Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pembuatan Dan Manfaat Beberapa Unsur Nonlogam Dan Senyawanya

No description
by

Giovani Wijonarko

on 24 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pembuatan Dan Manfaat Beberapa Unsur Nonlogam Dan Senyawanya

Pembuatan Dan Manfaat Beberapa Unsur Nonlogam Dan Senyawanya
Karbon dan Senyawa Karbon
Silikon dan Senyawa Silikon
Fosforus dan Senyawa Forforus
Grafit
Struktur grafit berbentuk lapisan. Dalam satu lapisan, setiap atom karbon terikat secara kovalen kepada 3 atom karbon lainnya, dalam suatu susunan berbentuk heksagonal. Setiap lapisan adalah satu molekul raksasa yang kokoh namun ikatan antarlapisnya lemah.
Fullerene
Fullerene adalah struktur karbon berbeda yang ditemukan pada tahun 1985. Struktur karbon ini mempunyai rumus molekul C - 60 dan tersusun dari atom - atom karbon yang saling berikatan dalam pola pentagonal dan heksagonal membentuk struktur berongga seperti bola sepak.
Silikon
Penggunaan penting dari silikon adalah untuk membuat transistor, chips komputer, dan sel surya. Untuk tujuan itu diperlukan silikon ultra murni. Silikon juga digunakan dalam berbagai jenis aliase dengan besi ( baja ). Baja biasa mengandung sekitar 0,03% silikon, baja silikon mengandung sekitar 2,5 - 4% silikon, sedangkan durion (juga suatu aliase baja) mengandung 15% silikon
Senyawa Silikon
Senyawa silikon digunakan dalam industri. silika dan silikat digunakan untuk membuat gelas, keramik, porselin, dan semen. Larutan pekat dari natrium silikat, suatu zat padat amorf yang tidak berwarna, digunakan untuk mengawetkan telur dan sebagai perekat, juga sebagai bahan pengisi dalam detergen. Karborundum, yaitu silikon karbida, merupakan zat padat yang sangat keras, digunakan untuk ampelas dan pelindung untuk pesawat ulang - alik terhadap suhu yang tinggi sewaktu kembali ke bumi. Silika gel, suatu zat padat amorf yang sangat berpori, dibuat dengan melepas sebagian air dari asam silika. Silika gel bersifat higroskopis ( mengikat air ), sehingga digunakan sebagai pengering dalam berbagai macam produk.
Dalam Industri, nitrogen diperoleh dari udara. Prosesnya berlangsung dalam dua tahap yaitu pencairan udara dan distilasi bertingkat udara cair.
Nitrogen
Gas nitrogen tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Nitrogen tergolong unsur yang sukar bereaksi dan hanya bereaksi pada suhu tinggi dengan bantuan katalis.
Fosforus
Forforus mempunyai dua bentuk alotropi, yaitu fosforus putih dan fosforus merah. Fosforus putih lebih reaktif daripada forforus merah dan bersifat racun. Fosforus putih dapat terbakar dengan sendirinya di udara. Oleh karena itu fosforus putih biasanya disimpan dalam air. Fosforus putih terdiri atas molekul - molekul P4 yang berbentuk tetrahedron sedangkan fosforus merah adalah polimer rantai dari P4
Asam Fosfat
Asam fosfat murni berupa cairan kental tak berwarna dan mudah larut dalam air. Secara komersial, asam fosfat dibuat dari reaksi batuan fosfat dengan asam sulfat. Asam fosfat digunakan untuk membuat pupuk super fosfat, juga untuk membuat senyawa yang berguna untuk bahan penunjang dalam detergen, pembersih lantai, insektisida, dan makanan hewan.
Natrium Tri Poli Fosfat
Senyawa ini dipakai sebagai bahan penunjang dalam detergen, yaitu untuk mengikat ion - ion kalsium / magnesium dari air sadah, sehingga tidak mengendapkan detergen, namun penggunaan senyawa ini dapat menimbulkan pencemaran air.
Intan adalah zat padat bening berkilauan yang merupakan zat terkeras. Setiap atom karbon dalam intan berada di pusat suatu tetrahedron dan terikat secara kovalen kepada 4 atom karbon lainnya. Struktur demikian berlanjut hingga terbentuk jaringan yang sangat tinggi dan kokoh. Karena sifat kokohnya ini, selain digunakan untuk perhiasan, intan juga digunakan untuk dijadikan alat pemotong dan mata bor. Bubuknya dapat digunakan untuk memoles benda yang sangat keras seperti baja tahan karat
Intan
Grafit sebagai anode dalam batu baterai dan berbagai proses industri yang menggunakan elektrolisis.
Grafit dicampur dengan tanah liat untuk membuat pensil dan bahan kosmetik serta dapat digunakan sebagai bahan pelumas.
Grafit dapat di digunakan sebagai komponen pembuatan komposit ( kombinasi beberapa material ) karena sifat yang sangat kokoh setiap lapisan.
Fullerene digunakan di bidang nanoteknologi, yaitu sebagai penahan panas dan sebagai superkonduktor.
Karbon Monoksida
Karbon Monoksida ( CO ) lebih dikenal sebagai racun, namun ternyata dapat berguna juga sebagai berikut :
Reduktor pada pengolahan berbagai jenis logam, misalnya besi.
Bahan baku membuat metanol
Komponen dari berbagai jenis bahan bakar gas, seperti gas air dan gas kokas
Karbon Dioksida
Karbon dioksida padat dikenal sebagai es kering. Karbon dioksida padat ini menyublim di bawah tekanan atmosfer.Karbon dioksida komersial diperoleh dari pembakaran residu penyulingan minyak bumi. Dalam jumlah besar juga diperoleh sebagai hasil samping produksi urea dan pembuatan alkohol dari proses peragian.
Penggunaan Karbon Dioksida
Sebagai pendingin ( CO2 padat )
Untuk membuat soft drink (CO2 memberikan rasa yang menyegarkan).
Pemadam kebakaran, karena CO2 lebih berat dari udara maka Co2 akan mengusir udara dari sekitar daerah yang disemprot sehingga api dapat padam.
Nitrogen dan Senyawa Nitrogen
Penggunaan Nitrogen
Produksi nitrogen sebagian besar digunakan untuk membuat amonia
Karena kurang reaktif, nitrogen digunakan untuk membuat atmosfer inert dalam berbagai proses yang terganggu oleh oksigen, misalnya dalam industri elektronika
Nitrogen juga digunakan sebagai atmosfer inert dalam makanan kemasan untuk memperpanjang masa penggunaanya.
Nitrogen cair digunakan sebagai pendingin untuk menciptakan suhu sangat rendah.
Amonia
Amonia berupa gas yang berbau khas dan sangat menyengat. Meski begitu amonia adalah senyawa yang sangat penting. Amonia digunakan dalam berbagai bidang antara lain :
Untuk membuat pupuk, misalnya urea [CO(NH2)2] dan ZA [(NH4)2SO4].
Untuk membuat senyawa nitrogen yang lain, seperti asam nitrat (HNO3), amonium klorida (NH4cl), dan amonium nitrat (NH4NO3).
Dalam pabrik es, digunakan sebagai pendingin karena amonia cair mudah menguap dan menyerap banyak panas.
Untuk membuat hidrazin, N2H4 yang digunakan sebagai bahan roket.
Asam Nitrat
Asam nitrat tergolong asam kuat. Asam ini dapat melarutkan hampir semua logam kecuali emas dan platina. Oleh karena itu, asam nitrat dapat digunakan untuk memisahkan campuran perak dan emas karena perak akan larut, sedangkan emas tidak.
Penggunaan asam nitrat :
Sebagian besar asam nitrat digunakan untuk membuat amonium nitrat, NH4NO3, yang digunakan sebagai pupuk.
Asam nitrat juga banyak digunakan dalam laboratorium dan berbagai industri kimia seperti industri bahan peledak, plastik, dan obat.
fosforus putih digunakan untuk pupuk dan detergen sedangkan fosforus merah digunakan untuk membuat korek api.
Pupuk Superfosfat
Fosforus tergolong unsur makro, yaitu unsur yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah yang cukup banyak. Sementara itu, fosforus di alam terdapat sebagai batuan fosfat yang tidak larut dalam air sehingga tidak dapat diserap oleh tumbuhan. Oleh karena itu, batuan fosfat direaksikan dengan asam sulfat atau asam fosfat, dimana batuan fosfat diubah menjadi kalsium dihidrogenfosfat yang larut dalam air. Inilah yang di sebut pupuk superfosfat karena mudah larut dalam air.
Oksigen
Gas oksigen tidak berwarna,berbau, dan berasa. Pada suhu dan tekanan normal, okeisgen tidak begitu reaktif, tetapi menjadi sangat reaktif pada suhu tinggi.
Ozon
Ozon adalah gas berwarna biru muda, berbau tajam dan bersifat racun. Ozon jauh lebih reaktif daripada oksigen. Pada lapisan troposfer, ozon dipandang sebagai polutan, tetapi pada lapisan stratosfer ozon dapat melindungi bumi dari sengatan radiasi ultraviolet yang mematikan
Oksigen dan Ozon
Penggunaan Oksigen :
Pernapasan para penyelam, angkasawan, atau penderita penyakit tertentu.
Mengurangi kadar karbon dalam besi gubal di industri baja.
Bersama dengan gas asetilena digunakan untuk mengelas baja
Bahan bakar roket ( Oksigen cair )
Pengoksidasi berbagai zat dalam industri kimia
Ozon digunakan untuk pemurnian air, sterilisasi udara, dan untuk memutihkan berbagai produk makanan.
Belerang dan Senyawa Belerang
Belerang
Penggunaan utama dari belerang adalah untuk pembuatan asam sulfat. Sedikit belerang digunakan pada vulkanisasi karet untuk industri ban kendaraan.
Asam Sulfat
Senyawa belerang yang terpenting dan yang paling banyak diproduksi adalah asam sulfat. Pengunaan asam sulfat adalah untuk industri pupuk, cat, dan pembuatan detergen. Penggunaan lainnya adalah untuk electroplating ( pembersihan permukaan logam ), Industri bahan peledak, obat - obatan, permunian minyak bumi, dan untuk pengisi aki.
Halogen dan Senyawa Halogen
Fluorin dan Senyawa Fluorin
Fluorin digunakan untuk membuat senyawa klorofluorokarbon (CFC) yang dikenal dengan nama dagang freon. Freon digunakan sebagai cairan pendingin pada mesin - mesin pendingin seperti kulkas dan AC. Dalam tekhnologi nuklir, fluorin digunakan untuk memisahkan isotop U-235 dari U-238 melalui proses difusi gas.
Klorin dan Senyawa Klorin
Klorin adalah sumber utama industri sebagai pengelektrolisis larutan NaCl. Namun klorin dapat dijadikan bahan baku industri plastik atau karet sintetis, pembuatan CCl4, pembuatan etil klorida sebagai bahan aditif pada bensin, industri berbagai pestisida, dan pemutih pada induksi kertas dan tekstil.
Bromin dan Senyawa Bromin
Penggunaan utama dari bromin adalah untuk membuat etilenbromida (C2H4Br2), Suatu aditif yang dicampurkan kedalam bensin bertimbel yang menempel pada silinder atau piston. Akan tetapi dengan adanya etilenbromida, maka timbel akan membentuk PbBr2 yang mudah menguap bersama gas buang kendaraan.
Iodin dan Senyawa Iodin
Iodin digunakan dalam obat - obatan. Iodoform digunakan sebagai antiseptik, larutan iodin dalam alkohol juga digunakan sebagai antiseptik pada luka. Iodin sangat penting untuk kesehatan oleh karena itu sering dijadikan garam dapur (NaI).
Full transcript