di tengah masyarakat, baik antara masyarakat dengan masyarakat, maupun masyarakat dengan negara (pemerintah).


Topic 7
Integrasi nasional memang berhubungan satu sama lain dengan problem kebangsaan yang terjadi selama ini, termasuk juga soal relasi sosial yang terbangun di tengah masyarakat, baik antara masyarakat dengan masyarakat, maupun masyarakat dengan negara (pemerintah). Terlebih lagi pada aspek ekonomi hubungannya dengan proses pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. didukung oleh pendapat Higgins yang memahami integrasi nasional dengan melihat proses penyatuan kelompok budaya dan sosial pada satu kesatuan wilayah dan identitas nasional. Diarahkan pada pembentukan wewenang kekuasaan nasional atas unit-unit politik yang lebih kecil (kelompok sosial). Selain itu, integrasi sering digunakan untuk menunjuk integrasi elite dan masyarakat, termasuk sikap dan perilaku integratif warga negara serta penguatan pada konsensus nilai dalam memelihara ketertiban sosial dan penyelesaian konflik.
Full transcript