Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

RADIOAKTIF

No description
by

Fathul Arifin

on 5 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of RADIOAKTIF

RADIOAKTIF
Pengertian Radioaktif
Radioaktivitas didefinisikan sebagai peluruhan inti atom yang berlangsung secara spontan, tidak terkontrol dan menghasilkan radiasi. Unsur yang memancarkan radiasi seperti ini dinamakan zat radioaktif.

Peluruhan radioaktif
Peluruhan radioaktif adalah kumpulan beragam proses di mana sebuah inti atom yang tidak stabil memancarkan partikel subatomik (partikel radiasi). Peluruhan terjadi pada sebuah nukleus induk dan menghasilkan sebuah nukleus anak. Ini adalah sebuah proses "acak" (random) sehingga sulit untuk memprediksi peluruhan sebuah atom.

Satuan internasional (SI) untuk pengukuran peluruhan radioaktif adalah becquerel (Bq). Jika sebuah material radioaktif menghasilkan 1 buah kejadian peluruhan tiap 1 detik, maka dikatakan material tersebut mempunyai aktivitas 1 Bq. Karena biasanya sebuah sampel material radiaktif mengandung banyak atom,1 becquerel akan tampak sebagai tingkat aktivitas yang rendah; satuan yang biasa digunakan adalah dalam orde gigabecquerels.
Dampak positif dan negatif
Positif
sterilisasi radioaktif
terapi tumor dan kanker
pemuliaan tanaman
penyimpanan makanan
pemeriksaan tanpa merusak
pengawetan bahan
Henri Becquerel (1852-1908)
Penemu Radioaktif
Sejarah
Pada awalnya Henri Becquerel membungkus pelat film fotografi dengan kain hitam, kemudian ia menyiapkan garam uranium, suatu material yang bersifat fosforensis. Becquerel berniat untuk menyinari garam uranium dengan sinar matahari dan meletakkannya dekat pelat film dan mengharapkan terjadinya sinar-X. Akan tetapi karna cuaca mendung, Becquerel menyimpan garam uranium yang ditutup dengan kain hitam tadi di dalam laci meja laboratoriumnya. Ia terkejut saat menemukan jejak cahaya berupa garis lurus di pelat film yang sudah dicucinya. Dari fenomena yang terus berulang ini, Becquerel menyimpulkan bahwa jejak cahaya pada pelat film tersebut disebabkan oleh garam uranium yang memancarkan radiasi radiasi (dan sifatnya berbeda dengan sinar –X) yang dapat menembus kain pembungkusnya dan mempengaruhi pelat film.

Sifat-sifat radioaktif
dapat menembus kertas atau lempengan logam tipis
dapat mengionkan gas yang disinari
dapat menghitamkan pelat film
dapat diuraikan oleh medan magnet menjadi 3 berkas sinar alfa, beta, dan gamma.
Partikel Alfa tidak mampu menembus selembar kertas, partikel beta tidak mampu menembus pelat alumunium. Untuk menghentikan gamma diperlukan lapisan metal tebal, namun karena penyerapannya fungsi eksponensial akan ada sedikit bagian yang mungkin menembus pelat metal
Konsep Radioaktif
Aktivitas radiasi/radioaktivitas merupakan aktivitas proton dan neutron.

∑ Proton = ∑ Neutron >>> Inti Stabil
∑ Proton > ∑ Neutron >>> Inti tidak stabil


Karakteristik sinar radioaktif

Sinar alfa (  )
Sinar alfa merupakan radiasi partikel yang bermuatan positif. Partikel sinar alfa sama dengan intihelium -4, bermuatan +2e dan bermassa 4 sma. Partikel alfa adalah partikel terberat yang dihasilkan oleh zat radioaktif. Sinar alfa dipancarkan dari inti dengan kecepatan sekitar 1/10 kecepatan cahaya. Karena memiliki massa yang besar, daya tembus sinar alfa paling lemah diantara diantara sinar-sinar radioaktif. Diudara hanya dapat menembus beberapa cm saja dan tidak dapat menembus kulit. Sinar alfa dapat dihentikan oleh selembar kertas biasa. Sinar alfa segera kehilangan energinya ketika bertabrakan dengan molekul media yang dilaluinya. Tabrakan itu mengakibatkan media yang dilaluinya mengalami ionisasi. Akhirnya partikel alfa akan menangkap 2 elektron dan berubah menjadi atom helium .
Karakteristik sinar radioaktif

Sinar beta ( ß )
Sinar beta merupakan radiasi partikel bermuatan negatif. Sinar beta merupakan berkas elektronyang berasal dari inti atom. Partikel beta yang bemuatan-l e dan bermassa 1/836 sma. Karenasangat kecil, partikel beta dianggap tidak bermassa sehingga dinyatakan dengan notasi .Energi sinar beta sangat bervariasi, mempunyai daya tembus lebih besar dari sinar alfa tetapidaya pengionnya lebih lemah. Sinar beta paling energetik dapat menempuh sampai 300 cmdalam uadara kering dan dapat menembus kulit.
Karakteristik sinar radioaktif
Sinar gamma ( )
Sinar gamma adalah radiasi elektromagnetek berenergi tinggi, tidak bermuatan dan tidak bermassa. Sinar gamma dinyatakan dengan notasi . Sinar gamma mempunyai daya tembus.Selain sinar alfa, beta, gamma, zat radioaktif buatan juga ada yang memancarkan sinar X dansinar Positron. Sinar X adalah radiasi sinar elektromagnetik
berbagai jenis partikel dan radiasi yang menyertai peluruhan radioaktif
Peluruhan alfa
Peluruhan alfa adalah salah satu bentuk peluruhan radioaktif dimana sebuah inti atom berat tidak stabil melepaskan sebuah partikel alfa dan meluruh menjadi inti yang lebih ringan dengan nomor massa empat lebih kecil dan nomor atom dua lebih kecil dari semula, menurut reaksi:


dimana X dan X' menyatakan jenis inti yang berbeda. Kadang-kadang reaksi di atas ditulis juga sebagai:



Bentuk kedua juga digunakan karena, bagi pengamat awam, bentuk pertama tampak tidak stabil secara listrik. Pada dasarnya, inti yang baru terbentuk akan segera melucuti dua elektronnya untuk menetralisir kation helium yang lapar.

Partikel alfa sebenarnya adalah sebuah inti helium. Inti helium merupakan inti stabil dengan nomor massa dan nomor atom yang kekal. Peluruhan alfa dapat dianggap sebagai sebuah reaksi fisi nuklir sebab inti induk terpecah menjadi dua inti "anak" (daughter). Peluruhan alfa adalah salah satu contoh dari efek terowongan dalam mekanika kuantum. Tidak seperti peluruhan beta, peluruhan alfa diatur oleh gaya nuklir kuat.
Transmutasi
Transmutasi adalah perubahan atau konversi satu objek menjadi objek lain. Transmutasi unsur kimia terjadi melalui reaksi nuklir dan disebut dengan transmutasi nuklir. Transmutasi alami terjadi bila unsur radioaktif secara spontan meluruh melalui suatu periode waktu yang panjang dan berubah menjadi unsur lain yang lebih stabil. Transmutasi buatan terjadi pada mesin yang memiliki cukup energi untuk menyebabkan perubahan pada struktur nuklir unsur tersebut. Mesin yang mampu menyebabkan transmutasi buatan antara lain adalah akselerator partikel dan reaktor tokamak.
peluruhan termasuk reaksi orde satu kelajuannya hanya bergantung pada jumlah nuklida radioaktif. Suhu, tekanan, konsentrasi, dan keadaan zat tidak mempengaruhi laju peluruhan.
v = λx N
Waktu paro
waktu yang diperlukian sehingga separo zat radioaktif meluruh
Negatif
sinar radioaktif yang yang dapat mengionisasi, dapat memutuskan ikatan kimia penting atau pembentukan radikal bebas yang reaktif. sifatnya yang seperti ini dapat memutus ikatan kimia penting seperti DNA, sehingga menyebabkan kelainan genetik.

Reaksi kimia adalah transformasi/perubahan dalam struktur molekul.
reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal.
unsur berbahaya diharap memperhatikan
NAMA :ADAM PRIANUGRAHA
FARIS HAFIZHUDDIN
FATHUL ARIFIN
HAJAR INDRA WARDHANA
Full transcript