Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Makalah Bus Sekolah

No description
by

catra adhyadha

on 9 February 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Makalah Bus Sekolah

Untuk bus jurusan Dago – Leuwipanjang yang berangkat dari Terminal Dago akan melewati Jalan Or Djuanda – Jalan Merdeka – Jalan Tamblong – Jalan Lembong – Jalan Lengkong Besar – Jalan Lengkong Kecil – Jalan Inggit Ganarsih – Jalan Otista – Jalan Peta – Jalan Leuwipanjang dan sampai ke Terminal Leuwipanjang.
Ada dua rute yang disiapkan yaitu rute Antapani-Ledeng dan Dago-Leuwipanjang. Ini dia jalur yang dilewati bus sekolah tersebut.
jalur bus sekolah di kota kembang
Sebagai salah satu dari sembilan kota metropolitan di Indonesia, kota Bandung
memiliki kondisi yang sama dengan kota-kota yang lain terutama mengenai masalah
transportasi. Persoalan klasik selalu muncul seperti kemacetan Lalu lintas, layanan
perangkutan kota (angkot) yang kurang layak, disiplin pengguna jasa pengangkutan yang
rendah dan lain-lain. Agar kondisi tersebut tidak terus jadi polemik, Pemerintah Kota
Bandung
latar belakang
asal usul bus sekolah
Bus sekolah digunakan untuk mengangkut anak-anak sekolah antara rumah mereka ke sekolah apabila tempat tinggal mereka terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Di AS bus sekolah biasanya memiliki warna khusus yaitu kuning dan dilengkapi dengan lampu peringatan lalu lintas serta perlengkapan pengaman lainnya yang digunakan ketika para penumpang naik atau turun dari bus. Bus sekolah biasanya dioperasikan oleh distrik sekolah atau oleh penyedia jasa bus sekolah yang dikontrak.
asal usul bus sekolah
Makalah Bus Sekolah guys pftt

Asal usul bus sekolah
Latar belakang
Jalur bus sekolah di Bandung
Manfaat positif
First Student memperkenalkan bus-bus kuning di Britania Raya. Namun kebanyakan pelayanan bus sekolah dilakukan dengan menggunakan bus-bus biasa.

Di negara-negara lain, bus sekolah tidak selalu berwarna kuning semisalnya berwarna biru ataupun putih di negara jepang dan korea

Di Jakarta pernah dicoba diperkenalkan bus sekolah oleh pemerintah Jakarta, namun proyek ini tidak berhasil karena seringkali penumpang yang bukan murid sekolah juga ikut menggunakannya. Beberapa sekolah swasta di beberapa tempat di Indonesia memberikan pelayanan bus sekolah bagi siswa-siswanya.
beberapa waktu mengeluarkan suatu rencana program pengadaan bis sekolah. Program tersebut sangat beralasan mengingat sekolah dan kawasan sekitarnya merupakan titik rawan kemacetan. Kejadian itu dapat dialami langsung pada jam-jam puncak (peak hours), misalnya jam berangkat sekolah ( pukul 06.30 – 07.00); jam istirahat (pukul 10.30 – 11.00); jam pulang (pukul 13.30 – 14.30).
Kemacetan pada jam-jam tersebut tidak hanya disebabkan oleh banyaknya hilir-mudik anak sekolah dan permasalahan dalam sekolah itu sendiri, tetapi juga terkait dengan arus pengguna jalan yang menuju tempat lain yang melewati jalan di kawasan sekolah.

Bus jurusan Antapani – Ledeng yang berangkat dari Terminal Antapani akan melewati Jalan Terusan Jakarta – Jalan Jakarta – Jalan Supratman – Jalan Lapang Supratman – Taman Pramuka – Jalan LRE Martadinata – Jalan Merdeka – Jalan Wastukencana – Jalan Pajajaran – Jalan Cipaganti – Jalan Setiabudi dan sampai ke Terminal Ledeng
Dari Ledeng, bus akan melewati Jalan Setiabudi – Jalan Cihampelas – Jalan Wastukencana – Jalan LRE Martadinata – Jalan Amad Yani – Jalan Ibrahim Adjie – Jalan Terusan Jalan Jakarta dan sampai di Terminal Antapani.
Arah sebaliknya, dari Terminal Leuwipanjang akan melewati Jalan Peta – Jalan M Ramdan – Jalan Karapitan – Jalan Sunda – Jalan Sumbawa – Jalan Belitung – Jalan Sumatera – Jalan Aceh – Jalan Seram – Jalan LRE Martadinata – Jalan Ir Djuanda dan sampai ke Terminal Dago.
Waktu operasi bus sekolah ini terbadi menjadi 3 shift yaitu pukul 05.00 – 07.30 WIB, 11.00 – 14.00 WIB, dan 16.00 – 18.30 WIB.
manfaat positif
Kendati pemberlakuan bus sekolah gratis bagi pelajar di wilayah Kota Bandung tersebut hanya berlaku satu kali yaitu baru untuk setiap hari Senin saja. Namun yang jelas banyak manfaat yang diperoleh dari pengoperasian bus sekolah gratis tersebut. Setidaknya, para siswa diajar untuk mampu menggunakan fasilitas umum melalui angkutan umum yang disediakan pemerintah.
Pemberlakuan bus sekolah gratis ini turut pula membantu program pemerintah agar masyarakat bisa berhemat karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi ke sekolah. Selain itu, angka kecelakaan lalu lintas pun dapat ditekan sedini mungkin.
Sebab itu berarti semakin sedikit pelajar yang menggunakan sepeda motor ke sekolah. Berdasarkan data yang dikeluarkan Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar, angka kecelakaan lalu lintas di jalanan didominasi oleh sepeda motor. Selama ini kendati belum memiliki surat izin mengemudi (SIM), tidak sedikit siswa yang memaksakan diri menggunakan sepeda motor ke sekolah. Padahal resiko yang bakal terjadi sangat tinggi, apalagi mereka secara langsung bersinggungan dengan pengguna jalan lainnya.
Karena itu, program pengoperasian bus sekolah gratis yang dica­nangkan Pemkot Bandung ini dapat dikatakan sebagai salah satu solusi untuk mengeliminasi kekhawatiran banyak pihak atas tingginya angka kecelakaan di jalanan. Tak hanya itu, dengan menggunakan bus sekolah berarti tingkat kemacetan lalu lintas yang setiap hari terjadi pada jam-jam sibuk, dapat ditekan sedikit demi sedikit.
Full transcript