Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Mengenal Tuhan Melalui Sesama Manusia

No description
by

arif mufti

on 23 October 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Mengenal Tuhan Melalui Sesama Manusia

Manusia diciptakan berbeda-beda mulai dari penampilan fisik, keahlian, cita-cita, bakat, hobi, dll. Akan tetapi ada sesama manusia memliki kesamaan seperti pada kenyataan humanis bahwa manusia sama-sama sebagai spesis manusia.

- Secara religius manusia adalah makhluk ciptaan tuhan.
- Secara agama manusia merupakan makhluk yang bernilai luhur dan mulia.

Tuhan hadir di dalam diri untuk memberikan motivasi atau inspirasi kepada setiap manusia untuk berbuat baik, berlaku sopan, tulus dan penuh cinta.


A. Sesama manusia sebagai penampakan tuhan
Tubuh
Tubuh merupakan dimensi yang dapat dilihat dan di sentuh secara langsung. Tubuh adalah pelayan yang baik bagi manusia, tetapi merupakan tuan yang buruk karna manusia punya ketidakmampuan untuk mengatur diri secara efektif. Tiga hal yg perlu dilakukan untuk mengolah tubuh agar menjadi pelayan yang baik :
1. Mengkonsumsi nutrisi yang baik dan seimbang.
2. Berolahraga secara seimbang dan teratur.
3. Beristirahat dengan cukup.

B. Dimensi - Dimensi Manusia
Semua agama percaya bahwa tuhan memberikan perintah kepada manusia untuk saling membantu, menolong dan mencintai satu sama lain. Perbedaan agama yang kita anuti tidak membatasi atau tidak menghalangi kita untuk saling menolong dan saling mencintai satu sama lain dengan tulus-ikhlas.

Cinta yang tulus terhadap manusia harus dipahami dan diwujudkan dalam tindakan sehari hari untuk menolong dan membantu satu sama lain.

C. Mencintai Sesama Manusia Dengan Tulus
Pikiran
Tuhan menciptakan manusia dengan pikiran dengan tujuan untuk selalu terus belajar, berfikir kreatif dan berfikir analistis sehingga bisa menyesuaikan diri dengan gejala kehidupan yang terjadi. Collin Rose memperkenalkan 6 langkah mengembangkan pikiran :
1. Motivating your mind
2. Acquiring the information
3. Trigering the memory
4. Exhibiting what you know
5. Reflecting How you have learned

Mengenal Tuhan Melalui Sesama Manusia
. Perasaan atau hati
Perasaan adalah kekayaan estetis manusia untuk merasakan keindahan dan cinta kasih. Dan juga perasaan bisa menjadi baik dan menjadi buruk. Ada 5 cara mengembangkan emosi :
1. Meningkatkan kesadaran diri
2. Memotivasi diri
3. Mengatur diri sendiri
4. Berempati
5. Bersosialisasi


Jiwa
Jiwa merupakan inti dari ketiga dimensi lain dari manusia. Jiwa-lah yang menggerakan pikiran, mengembangkan perasaan, menggerakan tubuh, dll. Tanpa jiwa manusia akan lenyap dan musnah, dan jiwa juga bisa menjadi baik dan buruk. Ada 3 cara agar jiwa selalu baik :
1. Mengembangkan integritas
2. Makna
3. Suara hati

Setiap ajaran agama melalui kitab suci masing-masing telah menggariskan kepada manusia suatu perintah untuk saling mencintai satu sama lain.
Dalam agama Hindu, Budha, Islam, Kristiani (Katolik & Protestan) dan konghucu diajarkan nilai-nilai luhur yang perlu kita terapkan dalam hubungan sesama manusia yang lain.
1. Alkitab kristiani mununjukkan cinta kasih merupakan hukum tertinggi dan terutama.
2. Budhisme aspek cinta kasih merupakan hukum utama dalam relasi antarmanusia, Budhisme mengakui pentingnya cinta dalam kehidupan.


D. Perintah Agama Untuk Saling Mencintai
3. Dalam islam mencintai sesama manusia dikenal dengan istilah hablun min annas. Cinta terhadap sesama manusia tidak dapat dilepas-pisahkan dari rasa cinta terhadap Penciptanya.
4. Dalam hiduisme bahwa saling mencintai dan mengasihi siapa saja tanpa memandang perbedaan fisik akan memberikan keseimbangan cinta kasih.
5. Dalam Konghucu cinta(ren) merupakan salah satu ajaran yang pokok. Ren artinya cinta kasih universal, tidak terbatas pada orang tua dan keluarga sedarah belaka, namun meluas kepada sahabat, lingkungan terdekat, masyarakat, bangsa, negara, agama dan umat manusia.
Full transcript