Prezi

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in the manual

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pengaruh Limbah Rumah Tangga Terhadap Kualitas Air di Menteng Kecil

Limbah Padat dan Cair
by Lucy Marthia on 26 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pengaruh Limbah Rumah Tangga Terhadap Kualitas Air di Menteng Kecil

Brainstorming Results Realisation Sketches Kesimpulan Menjaga Lingkungan Saran Kepedulian Warga terhadap limbah di Tempat Tinggal Penanganan Limbah di Tempat Tinggal Dampak limbah rumah tangga di sekitar menteng Kecil menurut Hasil Penelitian :
Tidak ada Kenyamanan hidup, karena :
Lingkungan menjadi kotor dan kumuh
Bau disekitar lingkungan tidak sedap
Menjadi wabah penyakit / Kesehatan Terancam
Bisa terjadi banjir karena selokkan tersumbat
Sistem perairan di Menteng Kecil terganggu
Saluran air menjadi penuh Dampak Limbah Rumah Tangga Ada / Tidaknya dampak dari limbah rumah tangga di Menteng Kecil Bagaimana keadaan limbah rumah tangga di sekitar Menteng Kecil?
Adakah dampak limbah rumah tangga yang dilihat di sekitar Menteng Kecil ?
Apakah ada penanganan limbah di sekitar tempat tinggal ?
Bagaimana kepedulian warga terhadap limbah tersebut ?
Apa limbah yang dominan yang ada di daerah Menteng Kecil ? Padat atau Cair ? Kuisioner Kuisioner
Wawancara
Eksperimen Kualitas Air Bersih di Menteng Kecil Penelitian Menjaga Kualitas Air Bersih Dalam hal ini, kami membedakan 2 cara menjaga lingkungan di daerah Menteng Kecil. Yaitu :
Cara menjaga kualitas air bersih
Cara menjaga lingkungan itu sendiri Cara Menjaga Lingkungan daerah Menteng Kecil ( foto – foto ) Kondisi Fisik Lingkungan Menteng Kecil Dampak imbah secara umum di tinjau dari dampak terhadap adalah sebagai berikut :
Dampak Terhadap Kesehatan
Penyakit diare dan tikus, penyakit ini terjadi karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan yang tidak tepat. 
Penyakit kulit misalnya kudis dan kurap. Dampak Lain dari Limbah Padat Dampak pembuangan limbah padat secara sembarangan :
Kerusakkan Permukaan Tanah
Penurunan Kualitas Air
Penurunan Kualitas Udara Dampak Selain limbah yang bersifat cair, limbah rumah tangga yang bersifat padat juga menjadi factor penyebab terjadinya kerusakkan lingkungan. Limbah rumah tangga ini pada umumnya merupakan sampah.
Di daerah Menteng Kecil, kondisi limbah padat / sampah sangat berserakkan.
Limbah padat ini merupakan limbah yang lebih dominan yang ada di sekitar Menteng Kecil Limbah Padat Dampak pembuangan limbah cair rumah tangga secara sembarangan : ( dapat menyebabkan pencemaran air )
Penurunan Kualitas Air Bersih
Kepunahan Hewan-Hewan Air
Pencemaran Pada Tanah
Air Limbah dan Kehidupan Vektor Dampak Limbah cair rumah tangga biasanya dihasilkan dari kegiatan mandi, cuci, kakus, memasak, maupun kegiatan-kegiatan rumah tangga lainnya
Debit limbah cair rumah tangga yang dihasilkan akan berbeda untuk masing-masing keluarga
Akan menimbulkan terjadinya kerusakkan lingkungan terutama dalam sistem perairan. Limbah Cair Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bentuk limbah yang dihasilkan rumah tangga terdiri dari 2 macam, yaitu :
Limbah Padat
Limbah Cair Dampak Pembuangan Limbah Rumah Tangga Dampak Pembuangan Limbah Rumah Tangga Secara Sembarangan
Materi yang menjadi karakteristik limbah rumah tangga
Cara meningkatkan Kualitas Air Bersih Pembahasan Merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
Sampah merupakan hal yang sangat mempengaruhi keindahan serta kenyamanan suatu lingkungan
Pembuangan sampah secara sembarangan menjadi masalah yang harus ditanggapi secara serius
Persepsi tentang sampah sebagai sesuatu yang tidak berguna, diperkuat oleh pernyataan “buanglah sampah pada tempatnya” yang mengisaratkan bahwa sampah memang harus dibuang; tidak diajurkan untuk dimanfaatkan. Sampah / Limbah Padat Rumah Tangga Limbah rumah tangga adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses domestik yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia organik dan anorganik.
Limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga bisa berupa :
Limbah padat
Limbah cair Limbah Rumah Tangga Pengaruh Limbah Rumah Tangga Terhadap Kualitas Air di Menteng Kecil Limbah Dominan di Menteng Kecil Ada truk mengumpulkan sampah / petugas yang melakukan pemungutan sampah dan membuangnya untuk diproses
Pemisahan tempat sampah organic dan nonorganic
Bakti Sosial Cara Penanganan Limbah di Sekitar Tempat Tinggal Keadaan Limbah Rumah Tangga di Menteng Kecil Limbah cair atau air buangan merupakan sisa air dibuang yang berasal dari rumah tangga, industri maupun tempat-tempat umum lainnya, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang dapat membahayakan bagi kesehatan manusia serta mengganggu lingkungan hidup.
Air limbah rumah tangga terdiri dari 3 fraksi penting, yaitu :
Tinja ( faeces ), berpotensi mengandung mikroba pathogen,
air seni ( urine ), umumnya mengandung Nitrogen (N) dan Fosfor,
serta kemungkinan kecil mikro-organisme yang merupakan air bekascucian dapur, mesin cucidan kamar mandi Limbah Cair Rumah Tangga Hipotesis Cara meningkatkan kualitas air bersih di Menteng Kecil :
Dari segi limbah cair, dapat dilakukan penyaringan zat berbahaya yang terdapat di dalam limbah tersebut. Sehingga bisa didapat air bersih dari proses penyaringan tersebut.
Sedangkan dari segi limbah padat ( sampah ), dapat dilakukan proses daur ulang untuk mengurangi peunumpukkan limbah tersebut. Proses daur ulang ini terutama dilakukan terhadap sampah-sampah organik yang bisa didaur ulang menjadi pupuk, dan sampah-sampah lain yang bisa diolah menjadi barang-barang yang lebih bernilai. Sehingga sampah –sampah tersebut tidak dibuang sembarangan di saluran pembuangan / perairan lainnya. Dampak Pembuangan Limbah Rumah Tangga Secara Sembarangan
Kerusakkan Lingkungan
Kualitas air bersih menurun
Saluran pembuangan air tersumbat
Merusak keindahan lingkungan
Materi yang menjadi karakteristik limbah Rumah Tangga
Hasil dari bahan-bahan sisa makanan seperti bungkus makanan, botol bekas, dan lain-lain. Kebanyakkan merupakan plastik.
Berupa busa-busa yang merupakan hasil dari deterjen yang sudah tidak dipakai lagi. Dan juga zat-zat kimia bekas pencuci baju dan piring. Hipotesis Dampak dari pembuangan limbah rumah tangga secara sembarangan ?
Berapa besar dan apa saja materi berbahaya yang terdapat di dalam limbah rumah tangga ?
Bagaimana cara meningkatkan kualitas air bersih di Menteng Kecil ? Perumusan Masalah Hampir di seluruh Indonesia sedang mengalami krisis lingkungan akibat limbah terutama di DKI Jakarta. Di setiap kegiatan yang dilakukan manusia, pasti akan menghasilkan limbah, baik pada saat produksi, maupun saat pembuangan.
Limbah menjadi persoalan rumit dimasa kini. Ketidakdisiplinan dalam mengolah limbah ataupun sampah, justru menciptakan dampak buruk kepada lingkungan. Kurangnya perhatian dari masyarakat terkait dengan pembuangan limbah juga menjadi hal yang perlu diperbaiki. Latar Belakang Christopher Aditya ( 9-2 / 8 )
Fx Damar Wirasasangka ( 9-2 / 18 )
Sebastian Kenny Ongkowijaya ( 9-2 / 32 )

Pembimbing : Bpk. Susilo Kardono NAMA ANGGOTA Hipotesis Perumusan Masalah Latar Belakang Pendahuluan Saran Penelitian Kesimpulan Pembahasan Landasan Teori Pendahuluan Daftar Isi Limbah Dominan di Menteng Kecil Pengaruh Limbah Rumah Tangga Terhadap Kualitas Air di Menteng Kecil Christopher Aditya ( 9-2 / 8 )
Fx Damar Wirasasangka ( 9-2 / 18 )
Sebastian Kenny Ongkowijaya ( 9-2 / 32 )

Pembimbing : Bpk. Susilo Kardono NAMA ANGGOTA Saran Penelitian Kesimpulan Pembahasan Landasan Teori Pendahuluan Daftar Isi Kesimpulan Kuisioner
Wawancara
Eksperimen Kualitas Air Bersih di Menteng Kecil Penelitian Menjaga Lingkungan Dampak pembuangan limbah cair rumah tangga secara sembarangan : ( dapat menyebabkan pencemaran air )
Penurunan Kualitas Air Bersih
Kepunahan Hewan-Hewan Air
Pencemaran Pada Tanah
Air Limbah dan Kehidupan Vektor Dampak Merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
Sampah merupakan hal yang sangat mempengaruhi keindahan serta kenyamanan suatu lingkungan
Pembuangan sampah secara sembarangan menjadi masalah yang harus ditanggapi secara serius
Persepsi tentang sampah sebagai sesuatu yang tidak berguna, diperkuat oleh pernyataan “buanglah sampah pada tempatnya” yang mengisaratkan bahwa sampah memang harus dibuang; tidak diajurkan untuk dimanfaatkan. Sampah / Limbah Padat Rumah Tangga Saran Limbah Dominan di Menteng Kecil Ada truk mengumpulkan sampah / petugas yang melakukan pemungutan sampah dan membuangnya untuk diproses
Pemisahan tempat sampah organic dan nonorganic
Bakti Sosial Cara Penanganan Limbah di Sekitar Tempat Tinggal Penanganan Limbah di Tempat Tinggal Ada / Tidaknya dampak dari limbah rumah tangga di Menteng Kecil Keadaan Limbah Rumah Tangga di Menteng Kecil Bagaimana keadaan limbah rumah tangga di sekitar Menteng Kecil?
Adakah dampak limbah rumah tangga yang dilihat di sekitar Menteng Kecil ?
Apakah ada penanganan limbah di sekitar tempat tinggal ?
Bagaimana kepedulian warga terhadap limbah tersebut ?
Apa limbah yang dominan yang ada di daerah Menteng Kecil ? Padat atau Cair ? Kuisioner Menjaga Kualitas Air Bersih Dalam hal ini, kami membedakan 2 cara menjaga lingkungan di daerah Menteng Kecil. Yaitu :
Cara menjaga kualitas air bersih
Cara menjaga lingkungan itu sendiri Cara Menjaga Lingkungan daerah Menteng Kecil ( foto – foto ) Kondisi Fisik Lingkungan Menteng Kecil Dampak imbah secara umum di tinjau dari dampak terhadap adalah sebagai berikut :
Dampak Terhadap Kesehatan
Penyakit diare dan tikus, penyakit ini terjadi karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan yang tidak tepat. 
Penyakit kulit misalnya kudis dan kurap. Dampak Lain dari Limbah Padat Dampak pembuangan limbah padat secara sembarangan :
Kerusakkan Permukaan Tanah
Penurunan Kualitas Air
Penurunan Kualitas Udara Dampak Selain limbah yang bersifat cair, limbah rumah tangga yang bersifat padat juga menjadi factor penyebab terjadinya kerusakkan lingkungan. Limbah rumah tangga ini pada umumnya merupakan sampah.
Di daerah Menteng Kecil, kondisi limbah padat / sampah sangat berserakkan.
Limbah padat ini merupakan limbah yang lebih dominan yang ada di sekitar Menteng Kecil Limbah Padat Limbah cair rumah tangga biasanya dihasilkan dari kegiatan mandi, cuci, kakus, memasak, maupun kegiatan-kegiatan rumah tangga lainnya
Debit limbah cair rumah tangga yang dihasilkan akan berbeda untuk masing-masing keluarga
Akan menimbulkan terjadinya kerusakkan lingkungan terutama dalam sistem perairan. Limbah Cair Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bentuk limbah yang dihasilkan rumah tangga terdiri dari 2 macam, yaitu :
Limbah Padat
Limbah Cair Dampak Pembuangan Limbah Rumah Tangga Dampak Pembuangan Limbah Rumah Tangga Secara Sembarangan
Materi yang menjadi karakteristik limbah rumah tangga
Cara meningkatkan Kualitas Air Bersih Pembahasan Limbah rumah tangga adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses domestik yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia organik dan anorganik.
Limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga bisa berupa :
Limbah padat
Limbah cair Limbah Rumah Tangga Pengaruh Limbah Rumah Tangga Terhadap Kualitas Air di Menteng Kecil Kepedulian Warga terhadap limbah di Tempat Tinggal Dampak limbah rumah tangga di sekitar menteng Kecil menurut Hasil Penelitian :
Tidak ada Kenyamanan hidup, karena :
Lingkungan menjadi kotor dan kumuh
Bau disekitar lingkungan tidak sedap
Menjadi wabah penyakit / Kesehatan Terancam
Bisa terjadi banjir karena selokkan tersumbat
Sistem perairan di Menteng Kecil terganggu
Saluran air menjadi penuh Dampak Limbah Rumah Tangga Limbah cair atau air buangan merupakan sisa air dibuang yang berasal dari rumah tangga, industri maupun tempat-tempat umum lainnya, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang dapat membahayakan bagi kesehatan manusia serta mengganggu lingkungan hidup.
Air limbah rumah tangga terdiri dari 3 fraksi penting, yaitu :
Tinja ( faeces ), berpotensi mengandung mikroba pathogen,
air seni ( urine ), umumnya mengandung Nitrogen (N) dan Fosfor,
serta kemungkinan kecil mikro-organisme yang merupakan air bekascucian dapur, mesin cucidan kamar mandi Limbah Cair Rumah Tangga Hipotesis Cara meningkatkan kualitas air bersih di Menteng Kecil :
Dari segi limbah cair, dapat dilakukan penyaringan zat berbahaya yang terdapat di dalam limbah tersebut. Sehingga bisa didapat air bersih dari proses penyaringan tersebut.
Sedangkan dari segi limbah padat ( sampah ), dapat dilakukan proses daur ulang untuk mengurangi peunumpukkan limbah tersebut. Proses daur ulang ini terutama dilakukan terhadap sampah-sampah organik yang bisa didaur ulang menjadi pupuk, dan sampah-sampah lain yang bisa diolah menjadi barang-barang yang lebih bernilai. Sehingga sampah –sampah tersebut tidak dibuang sembarangan di saluran pembuangan / perairan lainnya. Dampak Pembuangan Limbah Rumah Tangga Secara Sembarangan
Kerusakkan Lingkungan
Kualitas air bersih menurun
Saluran pembuangan air tersumbat
Merusak keindahan lingkungan
Materi yang menjadi karakteristik limbah Rumah Tangga
Hasil dari bahan-bahan sisa makanan seperti bungkus makanan, botol bekas, dan lain-lain. Kebanyakkan merupakan plastik.
Berupa busa-busa yang merupakan hasil dari deterjen yang sudah tidak dipakai lagi. Dan juga zat-zat kimia bekas pencuci baju dan piring. Hipotesis Dampak dari pembuangan limbah rumah tangga secara sembarangan ?
Berapa besar dan apa saja materi berbahaya yang terdapat di dalam limbah rumah tangga ?
Bagaimana cara meningkatkan kualitas air bersih di Menteng Kecil ? Perumusan Masalah Hampir di seluruh Indonesia sedang mengalami krisis lingkungan akibat limbah terutama di DKI Jakarta. Di setiap kegiatan yang dilakukan manusia, pasti akan menghasilkan limbah, baik pada saat produksi, maupun saat pembuangan.
Limbah menjadi persoalan rumit dimasa kini. Ketidakdisiplinan dalam mengolah limbah ataupun sampah, justru menciptakan dampak buruk kepada lingkungan. Kurangnya perhatian dari masyarakat terkait dengan pembuangan limbah juga menjadi hal yang perlu diperbaiki. Latar Belakang Christopher Aditya ( 9-2 / 8 )
Fx Damar Wirasasangka ( 9-2 / 18 )
Sebastian Kenny Ongkowijaya ( 9-2 / 32 )

Pembimbing : Bpk. Susilo Kardono NAMA ANGGOTA Hipotesis Perumusan Masalah Latar Belakang Pendahuluan Saran Penelitian Kesimpulan Pembahasan Landasan Teori Pendahuluan Daftar Isi
See the full transcript