Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

KONFIGURASI WIFI MESH PADA ACCESS POINT CISCO (AIR-CAP3502I)

No description
by

Naufal Rizki

on 20 January 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of KONFIGURASI WIFI MESH PADA ACCESS POINT CISCO (AIR-CAP3502I)

PENDAHULUAN
LANDASAN TEORI
PEMBAHASAN
PENUTUP
NAUFAL RIZKI RINDITAYOGA
41412110071

KONFIGURASI WIFI MESH PADA ACCESS POINT CISCO
(AIR-CAP3502I) PADA PROJECT WIFI.ID
DI PT. TELKOM INDONESIA

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO
Latar Belakang
Kebutuhan masyarakat terhadap telekomunikasi khususnya pada layanan data internet yang tinggi, maka perkembangan teknologi serta perangkat telekomunikasi pada saat ini berkembang dengan pesat. Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan koneksi internet, PT Telkom Indonesia telah berinovasi pada bidang wireless menciptakan produk wifi menggunakan mesh. Melalui teknologi tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk berinteraksi dengan rekan lainnya menggunakan data atau koneksi internet tanpa harus terbebani dengan koneksi pada BTS (Base Transceiver Station) dan provider SIM Card pribadi.
Rumusan Masalah
Menjelaskan mengenai wifi mesh pada Access Point (AP) Cisco (AIR CAP3502I).
Membahas mengenai proses installasi dan konfigurasi wifi mesh pada Access Point (AP) Cisco (AIR CAP3502I).
Batasan Masalah
Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai Konfigurasi Wifi Mesh pada Access Point Cisco (AIR CAP3502I) pada Project Wifi.id di PT Telkom Indonesia. Ruang lingkup penulisan hanya terbatas pada proses installasi dan konfigurasi dari wifi mesh pada Access Point (AP) cisco (AIR CAP3502I).
Tujuan
Dapat mengetahui tentang wifi mesh menggunakan AP Cisco (AIR CAP3502I) di PT Telkom Indonesia.
Dapat mengetahui proses installasi wifi mesh menggunakan AP Cisco (AIR CAP3502I).
Dapat mengetahui proses konfigurasi wifi mesh menggunakan AP Cisco (AIR CAP3502I).
Tempat dan Waktu
Tempat : PT. Telkom Indonesia
Gd. Arnet Lt. 1, Jl. S. Parman Kav 8 Slipi
Jakarta Barat.
Waktu : 01 Oktober – 31 Oktober 2015.
VISI
Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment, dan Services (TIMES) di kawasan regional.
MISI
1. Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi
dengan harga yang kompetitif.
2. Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di
Indonesia.
Struktur Organisasi
PROFIL PERUSAHAAN
Serat Optik
Serat Optik Step-Index Multimode
Serat optik ini berdiameter core agak besar yang membuat laser di dalamnya akan dipantul – pantulkan ke dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth.
Serat Optik Graded-Index Multimode
Serat optik ini memiliki diameter core yang besar dan mempunyai cladding yang bertingkat indeks biasnya sehingga dapat menambah bandwidth jika dibandingkan dengan step-index multimode.
Serat Optik Step-Index Singlemode
Serat optik ini memiliki core yang sangat kecil, diameternya mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak dipantul – pantulkan ke dinding cladding.
PON (Passive Optical Network)
PON biasa digunakan untuk jaringan metro atau untuk mobile backhaul yaitu koneksi antara core network dengan core network lain atau antara base station dengan core network.
GPON (Gigabit Passive Optical Networks)
GPON itu sendiri ketika data atau sinyal dikirimkan dari OLT, maka ada bagian yang bernama splitter yang berfungsi untuk memungkinkan fiber optic tunggal dapat mengirim ke berbagai ONU, untuk ONU sendiri akan memberikan data - data dan sinyal yang diinginkan user.
Optical Line Terminal (OLT)
Optical Line Terminal (OLT) adalah perangkat yang berfungsi sebagai titik akhir (end-point) dari layanan jaringan optik pasif.
Optical Distribution Cabinet (ODC)
Optical Distribution Cabinet (ODC) menyediakan peralatan transmisi optik antara OLT dan ONT.
Optical Distribution Pack (ODP)
Instalasi atau terminasi yang bagus dari fiber adalah persyaratan utama untuk menjamin kemampuan transmisi pada kabel fiber optik
Optical Network Termination / Unit (ONT / ONU)
ONU menyediakan interface antara jaringan optic dengan pelanggan.
ONT F660
ONT F821
Wireless Lan Controller (WLC)
Cisco WLC (Wireless Controller) adalah perangkat untuk memanage suatu Lightweight Access Point Protocol (LWAPP) yang akan menggunggah konfigurasi dari WLC seperti SSID, jenis autentikasinya, VLAN-ID, dll. WLAN controller secara otomatis menangani konfigurasi dari 6 sampai 1000 access point
Cisco Wireless Lan Controller (WLC)
Access Point (AP)
Access Point adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya.
AP Cisco AIRCAP 3502I
Power of Ethernet Injector (PoE)
PoE teknologi adalah sistem yang memanfaatkan kabel UTP twisted pair untuk mentransmisikan daya / power melalui pair yang tidak terpakai. PoE memiliki 2 port pada perangkatnya.
PoE Injector
Unshield Twisted Pair (UTP)
Kabel UTP yaitu jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga. Kabel UTP memiliki dua susunan pin yang berbeda, yaitu straight (lurus) dan cross (silang)
Pengenalan Wifi Mesh di Telkom Indonesia
Wifi mesh ini digunakan dengan maksud untuk mengurangi penggunaan kabel UTP secara berlebihan dan juga dapat meminimalisir pemakaian port / slot pada modem (ONT) yang dikarenakan hanya ada 4 port pada ONT tipe F660 yang biasa digunakan.
Wifi mesh menggunakan 2 AP, yaitu 1 AP sebagai AP Root (memancarkan data ke AP mesh) dan 1 sebagai AP Mesh (mendapatkan pancaran data dari AP Root)
Penjelasan Singkat Tentang Manfaat PoE pada Wifi Mesh
Pemanfaatan PoE hanya digunakan untuk catuan daya aja tanpa menggunakan port “TO SWITCH”, jadi hanya port “TO AP” atau hanya catuan daya saja yang digunakan. Ini dikarenakan untuk wifi mesh sudah mendapatkan pancaran data dari AP sekitarnya yang menggunakan port “TO AP” dan “TO SWITCH” pada PoE, atau bisa dibilang AP yang menggunakan prosedur PoE umumnya.
Prosedur Instalasi Access Point Menggunakan Wifi Mesh
Tarik kabel UTP dari ONT ke PoE. Lakukan proses penyambungan konektor kabel UTP menggunakan RJ-45 pada kedua ujung kabel tersebut
Lalu hubungkan kedua perangkat tadi. Pada sisi ONT hubungkan pada antara port 1 – 4, sedangkan pada PoE hubungkan pada port “TO SWITCH”.
Tarik kabel UTP dari PoE ke AP. Lakukan proses penyambungan konektor kabel UTP menggunakan RJ-45 pada kedua ujung kabel tersebut.
Hubungkan PoE dengan AP. Pada sisi PoE hubungkan pada port “TO AP”, dan pada sisi AP hubungkan pada port “ETHERNET”.
Bila semua kabel antara ONT, PoE, dan AP sudah terhubung dengan baik, maka lampu indikasi yang akan muncul pada AP ialah berwarna hijau.
Selanjutnya proses konfigurasi (akan dijelaskan pada poin selanjutnya) sudah berjalan dengan baik juga, maka kabel pada AP mesh yang terhubung dengan port “TO SWICTH” pada PoE bisa dilepas. Karena AP mesh sudah mendapatkan pancaran data dari AP sekitarnya
Prosedur Konfigurasi Access Point Menggunakan Wifi Mesh
Pengecekkan AP pada WLC
Melakukan pengecekkan AP sudah up atau belum pada WLC
AP Root sudah terdetek up
Pengecekkan AP pada Cacti
Melakukan pengecekkan AP pada cacti dengan url https://merahputih.indonesiawifi.net/API untuk mendapatkan IP WISM
GUI WLC
Mencari MAC Address pada WLC
AP Mesh sudah terdetek up
AP Ditemukan di WLC
Mencatat Radio MAC Address
Tab Menu 802.11b/g/n
Pop Menu Pencarian Radio MAC Address
Configure Power Level
Mengubah RF Channel
Mengubah Tx Power Level
Mengubah Tab AP Mode
Input MAC Filtering
Input MAC Adddress pada MAC Filter
Mengubah Tab AP Role pada AP Root
Mengubah Tab AP Role pada AP Mesh
Mengubah Bridge Group Name
Proses konfigurasi wifi mesh menggunakan software openVPN dan cacti yang ada di PT. Telkom Indonesia. Dimana software openVPN digunakan untuk konfigurasi mesh dan cacti digunakan untuk mengecek apakah AP sudah up atau down, karena pada proses konfigurasi wifi mesh menggunakan software openVPN kondisi AP harus up.
Proses instalasi wifi mesh yang termasuk mudah dan cepat, karena tidak memerlukan penarikkan kabel UTP yang panjang untuk AP mesh
Wifi mesh pada PT. Telkom Indonesia memanfaatkan PoE yang hanya menggunakan port daya / power saja, tanpa menggunakan port data, dikarenakan sudah mendapat pancaran data dari AP di sekitar AP yang dikonfigurasi mesh
Kesimpulan
Perangkat wifi.id harus rutin dilakukan pengecekkan secara berkala agar performance tetap handal karena perangkat akan beroperasi 24 jam tanpa berhenti.
Disarankan 1 AP Root hanya menampung 1 AP Mesh, karena bandwidth yang ada pada AP Root akan terbagi dengan AP Mesh. Apabila 1 AP Root menampung lebih dari 1 AP Mesh maka bandwidth yang dihasilkan akan sangat kecil.
Saran
Full transcript